PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET UMROH VIP PADA PT. AL AMIN UNIVERSAL TOURS, JAKARTA SELATAN
Abstract
Biro travel Umroh telah meramaikan bisnis umroh di Indonesia dan maraknya biro travel secara kuantitatif telah mendorong kompetisi pasar yang terbuka bebas. Dengan adanya persaingan tersebut maka diperlukan strategi pemasaran yang tertata dan kompeten untuk menjaring dan menarik minat jamaah umroh.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian paket umroh VIP pada PT. Al Amin Universal Tours, Jakarta Selatan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran dan Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian paket umroh VIP pada PT. Al Amin Universal Tours, Jakarta Selatan.
Penelitian ini kuantitatif dengan metode deskriptif. Dengan populasi jamaah pada periode Oktober 2018 – Juni 2019. Sampling yang didapat sebanyak 70 jamaah dilakukan kembali menggunakan sampling purposive sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Uji yang digunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil uji t diperoleh Sig F 0,000 < 0,05 berarti bahwa variabel bauran pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian paket umroh VIP. Dapat diketahui besar pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian paket umroh VIP sebesar 68.17%.
Kata kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan pembelian Paket Umroh VIP
References
Amstrong, dan Kotler. 2012. “Prinsip-Prinsip Pemasaran edisi 13 Jilid 1”. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineke Cipta.
Bambang Prasetyo dan Lina Miftahuljannah. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bungin, Burhan. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Chintya Neyfa, Bella. 2016. “Perancangan Aplikasi E Canteen Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analysis & Design (OOAD)”, Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol.
No.1, Juni 2016
Demartha Hayu, Ismi Darmastuti. 2013. “Perilaku Konsumen Untuk Mengakses Suaramerdeka.com” Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, Vol. 10, No. 2, Juli, Tahun 2013.
Gayuh, Iwan. 1999. “Buku Pintar Haji dan Umroh”. Jakarta: Pustaka Warga Negara.
Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim, dalam Kitab Shohih Muslim.
Hurriyati, Ratih. 2015. “Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen”. Bandung: CV. Alfabeta.
Imam Ghozali. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jennifer Adji dan Hatane Semuel. 2014. “Pengaruh Satisfaction Dan Trust Terhdap Keputusan pembelian Konsumen (Purchase Intention) Di Starbucks The Square Surabaya”, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol 2, No.1, 2014
Journal of Accounting & Management Innovation, Vol.2 No.2, July 2018.
Kementerian Agama RI. 2020. “Tuntunan Manasik Haji dan Umroh”. Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. “Manajemen Pemasaran”. Jakarta: Index.
Kotler, Philip. 1996. “Manajemen Pemasaran: Analisa Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian”. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2004. “Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol, Edisi Sebelas. Alih Bahasa, Hendra Teguh”. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. “Manajemen Pemasaran Jasa”. Jakarta: Salemba Empat.
Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Press.
Bayu, Muhammad. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Umroh Di PT.XYZ
DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v10i1.27796 Abstract - 0 PDF - 0 PDF - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Dakwah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849
Indexed By: