EFEKTIVITAS DIGITALISASI PELAYANAN PADA HIMPUNAN PENYELENGGARA UMRAH DAN HAJI (HIMPUH) DALAM MENINGKATKAN LAYANAN HAJI

Abdul Hafiz, Mohamad Rizal Ramadhoni, Leli Romdaniah

Abstract


Kemajuan dan kecanggihan dari teknologi informasi seperti sekarang ini memang sudah tidak dapat dihindari. Pelayanan dalam pelaksanaan penyelenggaraan haji dan umrah pun tidak terlepas dari peran dari kecanggihan teknologi informasi ini. Dewasa ini untuk bisa menciptakan pelayanan yang efektif dan efisien salah satunya adalah bisa dilakukan dengan pemanfaatan teknologi informasi yaitu dengan menerapkan digitalisasi pada pelayanan yang akan diberikan kepada pelanggan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas digitalisasi pelayanan di HIMPUH sudah baik dan berjalan dengan efektif, hal tersebut dapat dilihat dari 3 indikator yaitu pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi yang ketiganya telah berjalan dengan baik sehingga dalam pelaksanaannya dapat dikatakan efektif. Faktor pendukung dalam pelaksanaan dari digitalisasi pelayanan di HIMPUH diantaranya adalah fasilitas teknologi, sumber daya manusia serta revolusi industry 4.0 dan keadaan pandemi covid-19. Namun, ada juga faktor penghambatnya diantaranya adalah pengetahuan yang minim dan keadaan anggota yang masih belum sadar untuk memaksimalkan fasilitas teknologi yang ada dan jaringan internet.

Kata Kunci : Efektivitas; Digitalisasi; Pelayanan

ABSTRACT

The progress and sophistication of information technology as it is today is unavoidable. Services in the implementation of Hajj and Umrah are inseparable from the role of this sophistication of information technology. Today, to be able to create effective and efficient services, one of which can be done by utilizing information technology, namely by applying digitization to services that will be provided to customers.

The results of this study indicate that the effectiveness of digitizing services at HIMPUH is good and running effectively, it can be seen from 3 indicators, namely the achievement of goals, integration and adaptation, all three of which have gone well so that the implementation can be said to be effective. Supporting factors in the implementation of digitizing services at HIMPUH include technological facilities, human resources and the industrial revolution 4.0 and the state of the covid-19 pandemic. However, there are also inhibiting factors including minimal knowledge and the condition of members who are still not aware of maximizing existing technological facilities and internet networks.

Keywords : Effectiveness; Digitalization; Service


Full Text:

PDF

References


Batinggi, A. 2015. Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.

Brata, Adya, A. 1999. Bisnis dan Hukum Perdata. Bandung: Amirco.

Creswell, John W. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamid, Noor. 2020 Manajemen Haji dan Umrah: Mengelola Perjalanan Tamu Allah Ke Tanah Suci. Bandung: Semesta Aksara.

Lubis, Hari. S.B. dan Martani Husaini. 1987. Teori Organisasi (Suatu Pendekatan Makro). Jakarta: Pusat Antar Universitas Ilmu-ilmu Sosial Universitas Indonesia.

Ismayanti dan Annisa Nurul Aini Firdaus. 2019. Modul Pelayanan Publik Digital: Pelatihan Kepemimpinan Pengawas. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Kasmir. 2005. Etika Customer Service. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2010. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Marilyn Deegan dan Simon Taner. 2002 Digital Futures: Strategis For The Information Age. London: Library Association Publishing.

Milles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moenir. AS. 2000. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, M. N. Manajemen Mutu Terpadu, Bogor: Ghalia Indonesia.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2010. Manajemen Pelayanan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Teory dan Praktek, Jakarta: Salemba Empat.

Sari, Eliana. 2007. Pertumbuhan dan Efektivitas Organisasi: Mengelola Lingkungan Melalui Penyesuaian Struktur Organisasi. Jakarta: Jayabaya University Press.

Strees, Richard M. 2020. Efektivitas Organisasi. Jakarta, Penerbit Erlangga

Suwarto FX. 1999. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Universitas Atmajaya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumaryadi. 2005. Efektivitas Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah. Jakarta: Citra Utama.

Soedjadi FX. 1990. Organization And Methods, Penunjang Berhasilnya Proses Manajemen. Jakarta: CV. Haji Masagung.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2001. Total Quality Management, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2019. Kepuasan Pelanggan, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tim Penyusun. 2000. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Peter. F. Drucker. 1986. Bagaimana Menjadi Efektif dan Eksekutif. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Logo Sinta Ristekbrin Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch