Uji Validitas Konstruk Pada Instrumen Penyesuaian Diri Haber & Runyon (1964) Dengan Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA)

Miftahul Jannah

Abstract


Penyesuaian diri adalah usaha individu untuk mengatasi konflik, masalah, frustasi dalam dirinya guna menyelaraskan antara tuntutan dalam dirinya dan lingkugannya. Terdapat 5 karakteristik penyesuaian diri yang efektif yaitu: persepsi akurat tentang realitas, kemampuan mengatasi stress dan kecemasan, citra diri positif, kemampuan pengekspresian perasaan dan hubungan interpersonal yang baik. Instrumen pengukuran baku yang digunakan untuk mengukur lima dimensi penyesuaian diri yang dibuat menggunkan aspek penyesuaian diri Haber & Runyon (1964). Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas kostruk instrumen tersebut. Data dalam penelitian ini diperoleh dari santri pondok pesantren Darunnajah Cipining Bogor berjumlah 251 orang. Metode yang digunakan untuk mengujinya adalah confirmatory factor analysis (CFA) menggunakan software LISREL 8.70. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bawa seluruh item yang berjumlah 22 item bersifat unidimensional. Artinya seluruh item hanya mengukur satu faktor saja sehingga model satu faktor yang diteorikan oleh Haber & Runyon (1964) dapat diterima.


Keywords


uji validitas konstruk, tipe, penyesuaian diri, persepsi akurat tentang realitas, kemampuan mengatasi stress dan kecemasan, citra diri positif, kemampuan pengekspresian perasaan dan hubungan interpersonal yang baik, confirmatory factor analysis (CFA).

References


Joreskog, K.G. & Sorbom, D. (1999). LISREL 8.70 for Windows (computer software). Umar, Jahja. (2011). Bahan kuliah psikometri. UIN Jakarta. Tidak diterbitkan.

Haber, A Runyon, R. P. (1984) Psychology of adjustment. United States Of America: The

Dorsey Press


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jp3i.v2i6.10752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Miftahul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.