PENGEMBANGAN BOT TELEGRAM PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA BERBASIS STEM

Dhia Bakhita Azzahra, Tonih Feronika, Aini Nadhokhotani Herpi

Abstract


STEM merupakan gabungan metode pembelajaran dengan pendekatan Science (pengetahuan), Technology (teknologi),  Engineering (teknik), dan Mathematics (matematika) yang digunakan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai kriteria tenaga kerja abad ke-21. Penunjang pembelajaran pendekatan STEM ialah Bot Telegram sebagai e-learning. Tujuan pengembangan untuk mengukur tingkat efisiensi bot yang digunakan oleh guru dan siswa. Model penelitian menggunakan ADDIE dengan rangkaian penelitian diantaranya (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), dan (5) evaluation (evaluasi). Penilaian produk menunjukkan respon guru terhadap bot sebesar 86% dengan kategori sangat puas. Adapun untuk respon siswa masuk kategori sangat puas dengan persentase 82,2%.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOCCEMS (Journal of Chemistry and Chemistry Education in Muslim Society)