Penggunaan Pembiayaan Gadai Emas Syariah Pada Nasabah Bsm Bangkalan Madura

Desi Noe Komala, Khaeron Sirin

Abstract


This article discusses the motives and customer satisfaction in the use of Islamic gold pawning financing products at BSM Bangkalan Madura. This research was conducted through a descriptive qualitative method. The concept used in this study is an approach to the culture of Bangkalan people who have a penchant for collecting gold so that from the craze there is a high interest in the gold pawning in Bangkalan. The results of the study show that the motivation of customers to mortgage gold in BSM Bangkalan varies greatly but has one goal which is to meet economic needs, economic needs in question are needs that are productive or consumptive. While the factors that influence customer satisfaction include: in terms of product, price, service or company location. These four factors will make customers feel satisfied with the use of BSM Bangkalan sharia gold pawn.

 

Artikel ini membahas tentang motif dan kepuasan konsumen dalam penggunaan produk pembiayaan gadai emas syariah di BSM Bangkalan Madura. Penelitian ini dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan budaya masyarakat Bangkalan yang memiliki kegemaran mengoleksi emas sehingga dari kegemaran tersebut muncul minat yang tinggi terhadap gadai emas di Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi nasabah untuk menggadaikan emas di BSM Bangkalan sangat bervariasi namun mempunyai satu tujuan yaitu untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, kebutuhan ekonomi yang dimaksud adalah kebutuhan yang bersifat produktif atau konsumtif. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen antara lain: dari segi produk, harga, pelayanan atau lokasi perusahaan. Keempat faktor tersebut akan membuat nasabah merasa puas dengan penggunaan gadai emas syariah BSM Bangkalan. Kata kunci: Gunakan; Pembiayaan Gadai Emas Syariah; Nasabah Gadai BSM Bangkalan


Full Text:

PDF

References


Bank Mandiri Syariah, Memperkuat Daya Saing Bank Syariah Mandiri,https://www.syariahmandiri.co.id diakses pada 16 November 2019 Cermat.com, Tentang Emas dan Manfaat Dari Berbagai Sektor https://cermati.com diakses pada 4 mei 2020

Ekonomikeadilan, “Kajian Fiqh Muamalah Tentang Gadai Emas Syariah” http://ekonomikeadilan.wordpress.com/2011/08/05/kajian-fiqhmuamalahtentang- gadai-emas-syariah diakses pada 20 November 2019

https://jatim.bps.go.id/4dm!n/pdf_publikasi/Provinsi-Jawa-Timur-DalamAngka-2016--.pdf.diakses pada 24 November 2019

https://www.mandirisyariah.co.id/assets/pdf/sustainability-report/SR-BSM2015.pdf diakses pada 27 April 2020

https://www.syariahbank.com/profil-dan-produk-bank-mandiri-syariah diakses pada 27 April 2020

Hukum.unsrat.ac.id, “UU No.10 Thn 1998 Perubahan Atas UU No.7 Thn 1992 Tentang Perbankan” http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_10_98.htm




DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v8i1.19930 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Desi Noe Komala, Khaeron Sirin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Logo Sinta Ristekbrin Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch