FAKTOR PENGGUNAAN NARKOTIKA DAN MIRAS DALAM KOMUNITAS VESPA GEMBEL DI DEMAK

Nurul Ilmiah, Novie Purnia Putri, Muhammad Furqan

Abstract


Penggunaan narkotika dan miras sudah menjadi hal biasa yang sering didengar dan menjadi ancaman menakutkan di tengah masyarakat. Pengguna narkotika dan miras berasal dari berbagai kalangan bahkan pada komunitas Vespa Gembel sekalipun. Komunitas Vespa Gembel kini sering disalah fungsikan, salah satunya sebagai ajang pesta narkotika dan miras. Fenomena tersebut juga terjadi dalam komunitas Vespa Gembel di Demak. Penelitian ini bertujuan mengkaji faktor pendorong dari penggunaan narkotika dan miras dalam komunitas Vespa Gembel di Demak, dan mengkaji terkait stigma masyarakat terhadap fenomena patologis penggunaan narkotika dan miras dalam komunitas Vespa Gembel di Demak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan sumber data primer dan sekunder, dengan teknik observasi dan wawancara. Kemudian dianalisis dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Serta menggunakan purpose sampling sebagai teknik pemilihan informan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor penggunaan narkotika dan miras dalam komunitas Vespa Gembel di Demak yaitu : faktor internal, dikarenakan rasa ingin tau atau coba-coba dan kecanduan. Sedangkan Faktor eksternal, dikarenakan pergaulan dan tidak adanya norma. Kemudian, stigma masyarakat pada pengguna narkotika dan miras berbentuk labeling, pengucilan dan diskriminasi pada pengguna narkotika dan miras dalam komunitas Vespa Gembel di Demak. Untuk minimalkan terjadinya penggunaan narkotika dan miras dalam komunitas, diharap para anggota komunitas Vespa Gembel di Demak mampu menciptakan gaya hidup baik dan membangun identitas baik, dengan meniadakan kegiatan yang berindikasi pada penggunaan narkotika dan miras dalam komunitas.


Keywords


Komunitas, Miras, Narkotika, Vespa Gembel.

References


Akers. Ronald L., and Christine S. Sellees. (2011). Social Learning Theory. In The Oxford Handbook of Juvenelie Teen. New York: Free Press.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Evering. Goffman. (1968). Stigma: Notes On the Management Of Spoiled Identity. Harmondosworth: Penguin.

Frelians, Pricilla Pascadeany & Perbawaningsih, Yudi. 2022. Media Sosial Ruang Dayak dalam Mereduksi Stigma Kebudayaan Dayak. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 18 No. 2: 181-193.

Goode, E. (1999). Drug In American Society. New York: McGraw-Hill College.

Herindrasti, Sinta. 2013. Drug Free ASEAN 2025: Tantangan Indonesia dalam Penanggulangan Narkoba. Jurnal Hubungan Internasional, Vol. 7, No. 1.

Herman. 2018. Indonesia Miliki Komunitas Vespa Terbesar di Dunia, diakses pada 3 November 2022, pukul 22.55 dari https://www.beritasatu.com/otomotif/510319/indonesia-miliki-komunitas-Vespa- terbesar-kedua-di-dunia

Ismail, Saifullah. 2014. Komunitas Vespa di Kota Makassar (Studi tentang Gaya Hidup). Skripsi. Makassar: Universitas Hasannudin.

Kurniasih, Nia & Satori, Akhmad. 2013. Politik Identitas Komunitas Vespa Gembel di Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan, Vol. 1 No. 3: 373-382

Maul, Lia Khikmatul; Yuniastuti, Ari. 2017. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penyalahgunaan dan Adiksi Alkohol pada Remaja di Kabupaten Pati. Public Health Perspective Journal, Vol. 2, No. 2.

Maros, Fadlun Elitear-Julian, dan Ardi Tambunan-Ernawati Koto. 2016. "PenelitianLapangan (Field Research)."

Miller, Mitchel J. And Milker, Holly Ventura. (2014). “Sociological Criminology and Drug Use: A Review of Leading Theories.” In the Nuture Vesus Biosocial Debate in Criminology: On the Origins of Criminal Behavior and Criminality.

Muhammad Shaleh, A. 2019. Komunitas Vespa Modern: Kajian Terhadap Pembentukan Identitas dan Gaya Hidup. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Rahman, Abdul Agus. (2013). Psikologi Sosial. Jakarta: Gafindo Persada.

Riko. 2022. Diduga Keracunan Miras 2 Anggota Komunitas Vespa Gembel Tewas di Deli Serdang, diakses pada 3 November 2022 pukul 23.05 dari https://www.news24xx.com/2022/04/21/diduga-keracunan-miras-2-anggota- komunitas-Vespa-Gembel-tewas-di-deli-serdang/.

Rori, Peggy Lusita Patria. 2015. Pengaruh Penggunaan Minuman Keras Pada Kehidupan Remaja di Desa Kali Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. Jurnal Holistik, Vol. VIII No. 16: 1-2.

Saifullah, I. 2014. Komunitas Vespa di Kota Makassar (Studi Tentang Gaya Hidup). Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Susilo, M. 2018. Konstruksi Identitas Anggota Vespa Ekstreme/ Gembel. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Utomo, Lukman Prasetyo. 2017. Penyalahgunaan NAPZA di Indonesia (Pendekatan Kajian Keislaman dan Perspektif Pekerjaan Sosial). Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, Vol. 9 No. 2.

Vandenbos, G. R. (ed.). 2007. APA Dictionary of Paychology. Washington DC: American Psychological Association.

Walsh, D. (2004). Why Do They Act That Way? A Survival Guide To The Adolescent Brain For You and You’re Teen. New York: Free Press.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jko.v5i1.38978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.