OPTIMALISASI KINERJA KUA DALAM PELAYANAN BIMBINGAN MANASIK HAJI TINGKAT KECAMATAN CILEUNGSI KABUPATEN BOGOR

ahmad munawaru zaman

Abstract


ABSTRAK

 

Kantor Urusan Agama adalah instansi yang bertugas sebagai fasilitator bimbingan kepada jamaah haji menjadi salah satu wujud keberhasilan bekerja yang telah dilaksanakan oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Cileungsi terhadap calon/jamaah Haji adalah dapat terwujudnya tujuan meningkatkan kinerja pegawai dan memfasilitasi pelayanan sarana dan prasarana yang baik bagi calon/jamaah haji. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kinerja KUA dalam pelayanan bimbingan manasik haji tingkat Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor.Untuk menggambarkan proses optimalisasi kinerja KUA dalam pelayanan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan cileungsi kabupaten bogor. Dalam peelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang dipakai adalah jenis penekitian deskriptif yang mengacu pada pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setiap organisasi pasti ada kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Pelayanan di KUA kecamatan cileungsi kabupaten bogor sejauh ini sudah cukup baik, namun perlu adanya lebih ditingkatkan jumlah sumber daya manusia kinerja pegawai KUA yang khususnya pada bimbingan manasik haji sesuai dengan harapan KUA dan calon jamaah haji. Dan sangat di perlukan adanya fasilitas sarana dan prasaran agar lebih ditingkatkan kualitas yang memadai agar tidak jadi satu tempat dengan yang lainnya (KBIH). 

 

Kata Kunci:   Optimalisasi, Kinerja, dan Pelayanan  

 

                             

ABSTRACT

 

The Office of Religious Affairs is an agency tasked with being a facilitator of guidance to pilgrims. To be one of the forms of succesful work that has been carried out by the Office of  Uran Religion Cileungsi District for candidates/ congregants of hajj, is the realization of the goal of improving employee perfomance and facilitating good infrastructure service for candidates pilgrim. In writing this thesis, the writer uses qualitative research methods. The type of research used is descriptive research which refers to data collection in the form of obeservations, interview, and documetation. The purpose of this study is to determine the perfomance of KUA in the guidance service of manack Hajj has at the level of cileungsi District, Bogor Regency. The results of this study indicate that each past organizationhas advantages and disadvantages in carrying out their respective duties. The service of KUA cileungsi district, bogor regency so far has been quite good. But it is necessary to increase the number of days man sources for the perfomance of  KUA employees, especially in the guidance of the Hajj rituals. With the hope of KUA and prospective pilgrims. And it is very important for the existence of facilities and infrastructure to be further improved with adequate quality so that they do not become one place with another, for example in the Hajj guidance group. (KBIH)

 

 Keywords :  Optimization, Performance, and Service   

 


Full Text:

PDF

References


Abdullah M. Ma’ruf, Manajemen Bisnis Syari’ah, (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012)

Amir M. Taufiq, Manajemen Strategik Konsep dan Aplikasi, (Jakarata: PT. Raja Grafindo Persada, 2011) Cet ke1.

Creswell John W, 2013. Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed Edisi ketiga cetakan ke III.

Faesal Sanafiah, Dasar dan Teknik Penelitian Keilmuan Sosial (Surabaya: Graha Ilmu, 2006)

Faqih Ainur Rahmi, Bimbingan dan Konseling Dalam Islam, (Yogyakarta: UII Press 2001).

Fatoni Abdurrahman, Metododologi Penelitian dan Teknik Penyususnan Skripsi (Jakarta: Rineka Cipta, 2011).

Fauzi, Akhmad dan Hidayat, Rusdi NA, Manajemen Kinerja, ( Jawa Timur:

Airlangga University Press, 2020).

Grafindo Persada, 2012).

Hasan Alatif dan Nidjam Ahmad, Manajemen Haji, (Jakarta: Zikrul Hakim, 2003).

Husein Umar, Riset SDM Dalam Organisasi, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1997).

Jurnal ilmiah Ekonomi Bisnis Volume 24 No. 1 April 2019

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1994), h. 800

Kartono Ahmad, Msi, Manajemen Operasional Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Ciputat 2017.

Lijan dkk, Reformasi Pelayanan Publik (teori, kebijakan, dan implementasi, ( Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011).

Lijan, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2017).

Meki Pamekas, Pelayanan Prima, ( Jawa Tengah, Lakeisha, 2019). Hal, 2022

Moeheriono, pengukuran kinerja berbasis kompetensi, (Depok : PT Raja Grafindo Persada, 2012

Moenir, Manajemen Pelayanan Umum, (Perpustkaan PUPR: Bumi Askara, 2006 )

Profile Kantor Urusan Agama Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Tahun 2019.

Pusat Bahasa, Kamus Bes Rismawati, dan Mattalata, Evaluasi Kinerja Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi Kedepan, (Celebes Media Perkasa, 2021).

.

Samuel Warella .Y, dkk, (Penilaian Kinerja Sumber Daya Manusia Yayasan Kita Menulis, 2021).

Sarwono Jonathan, Metode Penelitian kuantitatif & kualitatif, (Yogyakarta:

Shadily, Kamus Inggris-Indonesia.

Siagian Sondang P, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarata: Bumi Aksara, 2003).

Sudaryono, Pengantar Manajemen (Cet. 1; Jakarta: PT. Buku Seru, 2017).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sukardi Dewa Ketut, Proses Bimbingan dan Penyuluha, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1995).

Surayin, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Bandung: Yrama Widya, 2007).

Tim Prima Pena, Kamus Bahasa Indoensia, (Gita Media Press, 2015).

Usaha Nasional 2002).

Wawancara Bapak H. Juanedi penyuluh, pembimbing Urusan Haji dan umrah di Kecamatan cileungsi 30 November 2021

Wawancara bersama Bpk. Hj. Junaedi Penyuluh, pembimbing Urusan Haji & Umroh KUA Cileungsi, tanggal 30 November 2021

Jurnal

Hery, Manajemen Kinerja, ( Jakarta: PT Grasindo, 2019) hal: 11-12. Dalam

Skripsi Ruri Nova Andrianti, Optimalisasi Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan EnggalKota BandarLampung, Tahun 2020.

Kasmir, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada, 2006). h. 34 dikutip skripsi Nadiyah Ibrahim “Manajemen Bimbingan Manasik Haji PT Gadika Medan Dalam Meningkatkan

Pelayanan Jama’ah, tahun 2019 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Mayuroh Ayu, skripsi sarjana “Optimalisasi Bimbingan dan Pelayanan Ibadah

Jamaah Haji Khusus Pada PT. Alia Indah Wisata Tahun 2014”, (Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta), hal: 97-98

Nasution S, Metode Peneltian Naturalitik Kuantitatif (Bandung: Tarsito, 1999),

Nova Ruri, Skripsi Sarjana: “Optimalisasi kinerka pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan di kantor urusan agama (KUA) kecamatan enggal kota bandar lampung” , Bandar Lampung:

Universitas Islam Neger Raden Intan Lampung, 2020)

Randupandojo Heidjrachman, Evaluasi Pekerjaan, (Yogyakarta: BPFE, 1985), hal: 32. Skripsi Ruri Nova Adrianti “optimalisasi kinerja pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan di kantor urusan agama (KUA) kecamatan enngal kota bandarlampung, tahun 2020.

Suharti, Kinerja Pegawai, h. 14. Skripsi Muh. Faisal “Peran Manajemen Dakwah Dalam Mieningkatkan Kinerja Pegawai Knator Urusan Agama Kecamatan Mare Kabupaten Bone”. Tahun 2019

Sidik Machfud, Optimalisasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dalam Rangka Maningkatkan kemampuan Keuangan Daerah, Artikel, 2001

Wildayati Resti, Dindin Solahudin, Arif Rahman, “Optimalisasi Pelayanan Haji Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah”, Jurnal Ilmiah

Winardi, Pengantar Manajemen Penjualan, (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 1996)

Sumber lain

Menakar Regulasi Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji-Kemenag https://simlitbangdiklat.kemenag.go.id/simlitbang/spdata/upload/polic y_paper/16202930415.Policy_Paper_Sertifikasi_Pembimbing_Haji_[ 2-4-2021]_.pdf diakses tanggal 24 Januari 2022

Optimalisasi Peanan Badan Pembinaan Keagamaan (BPK) Sebagai Badan Pembinaan Keagamaan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial.

http://repository.uinsuska.ac.id/4380/3/10.%20BAB%2011%281%20.pdf diakses, 03-122021

UU 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. diakses pada www.bpkb.go.ig diakses 24-03-2021




DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v11i1.34961 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, JMD  (Jurnal Manajemen Dakwah), p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Â