ANIMATION-BASED MEDIA OF LEARNING CHEMISTRY ON HYDROCARBON AND CRUDE OIL MATERIALS

Dimas Ryandi Prasetyo, Media Putri Yohana, Hasnan Yasin

Abstract


Penggunaan media pembelajaran di kelas menjadi salah satu alasan ketertarikan siswa dalam mempelajari materi yang disampaikan oleh guru.  Selain itu, penggunaan Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran dapat dioptimalkan kegunaan dengan mengembangkan media video animasi melalui aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video animasi kimia menggunakan Microsoft PowerPoint yang dapat memvisualisasikan materi hidrokarbon dan minyak bumi secara lebih menarik kepada siswa serta mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Proses pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari: (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (penerapan), dan (5) evaluation (penilaian). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen analisis kebutuhan, lembar validasi storyboard video animasi, lembar validasi prototype video animasi, lembar validasi angket respon siswa, serta angket respon siswa. Hasil penelitian diperoleh dari pengujian uji coba terbatas kepada siswa dan guru. Hasil pengujian kepada siswa mendapatkan persentase rata-rata 84% dengan kriteria sangat baik. Media pembelajaran video animasi yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media alternatif pada proses pembelajaran di kelas.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOCCEMS (Journal of Chemistry and Chemistry Education in Muslim Society)