MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN JAMAAH UMROH DI BIRO WALI WISATAKABUPATEN SEMARANG

Syifa' Ummatul Mustaghfiroh

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan prima yang dilakukan oleh biro Wali Wisata Kabupaten Semarang dalam meningkatkan kepuasan jamaah umrah, serta bagaimana standar operasional prosedur yang ada di biro Wali Wisata Kabupaten Semarang.Jenis penelitian yang diguanakan adalah penelitian lapangan yang memiliki sifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian didapatkan melalui data primer yakni dengan melakukan wawancara kepada pihak pimpinan, karyawan biro, serta jamaah atau alumni, diambil dari profil Wali Wisata Kabupaten Semarang. Kemudian, dalam pengumpulan data dilakukan dengan wwancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelayanan prima yang dilakukan oleh biro Wali Wisata Kabupaten Semarang adalah dengan menerapkan teori pelayanan 6A yang meliputi Attitude, Attention, Action, Ability, Appearance, Accountability.untuk penerapan standar operaional prosedur menggunakan pelayanan full service yang dilakukan dengan cara home service atau jemput bola datang ke rumah jamaah. 

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2020). Fiqh Ibadah. Sleman: CV Budi Utama.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Hermanto. (2019). Faktor Pelayanan, Kepuasan, & Loyalitas Pelanggan. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muqit, Abd., Djuwariyah. (2016). Panduan, Do’a, dan Dzikir Manasik Umrah. Madura: Yayasan Al-Fatah.

Nughrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.

Rohman, A. (2017). Dasar-Dasar Manajemen. Malang: Intelegensi Media.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Saifudin, S., & Kusumawati, D. (2020). Strategi Pengelolaan SDM Lembaga Bisnis Syariah melalui Kinerja Karyawan. Islamic Management and Empowerment journal, 2(2), 203-214. doi:https://doi.org/10.18326/imej.v2i2.203-214


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://kuchenbaecker.com/impressum/

https://pirineos-sur.es/menores/

https://www.istanbulanahtar.com/kvkk/

sensasi777

https://europedirectsevilla.us.es/

https://etsiaab.da.upm.es/

beton 138

https://turningheadskennel.com/about-us/

beton138

https://etsam.da.upm.es/

https://www.chem.gakushuin.ac.jp/

https://www-al.nii.ac.jp/ai-task/

https://montes.da.upm.es/

https://etsam.da.upm.es/

https://topografia.da.upm.es/

slot gacor depo 10k

kantorbola

slot gacor online

Unibet 99

JMTOTO DAFTAR

https://pactiss.org/

https://scholars.lib.miamioh.edu/

bpjs777

zeus007

neko77

situs gacor 4d

bolahiu

suletoto

arista88

neko77

situsaka4d.com

JCO69

slot 888 gacor

dewaslot88

loginrr777

slot gacor

slot gacor online

Mahjong Ways 2 Lagi Panas

JMTOTO

sbotop.ad

slot demo

link slot gacor

Spotbet

slot

situs toto

bandarjaya

nobartv

skintoto

https://poltekpelbanten.id/

https://tgtwreis.telangana.gov.in/

https://emba.iitr.ac.in/

YALLASHOOT.BOND

https://nobartv.icu/

kooralivetv.tv

https://kadinbuntok.org/slotdemo/

raffi888

situs toto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Logo Sinta Ristekbrin Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch

mahjong demo

judi bola

tokeslot88

tokeslot88

slot bet 200

skintoto