MENAKAR KUALITAS PELAYANAN BANK SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Pada Bank Muamalat Cabang Palangka Raya)

Saeful - Mujab

Abstract


ABSTRAK

Keberadaan Bank Muamalat Indonesia (BMI) Kantor Cabang (KC) Palangka Raya merupakan wujud partisipasi dan eksistensinya dalam memberikan warna pada dunia perbankan di Kalimantan Tengah, wabil khusus menjadi pelopor perbankan berbasis syariah. Pertanyaannya kemudian adalah, bagaimana kepuasan nasabah terkait kualitas pelayanan yang dipersembahkan oleh BMI KC Palangkar Raya? Pertanyaan tersebut diajukan, karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh kualitas pelayanan bank syariah dalam hal ini BMI KC Palangka Raya terhadap kepuasan nasabah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah BMI KC Palangka Raya. Sedangkan subjeknya adalah nasabah BMI KC Palangka Raya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan BMI KC Palangka Raya sudah cukup memuaskan bagi para nasabah di satu sisi, namun di sisi lain terdapat beberapa faktor yang memberikan kepuasan para nasabah. Hal tersebut terkait jaringan ATM yang kurang banyak dan sering offline, serta jumlah kantor unit yang perlu ditambahkan.

Kata Kunci : Kualitas; kepuasan; nasabah; pelayanan

ABSTRACT

The existence of Bank Muamalat Indonesia (BMI) Palangka Raya Branch Office is a form of participation and existence in giving color to the banking world in Central Kalimantan, specifically being a pioneer in sharia-based banking. The question then is, how is customer satisfaction related to the quality of service offered by BMI KC Palangka Raya? The question was asked because this study aims to find out more about the service quality of Islamic banks in this case BMI KC Palangka Raya on customer satisfaction. The type of research used is descriptive research, with a qualitative approach. The object of this research is BMI KC Palangka Raya. While the subject is BMI KC Palangka Raya customers. The results of this study indicate that the service quality of BMI KC Palangka Raya is quite satisfactory for customers on the one hand, but on the other hand, several factors provide customer satisfaction. This is related to the lack of ATM networks and often offline, as well as the number of office units that need to be added.

Keywords : Customer; quality; satisfaction; service


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indah, Setyawati. 2009. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pasien Terhadap Words Of Mouth (Studi Pada Pasien Rawat Jalan {RS}. Bhakti Wira Tamtama Semarang).” Diponegoro.

Indonesia, Republik. 1998. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan. Indonesia.

Indonesia, Republik. 2008. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah. Indonesia.

Kotler, Phillip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15th ed. United Kingdom: Pearson Education Limited.

Lovelock, Christoper, and Lauren K. Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks Indonesia.

Moleong, L. J. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja.

Othman, Abdul Qowi, and Lynn Owen. 2001. “Adopting and Measuring Customer Service Quality (SQ) in Islamic Banks: A Case Study in Kuwait Finance House.” International Journal of Islamic Financial Service 3(1):69–83.

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1988a. “‘{SERVQUAL}: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality.’” Journal of Retailing 64(1):12–37.

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1988b. “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality.” Retailing 1(64):12–40.

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1994. “Reassessment of Expectations as a Comparison Standard in Measuring Service Quality: Implications for Further Research.” Journal of Marketing 58(1):111.

Ratminto. 2005. Manajemen Pelayanan, Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter Dan Standar Pelayanan Minimal. Cet. 1. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Ratnasari, Ririn Tri, and Mastuti Aksa. 2011. Teori Dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Cet. 1. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suprapto. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka cipta.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran Edisi Pertama. Yogyakarya: Andi Offset.

Umam, Khotibul. 2011. Legislasi Fikih Ekonomi Dan Penerapannya Dalam Produk Perbankan Syariah Di Indonesia. Yogyakarya: BPFE.

Wedarini, Ni. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Telkom Flexi.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 2(5):243526.




DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v10i2.28358 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Logo Sinta Ristekbrin Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch