STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DALAM MENINGKATKAN MINAT CALON JAMAAH UMRAH PADA PT. SAMAWI TRAVEL
Abstract
Permintaan terhadap layanan perjalanan umrah di Indonesia terus meningkat, mendorong persaingan yang ketat di industri ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merumuskan strategi relationship marketing yang efektif dalam meningkatkan jumlah jamaah umrah di PT SAMAWI Travel. Dalam konteks ini, peneliti menggunakan pendekatan Three Ways Strategy, yang dianggap paling sesuai dengan strategi yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi terhadap manajemen dan pelanggan PT SAMAWI Travel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT SAMAWI Travel telah menerapkan beberapa elemen dari Three Ways Strategy. Rekomendasi strategi meliputi pemanfaatan media digital untuk komunikasi personal, pengembangan program loyalitas pelanggan, serta peningkatan kualitas pelayanan melalui pelatihan SDM dan komponen 3P (Personel, Presentation dan Process). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi relationship marketing berbasis Three Ways Strategy dapat menjadi pendekatan yang efektif dan berkelanjutan dalam meningkatkan jumlah jamaah umrah apabila dilaksanakan secara terencana, terstruktur, dan konsisten.
Full Text:
PDFReferences
Alma, B. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Barnes, J. G. 2000. Secrets of Customer Relationship Management: It's All About How You Make Them Feel. McGraw-Hill
Chan, Syafruddin. 2003. Relationship Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI
Ebert, R. J., & Griffin, R. W. 2021. Business Essentials (13th ed.). Pearson Education
Harris, Thomas. L. 1991. The Marketer’s Guide To Public Relations : How Today’s Top Companies are Using The New PR to Gain a Competitive Edge. Canada : John Wiley & Sons.
Keller, Kevin Lane dan Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. (Jakarta: Erlangga)
Michaelson, Gerald A. dan Steven W. Michaelson. 2004. Strategi untuk Penjualan. Batam: Karishma Publishing Group.
Philip Kotler. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Siagian, Sondang. 1986. Analisis Serta Perumusan Kebijaksanaan dan Strategi Organisasi. (Jakarta: PT. Gunung Agung).
Yulianti, Luli, Herman Sjahruddin, dan Bungatang Tahir. 2015. Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasandan Loyalitas Pelanggan Pengguna Smartphone Android Merek Samsung. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Vol.3, No.1. Utama. DOI 10.31219/osf.io/dvb48
Kundre, Albertus Januaris, Irya Wisnubadhra, dan Thomas Suselo. 2013. Penerapan Customer Relationship Management Dengan Dukungan Teknologi Informasi Pada Po. Chelsy. Jurnal teknologi informasi dan multimedia. Vol 4. No 3 ISSN: 2302-3805 https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/516
Gina Herdian dan Widyastuti. 2013. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Nasabah Bank Btpn Kcp Sepanjang. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.1, No.2, Hal 680
Heruwasto, I. 2011. Customer Relationship Management: Pengembangan Memakai Konsep-konsep di Pemasaran. Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia, Vol.40, No.1 Diakses dari https://scholarhub.ui.ac.id/jmui/vol40/iss1/1/
Rahmiati. 2010. Relationship Marketing : Paradigma Baru dalam Mempertahankan Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.11, No.2. Diakses dari https://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/775
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen Dakwah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849
Indexed By: