STRATEGI DAN PENGEMBANGAN PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) PADA INDUSTRI HALAL DI INDONESIA

cecep castrawijaya, Syifani Wirianisa

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini menjelaskan mengenai industri halal dan peran baitul maal wat tamwil serta perkembangannya; strategi dan pengembangan lembaga dakwah yaitu baitul maal wat tamwil pada industri halal. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus analisis deskriptif dan teknik pengumpulan data secara kepustakaan (library research) dari berbagai literatur, buku maupun informasi lain yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini adalah adanya digitalisasi BMT dengan menyediakan aplikasi sederhana berbasis teknologi dan kolaborasi dengan perusahaan Fintech Syariah guna berperan untuk Indonesia menjadi pusat halal dunia di tahun 2024.

 

Kata Kunci : Industri Halal, Baitul Maal Wat Tamwil, Digitalisasi

ABSTRACT

This article explains the halal industry and the role of baitul maal wat tamwil and its development; strategy and development of da'wah institutions namely baitul maal wat tamwil in the halal industry. The method used is qualitative with a descriptive analysis case study approach and library research data collection techniques from various literature, books and other information related to the research topic. The results of this study are digitalization of BMT by providing simple technology-based applications and collaboration with Sharia Fintech companies

Keywords : Halal Industry, Baitul Maal Wat Tamwil, Digitalization


Full Text:

PDF

References


Buku

Divisi Keuangan Mikro Syariah, Direktorat Keuangan Inklusi Dana Sosial Keagamaan dan Keuangan Mikro Syariah, Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). (2019). Strategi Pengembangan Keuangan Mikro Syariah di Indonesia, Jakarta : Komite Nasional Ekonomi Syariah (KNKS).

Komite Nasional Keuangan Syariah. (2018). Strategi Nasional Pengembangan Industri Halal Indonesia. Jakarta : Komite Nasional Ekonomi Syariah (KNKS).

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Jurnal

Ascarya (2016). Holistic Financial Inclusion Based on Maqashid Shariah Through Baitul Maal Wat Tamwil. MEI INSIGHT IFS 1, 1-8.

Format Sumber Elektronik

Indah. (2022). Indonesia Optimistis Jadi Pusat Industri Halal Dunia, diakses 27 Mei 2023, dari https://kemenag.go.id/nasional/indonesia-optimistis-jadi-pusat-industri-halal-dunia-dfddcv

Hidayati, Nadiah. (2022). Komitmen BRIN Mendukung Pengembangan dan Inovasi Produk Halal, diakses 27 Mei 2023, dari https://kneks.go.id/isuutama/41/komitmen-brin-mendukung-pengembangan-dan-inovasi-produk-halal

Pamuji, Sugeng. (2022). Makanan Halal Indonesia Ranking Dua Dunia, Kemenag : Kita Menuju Nomor Satu, diakses 27 Mei 2023, dari https://kemenag.go.id/pers-rilis/makanan-halal-indonesia-ranking-dua-dunia-kemenag-kita-menuju-nomor-satu-ex0lob

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diakses 27 Mei 2023, dari https://kbbi.web.id/strategi

Pendidikan (2022). Pengertian Strategi Menurut Para Ahli Terlengkap, diakses 27 Mei 2023, dari https://pelayananpublik.id/2022/09/09/pengertian-strategi-menurut-para-ahli-terlengkap/

Ramadhani, Ani (2019). Pengertian Pengembangan, Jenis dan Contohnya, diakses 27 Mei 2023, dari https://www.pinhome.id/blog/pengertian-pengembangan/




DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v12i1.39828 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Logo Sinta Ristekbrin Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch