MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN JAMAAH UMROH DI BIRO WALI WISATAKABUPATEN SEMARANG
Syifa' Ummatul Mustaghfiroh
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan prima yang dilakukan oleh biro Wali Wisata Kabupaten Semarang dalam meningkatkan kepuasan jamaah umrah, serta bagaimana standar operasional prosedur yang ada di biro Wali Wisata Kabupaten Semarang.Jenis penelitian yang diguanakan adalah penelitian lapangan yang memiliki sifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian didapatkan melalui data primer yakni dengan melakukan wawancara kepada pihak pimpinan, karyawan biro, serta jamaah atau alumni, diambil dari profil Wali Wisata Kabupaten Semarang. Kemudian, dalam pengumpulan data dilakukan dengan wwancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelayanan prima yang dilakukan oleh biro Wali Wisata Kabupaten Semarang adalah dengan menerapkan teori pelayanan 6A yang meliputi Attitude, Attention, Action, Ability, Appearance, Accountability.untuk penerapan standar operaional prosedur menggunakan pelayanan full service yang dilakukan dengan cara home service atau jemput bola datang ke rumah jamaah.
References
Abidin, Z. (2020). Fiqh Ibadah. Sleman: CV Budi Utama.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Hermanto. (2019). Faktor Pelayanan, Kepuasan, & Loyalitas Pelanggan. Surabaya: CV. Jakad Publishing.
Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muqit, Abd., Djuwariyah. (2016). Panduan, Do’a, dan Dzikir Manasik Umrah. Madura: Yayasan Al-Fatah.
Nughrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.
Rohman, A. (2017). Dasar-Dasar Manajemen. Malang: Intelegensi Media.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Saifudin, S., & Kusumawati, D. (2020). Strategi Pengelolaan SDM Lembaga Bisnis Syariah melalui Kinerja Karyawan. Islamic Management and Empowerment journal, 2(2), 203-214. doi:https://doi.org/10.18326/imej.v2i2.203-214
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen Dakwah

This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
https://kuchenbaecker.com/impressum/
https://pirineos-sur.es/menores/
https://www.istanbulanahtar.com/kvkk/
sensasi777
https://europedirectsevilla.us.es/
https://etsiaab.da.upm.es/
beton 138
https://turningheadskennel.com/about-us/
beton138
https://etsam.da.upm.es/
https://www.chem.gakushuin.ac.jp/
https://www-al.nii.ac.jp/ai-task/
https://montes.da.upm.es/
https://etsam.da.upm.es/
https://topografia.da.upm.es/
slot gacor depo 10k
kantorbola
slot gacor online
Unibet 99
JMTOTO DAFTAR
https://pactiss.org/
https://scholars.lib.miamioh.edu/
bpjs777
zeus007
neko77
situs gacor 4d
bolahiu
suletoto
arista88
neko77
situsaka4d.com
JCO69
slot 888 gacor
dewaslot88
loginrr777
slot gacor
slot gacor online
Mahjong Ways 2 Lagi Panas
JMTOTO
sbotop.ad
slot demo
link slot gacor
Spotbet
slot
situs toto
bandarjaya
nobartv
skintoto
https://poltekpelbanten.id/
https://tgtwreis.telangana.gov.in/
https://emba.iitr.ac.in/
YALLASHOOT.BOND
https://nobartv.icu/
kooralivetv.tv
https://kadinbuntok.org/slotdemo/
raffi888
situs toto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats
Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849
Indexed By:


mahjong demo
judi bola
tokeslot88
tokeslot88
slot bet 200
skintoto