PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA SIUHOM KECAMATAN ANGKOLA BARAT, KABUPATEN TAPANULI SELATAN, KOTA PADANGSIDIMPUAN

Darwisa Sihombing, Anas Habibi Ritonga, Masrul Efendi Umar Harahap, Nurharisyah Hasibuan

Abstract


LPMD, sebagai mitra pemerintah desa, berperan dalam mendukung pembangunan desa yang melibatkan partisipasi masyarakat, menyuarakan aspirasi masyarakat, dan menjembatani kesenjangan antara masyarakat dan kepala desa. Namun, terdapat beberapa masalah seperti kurangnya pemahaman masyarakat mengenai fungsi LPMD, rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam kegiatan bersama, serta kurangnya upaya untuk menyatukan persepsi di antara berbagai pemangku kepentingan, yang mengakibatkan adanya kesan pembangunan yang berpihak pada satu pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi LPMD di Desa Siuhom dan perannya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan 12 informan sebagai subjek penelitian. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa LPMD di Desa Siuhom telah secara efektif memenuhi perannya dalam mendukung upaya pemerintah desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini tercermin dari berbagai peran yang dilakukan, seperti mengusulkan pengembangan dan renovasi fasilitas pendidikan, meningkatkan produktivitas pertanian, membangun infrastruktur jalan, menyarankan pelatihan untuk kader posyandu, serta membentuk kelompok ternak dan memberikan pelatihan tentang produksi pupuk organik dan pupuk kandang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

 


Keywords


Kesejahteraan Masyarakat, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Peran

References


Candika, T. A., & Herdiana, D. (2020). Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Sanitasi Lingkungan Cisomang Barat. 5(April), 209–230.

Cici Nurbaeti, O., Ichsana Nur, M., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2022). Peranan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (Lpm) Dalam Pembangunan Di Desa Sukahayu Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2). http://stp-mataram.e-journal.id/JIH

Dakwah, J., Sosial, P., Vol, K., Syaikh, S., Siddik, A., Belitung, B., Pemerintah, O. P., Masyarakat, P., Tawaran, S., & Kemiskinan, M. (2017). Optimalisasi Peran Pemerintah dalam Pemberdayaan Masyarakat: Sebuah Tawaran dalam Mengentaskan Kemiskinan. 8(1), 107–125.

Hendry Rumengan. (2023). Peranan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan di Desa Binalang. Jurnal Hukum Dan Sosial Politik, 1, 1.

Kusnadi Hendri, I. (2017). Implementasi Kebijakan Corporate Social Responsibility dalam kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang. JIA Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UNSUB, 19, 1–17. https://core.ac.uk/download/pdf/275909705.pdf

Lamongan, D. I. K. (2016). Abid Muhtarom. I(3), 181–204.

Mursalim, S. W., Andhita, C., Kirana, D., Shafrudin, R., Ardian, B. P., & Lestari, S. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMBENTUKAN. 4(2), 56–63.

Nasution, R., & Harahap, M. N. (2023). Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Partisipasi Masyarakat , Desa Cilamaya Kelurahan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang Tahun 2023. 7, 195–201.

Nindatu, P. I. (2019). Komunikasi Pembangunan Melalui Pemberdayaan Masyarakat untuk Pengentasan kemiskinan. Jurnal Persekptif Komunikatif, 3(2), 91–103.

Utama, B., Hendrik, H., Sudrajat, U., & Pratiwi, I. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Adat untuk Pelestarian dan Pewarisan Nilai- Nilai Budaya (Asesmen Program Revitalisasi Desa Adat).

Widani, N. M., & Bali, P. (2022). PEMBERDAYAAN SENTRA PRODUK LOKAL DALAM. 8(2), 324–329.

Book

Albi Anggito & Johan Setiawan. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Cerakan 1. CV Jejak.

Ginandjar Kartasasmitha. (1996). Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. PT Pusaka Cisendo.

Ife, J., & Tesoriero, F. (2008). Community development: Alternatif pengembangan masyarakat di era globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 265.

Laksono, B. A., & Rohmah, N. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI LEMBAGA SOSIAL DAN. 05, 1–11.

Soerjono Soekanto. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Pers.

Wawancara

Amantua Simamora, Wawancara dengan kepala Desa Siuhom, Kamis, 04 April 2024.

Dina, Wawancara dengan masyarakat Desa Siuhom, Minggu, 07 April 2024.

Saminah, Wawancara dengan masyarakat Desa Siuhom, Minggu, 11 April 2024.

Sumarni, Wawancara dengan masyarakat Desa Siuhom, Minggu, 07 April 2024.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jko.v5i1.39307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.