STANDARDISASI PELAYANAN TRANSPORTASI DAN AKOMODASI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN JAMAAH UMRAH PADA PT. TANUR MUTHMAINNAH JAKARTA BARAT

Abdul Hafiz, Muhammad Faiz Imamuddin, Rasya Ahmad Nizar

Abstract


Tahun 2022 kementrian agama (kemenag) Indonesia kembali memberangkatkan jamaah umrah di Indonesia setelah sekian lama keberangkatan umrah terhalang akibat pandemi. Pihak penyelenggara ibadah umrah seperti travel-travel pun mulai bernafas lega untuk kembali menjalankan aktivitasnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah tentang kesesuaian pelayanan transportasi pelayanan transportasi dan akomodasi pada jamaah umrah PT. Tanur Murhmainah dengan Permenag (PMA) No, 8 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah. Karena PT. Tanur Muthmainnah adalah salah satu travel yang pernah membantu menyelamatkan jamaah umrah yang terlantar, diharapkan untuk bisa menjadi contoh yang baik untuk travel lain. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik pengumpulan data dari hasil observasi dan wawancara langsung. Hasil dari analisis penelitian, penulis menjelaskan bahwa PT. Tanur Muthmainnah mempunyai pelayanan transportasi dan akomodasi yang sesuai dengan PMA No. 8 Tahun 2018. Dan hasil dari evaluasi penulis, PT. Tanur Muthmainnah mempunyai kualitas pelayanan yang sangat bagus dalam bidang transportasi dan akomodasi, bekerja sama dengan PO. Bus yang berkualitas, baik di Indonesia maupun Arab Saudi, serta hotel berbintang 4 dan 5.

Full Text:

PDF

References


Adi Isbandi Rukminto, “Intervensi Komunitas & Pengembangan Masyarakat sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat”, (Jakarta : Rajagrafindo Persada, 2008.).

Agustanico Dwi Muryadi, “Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi”, Universitas Tunas Pembangunan, (Surakarta: Jurnal Ilmiah, Januari 2017)

Ahmad Thib Raya dan Siti Musdah Mulia, “Menyelami Seluk Beluk Ibadah dalam Islam”, (Jakarta: Prenada Media, 2003).

Al-Habsi, M Baqir, “Fikih Praktis”, (Bandung: Mizan, 1999)

Andriansyah, “Manajemen Transportasi Dalam Kajian Dan Teori”, (Jakarta Pusat : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama, 2015)

Badudu,Sultan, J.S. Mohhamad Zain, “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, (Jakarta: Pustaka Sinar Harapan 2001)

Departemen Agama RI, “Bimbingan Manasik Haji”, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat dan Penyelenggaraan Haji (Jakarta, 2006)

Edi Mulyono dan Harun Abu Rofi’I, “Buku Lengkap dan Praktis Haji & Umroh”, (Yogyakarta : BENING, 2010 ).

Fandy Tjiptono, “Prinsip-prinsip Total Quality Service”, (Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2005).

Fandy Tjiptono, “Strategi Bisnis” ( Yogyakarta: ANDI, 2005).

Farida Yusuf Tayibnapis, Evaluasi Program, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000).

Firman B. Aji dan S. Martin, “Perencanaan dan Evaluasi”, (Jakarta:Aksara, 1990),.

Gito Supriyadi, "Pengantar teknik evaluasi pembelajaran." (Malang : Inti Media, 2011).

H.D. Sudjana, “Manajemen Program Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia”, (Bandung: Falah Production, 2000).

Hadari Nawawi, “Metode Penelitian Bidang Sosial”, (Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2011).

Hamid Rizal, “Buku Pintar Agama Islam”, (Jakarta: Penerbit Lembaga Pengajaran/Kajian dan Konsultasi Agama Islam, 2010).

Ismail Nurdin dan Sri Hartati, “Metodologi Penelitian Sosial”, (Surabaya : Media Sahabat Cendikia, 2019).

Iwan Gayuh, “Buku Pintar Haji dan Umrah”, (Jakarta: Pustaka Warga Negara, 1999).

Moenir, A.S, “Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia”, (Bekasi: PT.Bumi Aksara:2006).

Moh. Nafi’, “Haji Dan Umroh Sebuah Cermin Hidup”, (Jakarta: Erlangga. 2015)

Nanang Fattah. “Landasan Manajemen Pendidikan”. (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004).

Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 8 Tahun 2018, Tentang Penyelenggaaraan Perjalanan Ibadah Umrah.

Purwanggono Bambang, dkk. “Pengantar Standardisasi”, (Jakarta: Badan Standarisasi Nasional, 2009).

Ratminto dan Atik Septi Winarsih, “Manajamen Pelayanan”, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005).

Riant Nugroho, “Public policy”, (Jakarta : Elex Media Komputindo, 2009).

Sali dan Syahrum, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, (Bandung : Citra Pustaka Media, 2012).

Sugiyono, “Metode Penelitian Manajemen”, (Bandung: Alfabeta, 2014).

Suharsimi Arikunto, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2004).

Sunardi Nur, “Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal”, (Jakarta : Bumi Askar, 2011).

W. Gulo, “Metodologi Penelitian”, (Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia, 2001).

Wahyu Ilah dan M. Munir. “Manajemen Dakwah”. (Jakarta: Kencana Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2006).

Warpani. S, “Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan”, (Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2002).

Widjarnako, Arizal, “Tuntunan Praktisi Haji dan Umrah”, (Jakarta: Palinggam, 1995).

Wirawan, “Profesi Dan Standar Evaluasi”, (Jakarta:Uhamka Press, 2004).

Zurnial. Z, “Fiqh Ibadah”, (Jakarta: Lembaga Penelitian Universitas Islam Negeri, 2008).




DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v11i2.36592 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, JMD  (Jurnal Manajemen Dakwah), p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Â