Hadis New Media: Vis a Vis Abdul Somad dan Khalid Basalamah Tentang Isbāl

Ahmad Nazarudin Abdul Aziz, Novizal Wendry, Azhariah Fatia, Rasyid Alhafizh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konteks, metode interpretasi dan pemahaman Khalid Basalamah dan Abdul Somad tentang hadis isbāl di YouTube. Hasilnya, pertama, perbedaan pemahaman keduanya dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan, sosio-budaya, mazhab yang dianut. Basalamah, lulusan Universitas Islam Madinah dan bermazhab Hanbali, mengedepankan pemahaman literal terhadap teks-teks agama dan sangat menghormati sunnah Nabi SAW. Sebaliknya, Somad, yang belajar di Al-Azhar dengan mazhab al-Syāfi’ī, memiliki pendekatan lebih moderat dan inklusif, dipengaruhi oleh interaksinya dengan masyarakat pluralis di Mesir dan Maroko. Kedua, metode interpretasi mereka juga berbeda. Basalamah cenderung tekstualis, memahami hadis secara lafziyah tanpa mempertimbangkan konteks sosial. Sementara Somad menganalisis asbāb al-wurud untuk menerapkan pemahaman kontekstualis, yang mencakup pendapat ulama terdahulu sebagai pertimbangan. Ketiga, pemahaman tentang hadis isbāl. Basalamah melarang isbāl secara mutlak, baik yang didasari oleh rasa sombong (khuyalā’) maupun tidak. sedangkan Somad berpendapat bahwa, jika tidak ada niat sombong saat pakaian melewati mata kaki, maka itu hanya mubah.


Keywords


Abdul Somad; Isbāl; Khalid Basalamah; New Media; YouTube

Full Text:

PDF

References


Alhafizh, R., Wendry, N., & Ashadi, A. (2024). Perebutan Ruang Doktrinasi Hadis Isbāl NU dan Salafi pada New Media. JOURNAL OF QUR’AN AND HADITH STUDIES, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.15408/quhas.v13i2.41544

Ananda, Y., & Wendry, N. (2023). PEMAHAMAN TEKSTUALIS ORMAS ISLAM TERHADAP HADIS SUJUD TILAWAH. 2(1).

Ananda, Y., Wendry, N., & Hakim, L. (2022). Tafsir dan New Media: Studi Penafsiran Ustadz Zulkifli Muhammad Ali di Youtube. Al-Manar: Jurnal Kajian Alquran dan Hadis, 8(2), 1–26. https://doi.org/10.35719/amn.v8i2.23

Arifah, B. K. R. A., Unzila, A. R., & Niam, M. F. (2025). EFEKTIVITAS MELACAK INFORMASI RAWI DI ERA NEW MEDIA: (KOMPARASI APLIKASI JAWĀMI‘ AL-KALIM, MAKTABAH SYĀMILAH, HADITH ENCYCLOPEDIA, DAN DORAR.NET). MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 5(1), Article 1.

Azwar, A., & Iskandar, I. (2024). Dakwah Islam bagi Gen-Z: Peluang, Tantangan, dan Strategi: Islamic Preaching for Gen-Z: Opportunities, Challenges, and Strategies. DIRASAH: Jurnal Kajian Islam, 1(1), Article 1.

Burhanuddin, B. (2018). Metode dalam memahami Hadis. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v3i1.210

Faizah, I. (2020). PERBANDINGAN PEMAHAMAN HADIS MAULID NABI DALAM WEBSITE NU ONLINE DAN MUSLIM.OR.ID [["eprint_typename_skripsi" not defined]]. IAIN SALATIGA. http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/9823/

Harianto, Y. A. (2024). Prospek Dakwah Bil Qalam di Era New Media. Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.27

Hendra, T., Nur Adzani, S. A., & Muslim, K. L. (2023). Dakwah Islam dan Kearifan Budaya Lokal: Konsep dan Strategi Menyebarkan Ajaran Islam. Journal of Da’wah, 2(1), 65–82. https://doi.org/10.32939/jd.v2i1.2660

Hidayat, F., Markos, T., & Aisyah, N. (2019). HADIS-HADIS TENTANG ISBAL: STUDI PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN DI SDIT DAR EL-IMAN PADANG. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya, 1(1), 54. https://doi.org/10.31958/istinarah.v1i1.1510

Media, F. (Direktur). (2016, Januari 6). Masalah ISBAL [Video recording].

Miski, M. (2023). Rekognisi Ḥadīṡ Iftirāq Dalam Ruang Multikultural. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.29240/alquds.v7i1.5335

Nasution, A. D. N., Suwarno, R., Hasibuan, H. M., Aritonang, I., & Sikumbang, A. T. (2024). Analisis Efektivitas Dakwah Channel YouTube Khalid Basalamah Official: Peran Interaksi dan Keterlibatan Audiens. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/jiik.v14i2.33018

Nurhidayah, Halwati, U., & Nawawi. (2023). Pesan Dakwah dalam Media Sosial. IQTIDA : Journal of Da’wah and Communication, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.28918/iqtida.v3i1.338

Official, K. B. (Direktur). (2017, April 20). Dosa-Dosa Besar #52 – Menjulurkan Pakaian Melebihi Mata Kaki [Video recording].

Ridho, S. (2018). Pesan Instan Muslimah Kelas Menengah Baru: Studi Identitas Islam di Group Whatsapp “Islam.” MAARIF, 13(1), 137–157. https://doi.org/10.47651/mrf.v13i1.15

Rifai, S. (2025). RETORIKA DAKWAH USTADZ ABDUL SOMAD DALAM VIDEO YOUTUBE “MEWUJUDKAN GENERASI HEBAT DAN BERADAB.” Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.31604/muaddib.v9i2.461-471

Washil, I., & Fata, A. K. (2018). Hadis Gadir Khum Dalam Pandangan Syiah Dan Sunnah. Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu al-Qur’an Dan al-Hadits, 12(1), 51–74. https://doi.org/10.24042/al-dzikra.v12i1.2925




DOI: https://doi.org/10.15408/quhas.v14i1.45473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:


 

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Qur'an and Hadith Studies, P-ISSN: 2089-3434 | E-ISSN: 2252-7060