Kerangka Paradigmatis Metode Tafsir Tematik Akademik: Kasus Disertasi UIN Yogyakarta dan Jakarta
Abstract
Tulisan ini membahas konstruksi tafsir tematik akademik dalam disertasi PTAIN, khususnya kerangka paradigmatis yang digunakan. Kerangka paradigmatis merupakan asumsi dan proposisi yang disusun sebagai cara pandang penafsir (penulis disertasi tafsir tematik) terhadap al-Qur’an sehingga mendorong dan mengarahkan dalam melakukan penafsiran.
Dari delapan disertasi yang diteliti, ditemukan enam kerangka paradigmatis yang digunakan dalam menyusun metode tafsir tematik, yakni: al-Qur’an sebagai hudan (petunjuk); kesatuan tema al-Qur’an; historisitas al-Qur’an; kesastraan dan tekstualitas al-Qur’an; al-Qur’an sebagai subjek penelitian kualitatif; dan korelasi “Ayat” Kawniyah-Ayat Qawliyyah.Keywords
Tafsir Maudu'i; penafsiran tematik akademik; hudan; wahdah maudu‘iyyah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15408/quhas.v4i2.2393 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Qur'an and Hadith Studies, P-ISSN: 2089-3434 | E-ISSN: 2252-7060