STRATEGI PELAYANAN DALAM PENINGKATAN KEPUASAN JAMAAH UMRAH DISABILITAS PADA PT. DHIYAA EL HARAMAIN EL MUBARAKAH BEKASI JAWA BARAT

khoiron sirin, Maratus Soleha

Abstract


Permasalahan jamaah haji dan umrah yang memiliki keterbatasan fisik dan keterbatasan kemampuan (disabilitas) merupakan permasalahan nasional yang membutuhkan perhatian khusus dari para stakeholder, utamanya perusahaan travel haji dan umrah. Penelitian ini membahas mengenai strategi pelayanan ibadah umrah bagi jamaah yang memiliki keterbatasan fisik (disabilitas) dalam rangka meningkatkan kepuasan bagi mereka. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus pada PT Dhiyaa El Harmaian El Mubarakah Bekasi Jawa Barat tahun 2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan jamaah disabilitas pada PT. Dhiyaa El Haramain El Mubarakah sudah tepat. Hal ini dilihat dari strategi pelayanan yang diterapkan mereka baik dari mulai penyambutan jamaah ketika bertanya-tanya, mendaftar, sampai pelaksanaan ibadah umroh diberikan pelayanan secara maksimal dan mereka memprioritaskan jamaah disabilitas baik ketika di tanah air maupun di tanah suci dan tidak membeda-bedakan jamaah disabilitas dengan jamaah normal lainnya. Adapun strategi pelayanan yang dimaksud meliputi pengenalan dan kebiasaan jamaah disablitias, pendampingan khusus bagi jamaah disabilitas, dan pemenuhan kebutuhan khusus bagia jamaah disabilitas.

Kata Kunci : Strategi, Pelayanan, Kepuasan, Jamaah, Disabilitas

 

ABSTRACT

 

The problem of Hajj and Umrah pilgrims who have physical limitations or limited abilities (disabilities) is a national problem that requires special attention from stakeholders, especially Hajj and Umrah travel companies. This research discusses Umrah service strategies for pilgrims who have physical limitations or linited abilities (disabilities) in order to increase their satisfaction. This research uses a case study method at PT Dhiyaa El Harmaian El Mubarakah, Bekasi, West Java in 2022. The research results show that the service strategy in increasing the satisfaction of disabled pilgrims at PT. Dhiyaa El Haramain El Mubarakah is correct. This can be seen from the service strategy they implement, from welcoming pilgrims when asking questions, registering, to carrying out the Umrah pilgrimage, providing maximum service and they prioritize disabled pilgrims both in their homeland and in the holy land and do not discriminate against disabled pilgrims. with other normal pilgrims. The service strategy in question includes the introduction and habits of disabled pilgrims, special assistance for disabled pilgrims, and meeting the special needs of disabled pilgrims.

 

Keywords: Strategy, Service, Satisfaction, Pilgrims, Disability


Full Text:

PDF

References


Arief, Muhtosim. 2005. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Jakarta: Bayumedia Publishing.

David, Fred R. 2011. “Strategic Management Managemen Strategi Kasus”. Jakarta: Salemba Empat

Hubeis, Musa dan Mukhamad Najib. 2008. Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kottler, Philip. 1994. Marketing Management: Analisis Planning Implementation and Control Figh Edition New Jersey: Prentice Hall.

.

Siroj, Said Aqiel. 2018. Fiqih Penguatan Penyandang Disabilitas. Jakarta: Lembaga Bathsul Masail PBNU.

Wildayari, Resti dan Dindin Solahudin, Arif Rahman. 2017. Optimalisasi Pelayanan Haji dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah. Bandung: Anida Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah.

Jurnal

Andayani dan Afandi, Muhrisun (2019). “Pemberdayaan dan Pendampingan Komunitas Penyandang Disabilitas dalam Mengakses Pendidikan Tinggi”, APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Vol. 16, No. 2, Desember: 153-166. DOI:10.14421/aplikasia.v16i2.1178

Apsari, Nurliana Cipta dan Raharjo, Santoso Tri (2021). “Orang dengan Disabilitas: Situasi Tantangan dan Layanan di Indonesia”, Jurnal Penelitian Sistem Kesehatan, Vol. 24, No. 3, September: 159-169. DOI:10.22435/hsr.v24i3.3069)

Hafizin dan Herman (2022). “Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan”, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 5 No. 1, 99-110. P-ISSN: 2614-4018 Doi: 10.30868/im.v5i01.2022 E-ISSN: 2614-8846.

Istianah (2016), “Proses Haji dan Maknanya”, Esoterik: Jurnal Akhlak dan Tasawuf, Vol. 2, No.1: 30-44, ISSN: 2460-7576 E-ISSN: 2502-8847. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/esoterik.v2i1.1900

Maharani, M (2020). “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Umrah dan Haji Khusus Di Pt. Al-Anshor Madinah Barokah Yogyakarta”, Jurnal Manajemen Dakwah, UIN Sunan Kalijaga, Vol. 6 No. 2, Juli-Desember: 257-273, https://doi.org/10.14421/jmd.2020.62-06

Ningsih, Arie Dwi (2022). “Penyandang Disabilitas, Antara Hak dan Kewajiban”, Jurnal Generasi Tarbiyah, Vol. 1, No. 2, Desember: 92-100. E-ISSN: 2830-182X. https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/jgt.

Padmi, Teti Ati. 2006. Implementasi Aksebilitas Pelayanan Informasi dan Pelayanan Khusus Bagi Penyandang Cacat di Kota Semarang, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Vol. 11, No. 2, Mei-Agustus: 66-71.

Yatmo, Herwidi. Ortega, H. Y., & Amin, Juhdi (2023). “Strategi Pelayanan Ibadah Umrah terhadap Jemaah Disabilitas”. Jurnal Manajemen Dakwah, Vo; 1. No.1, 33-46. Dapat diakses pada https://doi.org/10.22515/jmd.v1i1.7520

Devi Yulianti (2014), “Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan: Studi Kasus di PT. Perkebunan Nusantara VII Lampung”, Jurnal Sosiologi, Vol. 16, No. 2: 103-114. DOI: https://doi.org/10.23960/sosiologi.v16i2.99




DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v12i1.39887 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Logo Sinta Ristekbrin Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch