WEALTH MANAGEMENT SEBAGAI SOLUSI MANAJEMEN ASET WAKAF PESANTREN: ANALISIS IMPLEMENTASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN FINANSIAL
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam tentang manajemen aset berbasis wealth management dalam upaya meningkatkan pembiayaan pendidikan Pondok Pesantren Darunnajah, Ulujami Jakarta Selatan. Rumusan masalah yang dikaji secara mendalam meliputi 1) perencanaan aset berbasis wealth management dalam meningkatkan kemampuan pembiayaan pendidikan di Pondok Pesantren Darunnajah. 2) pelaksanaan pengelolaan aset berbasis wealth management dalam meningkatkan kemampuan membiayai pendidikan di Pondok Pesantren Darunnajah. 3) pengawasan aset berbasis wealth management dalam meningkatkan kemampuan membiayai pendidikan di Pondok Pesantren Darunnajah. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah 1) analisis data kasus tunggal, 2) analisis lintas situs. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan manajemen aset di pondok pesantren adalah perumusan rencana pengadaan lahan, pengembangan lini pendidikan dan unit usaha, partisipasi warga pesantren dan perlakuan terhadap tabungan dan pembayaran santri; 2) Pelaksanaan manajemen aset dilakukan dengan penambahan lahan, pendirian lini pendidikan baru, unit usaha, memperlakukan tabungan santri sebagai modal, atau melakukan kerja sama dengan bank konvensional; 3) Pengawasan dilakukan di tingkat unit usaha dengan materi dengan materi yang berfokus pada pengembangan dan kontribusi pesantren.
Full Text:
PDFReferences
Barth, M. E. (2006). Including estimates of the future in today's financial statements. Accounting Horizons, 20(3), 271-285.
Bridgstock, R. (2009). The graduate attributes we’ve overlooked: Enhancing graduate employability through career management skills. Higher Education Research & Development, 28(1), 31-44.
Brunel, J. L. (2011). Goal-based wealth management in practice. The Journal of Wealth Management, 14(3), 17.
Cohen, J. A. (2011). Intangible Assets: Valuation and Economic Benefit. New York: John Wiley & Sons.
Colclough, C. (1996). Education and the market: which parts of the neoliberal solution are correct? World Development, 24(4), 589-610.
Darajat, D.M., Rosyidin, I., & Fahrudin, D. (2022). “Pesantren and madrasah-based digital literacy practices: The case study of the Darunnajah Islamic Boarding School, Jakarta”. Islamic Communication Journal, 7(2), 257-272. Doi: https://doi.org/10.21580/icj.2022.7.2.13619
Darajat, Deden Mauli & Cinta Rahmi. “Public Communication Strategy of Baznas Bazis DKI Jakarta on Instagram @Baznasbazisdkijakarta”. Jurnal Kommunity Online, 4 (2), 2023, 213-226. doi: 10.15408/jko.v4i2.35216
Darajat, D.M., Rahmi, C. (2021). "Kyai Zainuddin Amir’s Da’wah Strategy in Spreading Islamic Values in Baduy Tribe Community" Mimbar Agama Budaya 38 (2), 96-105.
Erik Sveiby, K. A. R. L. (1997). The intangible assets monitor. Journal of Human Resource Costing & Accounting, 2(1), 73-97.
Evensky, H., Horan, S. M., & Robinson, T. R. (2011). The new wealth management: the financial advisor's guide to managing and investing client assets (Vol. 28). John Wiley & Sons.
Grubman, J., & Jaffe, D. (2010). Client relationships and family dynamics: Competencies and services necessary for truly integrated wealth management. The Journal of Wealth Management, 13(1), 16-31.
Locke, E. A., & Latham, G. P. (1990). Work motivation and satisfaction: Light at the end of the tunnel. Psychological Science, 1(4), 240-246.
Lofland, J., Snow, D., Anderson, L., & Lofland, L. H. (2022). Analyzing Social Settings: A Guide to Qualitative Observation and Analysis. Waveland Press.
Meek, V. L., Goedegebuure, L., Santiago, R., & Carvalho, T. (Eds.). (2010). The changing dynamics of higher education middle management (Vol. 33). Springer Science & Business Media.
Moon, Y. J., & Kym, H. G. (2006). A model for the value of intellectual capital. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne des Sciences de l'Administration, 23(3), 253-269.
Osarenren-Osaghae, R. I., & Irabor, Q. O. (2018). Educational Policies and Programmes Implementations: A Case Study of Education Funding, Universal Basic Education (UBE) and Teacher Education. International Journal of Educational Administration and Policy Studies, 10(8), 91-102.
Piketty, T., & Zucman, G. (2015). Wealth and inheritance in the long run. In Handbook of Income Distribution (Vol. 2, pp. 1303-1368). Elsevier.
Stevens, M. J., & Campion, M. A. (1999). Staffing work teams: Development and validation of a selection test for teamwork settings. Journal of Management, 25(2), 207-228.
Thorne, S. (2016). Interpretive Description: Qualitative Research for Applied Practice. Routledge.
DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v12i1.39814 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Dakwah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849
Indexed By: