Metode Fundraising Dalam Meningkatkan Dana Zakat Infaq Sedekah (ZIS) Pada Kantor Layanan Lazismu Baitul Maal Khairu Ummah
Abstract
A good method will certainly produce very good achievements. A good
fundraising method will result in the maximum collection of zakat funds.
Therefore, the author conducted a study entitled Fundraising method in
increasing zakat funds at the Muhammadiyah Amil Zakat infaq and alms
institution (KL LAZISMU Baitul Maal Khoiru Ummah). The purpose of this
study is to find out the method applied by KL LAZISMU Baitul Maal Khairu
Ummah and to find out the results of ZIS funds at KL LAZISMU Baitul Maal
Khairu Ummah. The research method is carried out by means of descriptive
qualitative research methods where the data used are secondary and primary
data, with a data collection technique of interviews, observations, and
documentation. Then the data analysis uses descriptive analysis so that the
researchers describe the fundraising of ZIS funds in KL Lazismu Baitul maal
Khoiru Ummah. The results of the research that were carried out showed that
the fundraising method carried out by the KL Lazismu Baitul Maal Khoiru
Ummah institution was direct fundraising and indirect fundraising so that the
institution always experienced an increase in zakat funds obtained from
muzaki/donors.
Metode yang baik tentunya akan menghasilkan pencapaian yang sangat
baik. Metode fundraising yang baik maka akan menghasilkan pemghimpunan
dana zakat dengan maksimal. Maka dari itu penulis melakukan penelitian
dengan judul Metode fundraising dalam meningkatkan dana zakat pada
Lembaga Amil Zakat infak dan sedekah Muhammadiyah (KL LAZISMU
Baitul Maal Khoiru Ummah). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
Mengetahui metode yang di terapkan oleh KL LAZISMU Baitul Maal Khairu
Ummah dan untuk mengetahui hasil dana ZIS pada KL LAZISMU Baitul Maal
Khairu Ummah. Metode penelitian yang dilakukan dengan cara metode
penelitian kualitatif deskriptif dimana data yang di gunakan yaitu sebuah data
sekunder dan primer, dengan sebuah teknik pengumpulan data wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan analisis
deksriptif sehingga peneliti mendeskripsikan fundraising dana ZIS di KL
Lazismu Baitul maal Khoiru Ummah. Hasil penelitian yang di lakukan
bahwasannya metode fundraising yang di lakukan lembaga KL Lazismu
Baitul Maal Khoiru Ummah adalah direct fundraising dan indirect
fundraising sehingga lembaga selalu mengalami peningkatan dalam dana
zakat yang di dapat dari muzaki/donatur.
References
Yusuf Qardhawi, (2013). Shadqah Cara Islam Mengatasi Kemiskinan,
(Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)
Fakhrudin , (2008). Fikih dan Manajemen Zakat di Indonesia,
(Yogyakarta: UIN Malang Press)
Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2011, Pengelolaan Zakat BAB II
Pasal 5 dan Pasal 17
Didin Hafidudin, (2009). Agar Harta Berkah dan Bertambah, (Jakarta:
Gema Insani)
Atik Abidah, “Analisis Strategi fundraising terhadap Peningkatan
Pengelolaan Zis pada Lembaga Amil Zakat Kabupaten Ponorogo”, Jurnal
Ekonomi Islam, Vol. 10, No. 1, Tahun 2016
Lexy Maleong, (2000). Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT.
Remaja Rosda Karya)
Mardalim, (2002), Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal,
(Jakarta: Bumi Aksar)
Rulam, Ahmad, (2014). Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: ArRuzz Media)
Hamidi. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan
Proposal dan Laporan Penelitian. (Malang: UMM Press. 2004)
Sugiyono. (2009) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
(Bandung: Alfabeta)
M. Burhan Bungin. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif, (Jakarta:
kencana Prenada Media Group)
Husaini Husman, (2010). Metode Penelitian untuk Public Relation,
(Bandung: Simbiosa Rekatama Media)
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta)
H. Muzayyin Arifin, (1987). Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Buna
Aksara)
Peter Salim, et-al, (1991). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer,(
Jakarta: Modern English)
Ramayulis, (2001). Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Jakarta:
Kalam Mulya.)
Purwadarminta, dalam Buku Sudjana S. (2010). Metode dan Tehnik
Pembelajaran Partisipatif, (Bandung: Falah Prodution)
Ahmad Tafsir, (1996). Metodologi pengajaran Agama Islam, (Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya)
Zulkifli, (2011). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Pekanbaru:
Zanafa Publising.
Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam Departremen Agama Republik
Indonesia, (2009). Manajemen Pengelolaan Zakat.
Juwaini Ahmad, (2005) Panduan Direct Mail Untuk fundraising ,
(Depok: Piramedia)
Setyarso Iqbal. (2008). Manajemen Zakat Bebasis korporat dan
Lembaga Pengelola Zakat Pulau, (Jakarta: Khairul Bayan)
M. Anwar Seni, (2010). Jurus Menghimpun Pulus dan Manajemen
Berbasis Masjid, (Jakarta: PT. Gamedia Pustaka Utama)
Tomas, Joseph. (2011). APPS The spirit of Digital Marketing 3.0,
(Jakarta: PT. Elex Media Komputindo)
DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v1i1.24031 Abstract - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muslihin Muslihin, Ahmad Munawaruzaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849
Indexed By: