Pendampingan Pengajaran Metode Tajwid Maisura pada Peserta Didik Kelas IX MTs Al-Barkah Sukabumi

Subur Wijaya, Muhammad Yusron Shidqi, Hamzah Hamzah

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendampingan pengajaran Metode Maisura pada peserta didik kelas IX MTs Al-Barkah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan metode PAR (Participatory Action Research). Data-data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi langsung ke lapangan (field research). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa siswa/i kelas IX MTs Al-Barkah mengalami peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an setelah mengikuti pemdampingan pengajaran Metode Maisura. Pengajaran Metode Maisura oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) STKQ Al-Hikam dilakukan dengan cara yang fleksibel dan kreatif di mana materi disampaikan dengan cara santai dan menyenangkan untuk menciptakan suasana belajar yang tidak kaku. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode Maisura, yang selama ini dianggap lebih cocok untuk pembelajar tingkat mahir, ternyata dengan beberapa penyesuaian dapat digunakan untuk pelajar tingkat pemula. Strategi yang diterapkan adalah menyederhanakan materi dan penggunaan analogi kreatif agar pesera didik dapat memahami konsep tajwid tanpa merasa terbebani oleh teori yang terlalu kompleks.


Keywords


Maisura Method, Qur’anic Education, Tahsin, Tajwid

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Ahmad, M. A. qodir. (2008). Metodologi pengajaran agama Islam (H. A. Mustofa, Trans.). Rineka Cipta.

Alhamuddin, A., Hamdani, F. F. R. S., Tandika, D., & Adwiyah, R. (2018). Developing Al-Quran Instruction Model Through 3a (Ajari Aku Al-Quran Or Please Teach Me Al-Quran) To Improve Students’ Ability In Reading Al-Quran At Bandung Islamic University. International Journal of Education, 10(2). https://doi.org/10.17509/ije.v10i2.8536

Al-Jiryasi, M. M. N. (2011). Nihayat Qaul Al-Mufid fi ‘ilmi At-Tajwid Al-Qur’an Al-Majid (IV). Maktabah Al-Adab.

Al-Marshafi, A. F. (1399). Hidayàt Al-Qàri’ ilà Tajwìd Kalàm Al-Bàri (II). Maktabah At-Thayyibah.

Basa’ad, T. (2017). Membudayakan Pendidikan Al-Qur’an. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i2.428

Colina, N., & Listiana, A. (2021). Al-Quran Based Learning in Early Childhood Education: 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), Bandung, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.005

Fathoni, A. (2021). Petunjuk Praktis Tahsin Tartil Al-Qur’an Metode Maisura. Yayasan Bengkel Metode Maisura & Pesantren Takhassus IIQ Jakarta.

Fattah Nasution, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harva Creative.

Haris, A. (2017). Pendidikan Al-Qur’an Sebagai Modal Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Diniyah. 4(2).

Karima, L. (2024). Implementasi Metode Maisura Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an di IIQ Jakarta.

Kementerian Agama RI. (2014). Peraturan Perundang-undangan, Persyaratan teknis, Prosedur Standar Pendidikan Alquran. Kemenag.

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402–413. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821

Maḥmūd bin Ibrāhīm al-Khaṭīb. (t.t.). Taqwīm Ṭuruq Ta‘līm al-Qur’ān wa ‘Ulūmihi fī Madāris Ḥifẓ al-Qur’ān al-Karīm. Perpustakaan Syamela. https://shamela.ws/book/11106/33#p1

Manurung, P., Saragih, A. H., & Hasibuan, P. (2024). A Study of the Philosophy of Education and Analysis of the Principles of Implementing Education according to the Al-Qur’an. Pharos Journal of Theology, 105(2), 1–13. Scopus. https://doi.org/10.46222/pharosjot.105.28

McKernan J. (1991). Curriculum Action Research: A Handbook of Methods and Resources for the Reflective Practitioner. 1990.

Muhaimin, Z. (2013). Tahfizh Al-Qur’an Metode Lauhun; Panduan Pengajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren dan Pendidikan Tinggi. Transpustaka.

Muhammad Aman Ma’mun. (2019). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 2–10. https://doi.org/10.37286/ojs.v4i1.31

Nasr, ‘Athiyyah Qabil. (t.t.). Ghayat Al-Murid fi ‘ilmi At-Tajwid (IV).

Qawi, A. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi di MTsN Gampong Teungoh Aceh Utara. Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURA, 16(2), 265–283.

Rahmah, Y. A., Faridi, & Nur Afifah Khurin Maknin. (2021). Al-Qur’an Learning Model On The Qur’anic Fun Camp in Probolinggo. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 271–285. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i2.4860

Razimi Husin, M., Din Nasirudin, Z., & Azman, N. A. (2023). The Basic TPR Model Of Al-Quran Recitation. International Journal of Education and Social Science Research, 06(03), 183–191. https://doi.org/10.37500/IJESSR.2023.6315

Sadat, A., KaharuddinIlham, Irwan, & Khairudin. (2023). Pendidikan Al-Quran & Ahlak Mulia: Teori Implementasi di Sekolah Dasar. Pustaka Pencerah. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Al_Quran_Ahlak_Mulia_Teori_Im/0uENEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Shaari, M. S., Taa, A., Ismail, S., & Arif, A. S. C. M. (2023). Al-Quran Learning Model For Self-Directed Learning. Quantum Journal of Social Sciences and Humanities, 4(5), 59–85. https://doi.org/10.55197/qjssh.v4i5.265

Shihab, M. Q. (2002). Membumikan AlQur’an,fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan. Mizan.

Siswanto, A. (2020). Pelatihan Baca Tulis Al-Quran Terhadap Siswa/Siswi Madrasah Tsanawiyah YPPI Desa Wonorejo Kecamatan Belitang Kabupaten Oku Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1.

Suparman, F., & Nashir, M. J. (2023). Penerapan Metode Tsaqifa dalam Kerampilan Membaca Al-Quran di Desa Sepat, Masaran, Sragen, Jawa Tengah. Al Haziq: Journal of Community Service, 1–11. https://doi.org/10.54090/haziq.151

Supian, Jamil, H., Soleh, W., & Vahlepi, S. (2023). Pelatihan Tahsin Tartil Al-Qur’an Metode Maisura Bagi Santri Rumah Tahfizh Ibadurrahaman Kota Jambi. Journal of Human And Education, 3(3), 38–42.




DOI: https://doi.org/10.15408/quhas.v14i1.45757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:


 

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Qur'an and Hadith Studies, P-ISSN: 2089-3434 | E-ISSN: 2252-7060