INTERAKSI DALAM PEMBELAJARAN: MEMAHAMI TIPE DIALOG ANTARA SISWA SELAMA PROSES PEMBELAJARAN KIMIA DI MADRASAH ALIYAH

Suci Nurmilah, Munasprianto Ramli, Dedi Irwandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe dialog yang muncul dan dominan yang terjadi pada siswa selama proses pembelajaran kimia di salah satu Madrasah Aliyah Negeri Jakarta Selatan yang menerapkan kurikulum 2013. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi. Data yang diambil berupa video pada proses diskusi pembelajaran kimia siswa kelas X Agama dan X IPA selama satu bulan yang kemudian ditranskrip dan dianalisis berdasarkan indikator tipe dialog kumulatif, disputasional dan eksploratori. Hasil dari analisis didapatkan bahwa ketiga tipe dialog yang muncul yaitu kumulatif, disputasional dan eksploratori dengan persentase yang berbeda-beda. Sedangkan tipe dialog yang muncul lebih dominan ialah tipe dialog kumulatif dan tipe dialog yang muncul paling rendah ialah tipe dialog eksploratori.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOCCEMS (Journal of Chemistry and Chemistry Education in Muslim Society)