SISTEM PELAYANAN KESEHATAN POLIKLINIK MASJID AL-FALAH SURABAYA
Abstract
Penelitian ini membahas sistem pelayanan kesehatan yang ada di Poliklinik Masjid Al-Falah Surabaya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pelayanan kesehatan yang ada di Poliklinik Masjid Al-Falah Surabaya serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa sistem pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Poliklinik Masjid Al-Falah Surabaya kepada masyarakat dan jama’ah secara keseluruhan sudah baik. Faktor-faktor yang mendukung yaitu adanya dokter-dokter spesialis, peralatan medis yang cukup lengkap, serta tersedianya obat-obatan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ruang antrian yang kurang luas.
Kata Kunci: Sistem; Pelayanan; dan Kesehatan.
Abstract
The goal of this study is to find out how the health-care system in the polyiclinic of the al-falah mosque there is surabaya and its supporting factors and constrainting. The study employs descriptive qualitative methods. From the study, it was concluded that the health care system given by the polyiclinic of the Al-Falah Mosque Surabaya to the community and the jama 'ah overall was good. Supportive factors include doctors, adequate medical equipment, and medical supplies. The retard factor was a small queue.
Key Words: Sistem; Services; and Health.
References
Al-Faruq, Abdullah. (2010). Mengelola & Memakmurkan Masjid. Solo: Pustaka Arafah.
Ayub, Mohammad E. (2007). Manajemen Masjid. Depok: Gema Insani.
Batle-Fisher, Michele. (2015). Penerapan dari Pemikiran Sistem untuk Kebijakan Kesehatan & Etika Kesehatan Masyarakat. Switzerland: Springer Internation.
Indrawan, Rully & R. Poppy Yaniawati. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.
Jeperson, Hutahean. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
Kurniawan, Syamsul. (2014). Masjid Dalam Lintasan Sejarah Umat Islam. IV, (2).
Lasiari, Hardrianti H.D., Era Pratiwi., & Rini Aryani Yamin. (2020). Sistem Rujukan Online di Puskesmas. Ponorogo: Myria Publisher.
M. Amirin, Tatang. (1992). Pokok-Pokok Teori Sistem. Jakarta: Rajawali Pers.
Merry Martha Mahayu Prana. (2013). Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. I, (1).
Moleong, Lexy J. (2010). Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Priyanti, Dwi & Siska Iriani. (2013). Indonesian Journal on Networking and Security. II, (4).
Rahmat Hidayatullah. (2016). Jurnal Administrasi Negara. IV, (4).
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v10i1.27934 Abstract - 0 PDF - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Dakwah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849
Indexed By: