STRATEGI WALI TOUR AND TRAVEL DALAM MEMBERIKAN LAYANAN PENDAFTARAN KEPADA CALON JAMA'AH UMRAH DI KABUPATEN SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana Strategi wali tour and travel dalam memberikan layanan pendaftaran kepada calon jama'ah umrah di Kabupaten Semarang tahun 2022. (2) Mengetahui bagaimana Prosedur pendaftaraan yang dilakukan oleh wali Tour & travel. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskripsi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Adapun Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi wali tour and travel dalam memberikan layanan pendaftaran kepada calon jama’ah umrah dengan cara memberikan jaminan kepastian jadwal keberangkatan, keamanan, dan transparansi harga merupakan bagian dari upaya menjaga kredibilitas di mata calon jama'ah serta wali tour menggunakan pemanfaatan media sosial, dan teman atau tetangga calon jama'ah untuk mendapatkan informasi lebih cepat dan proses pendaftaran. (2) Proses pendaftaraan yang dilakukan meliputi: a) melaksanakan proses adminitrasi pendaftaran awal, proses ini dilakukan guna mendapatkan data-data dari pendaftar calon jamaah umrah. b) melakukan proses pembayaran, proses ini dilakukan 2 tahap yaitu melakukan pembayaran DP awal dengan minimal 50%, dan melakukan pembayaran kedua untuk pelunasan dari sisa tagihan pembayaran awal/DP. c) proses untuk melaksanakan manasik umrah yang akan dijadwalkan oleh pihak WALI Tour & Travel, dan nantinya akan di beritahukan secara meyeluruh kepada calon jamaah umrah satu minggu sebelum pelaksanaan manasik umrah. d) proses dalam membuat laporan, pembuatan laporan terdiri atas laporan data-data administrasi dari calon jamaah, laporan keuangan, dan juga laporan terkait dengan manasik, laporan-laporan tersebut kemudian ditunjukkan kepada direktur WALI Tour & Travel.
Kata Kunci: Strategi, Layanan, dan Umrah.
Full Text:
PDFReferences
Anggito, Albi & Setiawan. Metodologi penelitian Kualitatif. Sukabumi, CV Jejak.
Amir, Mohammad Faizal. 2017. Metodelogi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan. Sidoarjo: Umsida Press.
Arifin. (2014). Fiqih Haji dan Umrah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Awaliyah, H. (2020). Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru. Jurnal Niara, 13(2), 29–36. https://doi.org/10.31849/niara.v13i2.4662.
Hamzah, A. (2014). Ayo Bisnis Umrah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hartanto, F.M. 1996. Kepemimpinan Sinergistik: Membangun Keunggulan Melalui Kerjasama dan Aliansi Strategik. Studio Manajemen Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung.
Hariyadi, Bambang. (2005). Strategi Manajemen. Jakarta: Bayumedia Publishing.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kementerian Agama RI. (2019). Terjemah Al-Qur‟an Kementerian Agama Republik Indonesia. Jakarta: LPMQ.
Pujaastawa, Ida Bagus Gede. 2016. Teknik Wawancara dan Observasi Untuk Pengumpulan Bahan Informasi. Skripsi tidak diterbitkan. Kuta Selatan: Program Studi Antropologi Universitas Udayana.
Indrawati. 2021. Responsivitas Pelayanan Pendaftaran Jamaah Haji Di Kementerian Agama Kabupaten Enrekang. Skripsi tidak diterbitkan. Makasar: Jurusan Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah Makasar.
Safitri, Dewi Indri. Responsivitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan Kesehatan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makasar). Skripsi tidak diterbitkan. Makasar: Program Studi Administrasi Negara Universitas Hasanudin.
Solihin, Ismail. (2012). Manajemen Strategik. Bandung: Airlangga.
Ratminto & Winarsih. S. Atik. 2012. Manajemen Pelayanan.Pustaka Pelajar.Yogyakarta.
Kementerian Agama RI. (2019). Terjemah Al-Qur‟an Kementerian Agama Republik Indonesia. Jakarta: LPMQ. Kementerian Agama RI. (2020). Tuntunan Manasik Haji dan Umrah. Jakarta: Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah.
Mubun, B.N. (2003). Kamus Manajemen. Jakarta. Pustaka Sinar Harian.
Moleong, J. Lexy. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal teknologi pendidikan, 46-62. http://www.yusuf.staff.ub.ac.id.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Indriyantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akutansi dan Menejemen. BPFE-Yogyakarta.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hendrayadi, Tricahyadinata, I., & Zannati, R. (2019) Metode Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium).
Kifli, Dzul. 2010. Manajemen Pelayanan Haji dan Umrah PT. Patuna Tour & Travel. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Syarif Hidayatullah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen Dakwah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849
Indexed By: