Tingkat Pengetahuan Agama Penonton Tayangan Buya Yahya Menjawab pada Channel Youtube Al-Bahjah TV di Masa Pandemi COVID-19

Sri Oftaviani, Noor Bekti Negoro

Abstract


Abstract: The use of the internet and social media during the pandemic is a solution in various activities. The We are social Hootsuite data (2021), shows that YouTube is the most frequently accessed social media by Indonesians with the percentage of Youtube (93.8%), then Whatsapp (87.7%), Instagram (86.6%), and Facebook (85). ,5%). This phenomenon is seen as a great opportunity to be able to carry out religious education through YouTube social media. The YT Al-Bahjah TV channel is one of the da'wah channels that takes advantage of this opportunity to conduct religious counseling. The purpose of this research; (1) describe the characteristics of the audience of Buya Yahya Answers show (2) describe the level of religious knowledge of the audience of Buya Yahya Answers show (3) analyze the influence between Religious Counseling and the religious knowledge of the audience of Buya Yahya Answers. This research uses a quantitative approach with a survey method. The number of samples in this study was 100 people. The data analysis used was the classical assumption test, multiple linear regression test, correlation coefficient test and determination, t test (partial) and F test (simultaneous). The results of this study indicate that (1) the majority of respondents are 15-28 years old, while the majority of respondents have their last bachelor's degree in addition to that the majority of research respondents are female and the majority of respondents have one gadget, (2) the level of religious knowledge of viewers of Buya Yahya's shows. Al-Bahjah TV's youtube channel is in the high category with a percentage of 45.54 percent, and (3) there is an influence between religious counseling and religious knowledge of viewers of Buya Yahya Answers' show on the Al-Bahjah TV youtube channel with a percentage of 39.1 percent.

Abstrak: Pemanfaatan internet dan media sosial di masa pandemi menjadi solusi dalam berbagai kegiatan. Data We are social Hootsuite (2021), menunjukkan bahwa media sosial youtube paling sering diakses masyarakat Indonesia dengan persentase Youtube (93,8%), kemudian Whatsapp (87,7%), instagram (86,6%), dan Facebook (85,5%). Fenomena tersebut dipandang sebagai peluang besar untuk dapat melakukan penyuluhan agama melalui media sosial youtube. Channel YT Al-Bahjah TV adalah salah satu channel dakwah yang memanfaatkan peluang tersebut untuk melakukan penyuluhan agama. Penelitian ini bertujuan; (1) mendeskripsikan karakteristik penonton tayangan Buya Yahya Menjawab (2) mendeskripsikan tingkat pengetahuan agama penonton  tayangan Buya Yahya Menjawab (3) menganalisis pengaruh antara Penyuluhan Agama dengan pengetahuan agama penonton tayangan Buya Yahya Menjawab. Peneltian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 orang Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien korelasi dan determinasi, uji t (parsial) dan uji F (simultan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) mayoritas usia responden adalah 15-28 tahun sedangkan mayoritas responden menempuh pendidikan terakhir S1 selain itu responden penelitian mayoritas berjenis kelamin perempuan dan mayoritas responden memiliki satu gadget, (2) tingkat pengetahuan agama penonton tayangan Buya Yahya Menjawab pada channel youtube Al-Bahjah TV berkategori tinggi dengan persentase 45,54 persen, dan (3) terdapat pengaruh antara penyuluhan agama dengan pengetahuan agama penonton tayangan Buya Yahya Menjawab pada channel youtube Al-Bahjah TV dengan persentase sebesar 39,1 persen.


Keywords


religious counselor; religious knowledge; new media; penyuluhan agama; pengetahuan agama; media baru

References


Aini, AZ (2018). Pengaruh E-Dakwah Daqu Movie di Youtube Terhadap Peningkatan Pengetahuan Islam Pada Mahasiswa UINSA Surabaya. Skripsi.

Al Bahjah Foundation. Diakses pada 20 Mei 2022. https://albahjah.or.id/visi-misi-moto/

Al Bahjah Foundation. Diakses pada 20 Mei 2022. Tersedia pada: https://albahjah.or.id/sejarah-berdirinya-yayasan-al-bahjah/

Ansori, I dan Fitriyah, N. (2021). Pentingnya Media Sosial sebagai Sarana Dakwah di Masa Pandemi. Journal of Informatics and Vocational/ Education (JOIVE). 4(2).

Aqilah, F. (2021). YouTube Approach Sebagai Media Pembelajaran Komunikasi Digital Preschool di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Audiens.. 2(2).

Arfinsya, A., Fachrul Z, dan Salamah, U. (2020). Motif Penggunaan Youtube Media Informasi Kecantikan Generasi Millenial. Jurnal Komunikasi dan Media. 4(2).

Bakhtiar, A. (2012). Filsafat Ilmu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Budiana, D., Rakadiwak, A dan Prijana, I. (2019). Pengaruh Terpaan Media Terhadap Sikap Mayarakat Surabaya Pada Program Religi “Kata Ustadz Solmed” di SCTV. Jurnal e-Komunikasi. 7(1).

Bungin, B. (2005). Metodologi Penenlitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media

Chandra, E. (2017). Youtube, Citra Media Informasi Interaktif atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. 1(2).

Data Sebaran Perkembangan COVID-19. Diunggah Pada 25 Juni 2022. Diakses pada 25 Juni 2022. Tersedia pada: https://covid19.go.id/

Daulay, A dan Handayani, R. (2020). Youtube Sebagai Media Komunikasi Dalam Berdakwah Di Tengah Pandemi. Jurnal Hikmah. 15(1).

Departemen Agama. (2009). Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: Syaamil Al-Quran PT. Sygma Examedia Arkanleema.

Dharma, S. (2008). Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan.(Jakarta: Direktur. Tenaga Kependidikan, Ditjen PMPTK

Dhela, GR. (2020). Pemanfaatan Channel Youtube sebagai Media Dakwah Islam. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Fairus, AR dan Fazri, A. Strategi Pemanfaatan Youtube Dalam Bidang Dakwah Oleh Ulama Aceh. Jurnal Communication. 2020. 11(1)1.

Fitriyani, A dan Solihin, MM. (2021). Hubungan Penyuluhan Agama dengan Pengetahuan Agama Jamaah di Majelis Ta’lim Aisyahturidho Kecamatan Cilodong-Depok. Jurnal Penyuluhan Agama. 8(1).

Gunawan, Ce. (2020). Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian New Edition Buku Untuk Orang Yang Merasa Tidak Bisa dan Tidak Suka Statistika.. Sleman: Deepublish

Hambali, M. (2019). Pengaruh Isi Dakwah Ustadz Abdul Somad di Youtube Terhadap Persepsi Keislaman Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Angkatan Tahun 2017. Skripsi. IAIN Salatiga

Hanifah, Unik., Laili LS., Khusna HL., Ayu PL., Asyharinur A. (2020).Peran Teknologi Dalam Pembelajaraan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. 17(2).

Hasanah, IN. (2021). Pengaruh Penyuluhan Agama Terhadap Pengetahuan Agama Penonton Channel Youtube Yufid TV. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ihsanuddin. (2020). Jokowi: Kerja dari Rumah, Belajar dari Rumah, Ibadah di Rumah Perlu Digencarkan. Diunggah pada 16 Maret 2020. Diakses pada Kamis 16 Desember 2021 pukul 19.34 WIB. Tersedia pada tautan: https://nasional.kompas.com/read/2020/03/16/15454571/jokowi-kerja-dari-rumah-belajar-dari-rumah-ibadah-di-rumah-perlu-digencarkan?page=all

Ilham. (2018). Peranan Penyuluh Agama Islam dalam Dakwah. Jurnal Alhadharah. 17(33).

Ilmar, A., Indrawan, J dan Efriza. (2020). Kehadiran Media Baru (New Media) dalam Proses Komunikasi Politik. Jurnal Medium. 8(1).

Irianto, A. (2015). Statistik Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Prenadamedia Group

Kusnawan, A. (2011). Urgensi Penyuluhan Agama. Jurnal Ilmu Dakwah. 5(17).

Mahmudin dan Hamdan. (2021). Youtube sebagai Media Dakwah. Palita: Journal of Sosial Religion Research. 6(1).

Mardikanto, T. (2009). Sistem Penyuluhan Pertanian. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press

Marsidi., Sutrisno E., Wachidah LN., Allamah N., Kartikamimhsih Y. (2021). Penyuluh Agama Sebagai Agen Perubahan dalam Praktik Moderasi Beragama. Malang: Guepedia.

Masturi, A dan Rubiyanah. (2010). Pengantar Ilmu Dakwah. Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Monalissa. (2021). Pengaruh Aktivitas Mendengarkan Ceramah Lewat Youtube Terhadap Penambahan Agama Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Skripsi. UIN SUSKA Riau.

Morissan. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Prenada Media Group

Nasution, Z. (1989). Prinsip-Prinsip Kounikasi untuk Penyuluhan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Nugraha, F., dan Rohman, DA. (2017). Menjadi Penyuluh Agama Profesional Analisis Teoritis dan Praktis. Bandung: LEKKAS.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 9 tahun 2021 tentang, pasal 1

Puspita, Y. (2015). Pemanfaatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan Transaksi Pelacur Gay. Jurnal Pekommas. 18(3).

Rappedeo, MI. (2019). Pengaruh Pesan Dakwah Akun Instagram @Hanan_Attaki Terhadap Religiusitas Para Followers. JOM FISIP. 6(2).

Ratih, D dan Agus, E. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Untik Administrasi Publik dan Masalah-Masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media

Rifdayuni, NA. (2018). Peran Penyuluh Agama dalam Kehidupan Beragama Guna Meningkatkan Keluarga Sakinah. Tesis. UIN Raden Intan Lampung.

Riyanto, AD. (2021). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021. Diakses pada Kamis, 16 Desember 2021 pukul 17.34 WIB. Tersedia pada tautan https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021

Saraswati, D., Nasor, M dan Pramudya, E. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Pesan Dakwah Dalam Program Acara Siraman Qalbu Bersama Ustadz Danu di MNCTV. Jurnal Ri’ayah. 6(1).

Sayan, Suryana., Fitria, N dan Nurlaili, A. (2021). Manfaatan Media Internet dalam Pembelajaran PAI Pada Masa Pandemi COVID-19 di SDN Linggarsari 1 Kecamatan Tegalsari Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 6(2).

Setiana, L. (2005). Teknik Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia.

Setiawati. (2021). Pengaruh Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di Bei. Jurnal inovasi penelitian. 1(8).

Silaen, S., dan Widiyono. (2013). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana

Siregar, S. (2013). Statistik Parameterik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sodik, MA., dan Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Solihin, M. M. Partisipasi Ibu Rumah Tangga dalam Pengelolaan Sampah melalui Bank Sampah di Desa Ragajaya, Bojonggede-Bogor Jawa Barat. Jurnal Ilmu Lingkungan, 17(3), 388-398.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: CV Andi

Syah, AM (2020). Pengarh Dakwah Media Sosial Youtube terhadap Religiusitas di MA. Al-Muhtadi Sendangagung. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. INSUD. 1(2).

Widiasanti, G dan Rizky, R. (2021). Pengaruh Terpaan Media Youtube terhadap Perusahaan PT. Garuda Indonesia. Jurnal Prosiding Hubungan Masyarakat. 7(1).


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jpa.v9i2.27295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penyuluhan Agama (JPA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.