STRATEGI PENGEMBANGAN MUZAKI MELALUI MEDIA DIGITAL UNTUK OPTIMALISASI PENGHIMPUNAN ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT MASJID RAYA BINTARO JAYA

Mohamad Wildan Firdaus, Asep Usman Ismail

Abstract


Transformasi era digital di Indonesia telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam mekanisme pembayaran zakat yang kini semakin banyak dilakukan melalui platform digital yang lebih efisien dan praktis. Sejalan dengan perkembangan ini, lembaga pengelola zakat dituntut untuk mengadopsi teknologi digital guna memaksimalkan penghimpunan dana zakat serta memperluas keterjangkauan layanan bagi para muzaki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi digital yang diterapkan oleh Lembaga Amil Zakat Masjid Raya Bintaro Jaya (LAZ MRBJ) dalam mengelola penghimpunan dana zakat, serta mengidentifikasi upaya optimalisasi peran muzaki agar keterlibatan mereka semakin meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Data primer dan sekunder dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, serta studi dokumentasi. Untuk memastikan keakuratan hasil, data dianalisis menggunakan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Selain itu, teknik triangulasi diterapkan guna meningkatkan validitas serta keandalan temuan yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan komunikasi digital di LAZ MRBJ mencakup empat aspek utama, yaitu penelitian awal, perencanaan strategi, implementasi program, serta evaluasi. Di samping itu, optimalisasi peran muzaki dilakukan melalui serangkaian strategi pemberdayaan, seperti perencanaan yang sistematis, program sosial yang relevan, serta edukasi yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya zakat. Pendekatan ini terbukti mampu meningkatkan keterlibatan muzaki serta memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan zakat melalui platform digital yang dikelola oleh LAZ MRBJ.

Keywords


Muzaki, Media Digital, Lembaga Amil Zakat, Strategi Penghimpunan Dana

References


Ahsan, A. (2009). Laporan Hasil Penelitian Mustahik, Muzaki dan Potensi Pemberdayaan Indonesia. Depok: Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Tidak Diterbitkan.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat , 2024. Presentase Penduduk Miskin Tahun 2024. Jakarta Pusat : Badan Pusat Statistik

BAZNAS, P. K. (2024). Outlook Zakat Indonesia. Jakarta: Puskas BAZNAS.

Darajat, Deden Mauli & Cinta Rahmi. Public Communication Strategy Of Baznas Bazis Dki Jakarta On Instagram @Baznasbazisdkijakarta. Jurnal Kommunity Online, 4 (2), 2023, 213-226. doi: 10.15408/jko.v4i2.35216

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Rahmatul, R. I. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF(Husnu Abadi (ed.)). CV. Pustaka Ilmu.

Halia Dinan, Uga. Strategi Pemberdayaan Rumah Zakat Dalam Mengentaskan Kemiskinan Melalui Program Senyum Mandiri Di Desa Mekarjaya, Kabupaten Pandeglang. Jurnal

Kommunity Online, 3 (2), 2022, 177-186. doi: 10.15408/jko.v3i2.30989

Hasanudin, “Strategi Fundraising Zakat dan Wakaf”, Jurnal Manajemen Dakwah, 1, 1 (2013), 11

Herman, H. (2017). Strategi komunikasi pengelolaan zakat, infak, dan sedekah (zis) melalui media sosial. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 171-190.

Hidayat, Y. (2008). Zakat Profesi Solusi Mengentaskan Kemiskinan Umat. Bandung: Mulia Press.

J Ife. (1995), Community Development: Creating Community Alternatives, Vision Analysis and Practice. Australia: Longman

Mulyono, S. H., Ayuniyyah, Q., & Ibdalsyah, I. (2022). Strategi Digital Fundraising Dalam Penghimpunan Dana Zakat: Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Global Zakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 67-79.

Murdiyanto, D. E. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal) (I). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta.

Nasrul, E. (2022). Digitalisasi Tingkatkan Penghimpunan Zakat. Rupublika.Id. https://republika.id/posts/27500/digitalisasi- tingkatkan-penghimpunan-zakat

Nasrullah, D. R. (2021). Manajemen Komunikasi Digital Perencanaan, Aktivitas dan Evaluasi. Kencana Prenada Media Group.

Nuruddin, M. A. (2006). Zakat Sebagai Instrumen Dalam Kebijakan Fiskal. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Prastyo, D., & Rachmawati, I. D. (2023). Digitalisasi Sebagai Strategi Penghimpunan Dana Zakat, Infaq, Shadaqoh (ZIS) Pada Masa Pandemi COVID-19 Oleh Lazismu Jawa Timur. Indonesian Journal of Innovation Studies.

Rakhmawati, Y. (2019). Studi Media Filantropi Online: Pergeseran AltruismeTradisional-Karitas menuju Filantropi Integratif. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(2).

Rakhmawati, Y. (2019). Studi Media Filantropi Online: Pergeseran AltruismeTradisional-Karitas menuju Filantropi Integratif. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(2).

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S. Pd. Alfabeta, Cv.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Waranggani Swastika, A. (2022). F5 Prediksi 4 Teknologi yang Akan Bawa Perubahan Ekonomi Digital Tahun 2022. Cloud Computing Indonesia. https://www.cloudcomputing.id/berita/f5-prediksi-5- teknologi-perubahan-2022

Wulandari, T., & Khotijah, S. A. (2022). Peningkatan Penerimaan ZIS Melalui Platform Digital Sebagai Pendukung Upaya Pemulihan Ekonomi Umat Di Tengan Pandemi Covid-19. Bilancia, 36.

Zetira, A., Fatwa. N. 2021. Optimalisasi Penghimpunan Zakat Digital Di Masa Pandemi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 228-237

Zubaedi. (2013). Pengembangan Masyarakat Wacana dan Praktek. Kencana.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jko.v6i1.44785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.