KOMUNIKASI ORGANISASI BALADEKA RADIO DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DAN PELUANG PERUBAHAN MASYARAKAT DI ERA DIGITAL

Elma Diah Agustin, Musfiah Saidah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang strategi transformasi komunikasi organisasi yang diadopsi oleh Baladeka Radio dalam menghadapi tantangan perubahan masyarakat dan peluang di era digital. Penelitian ini menggunakan metode fenomonologi dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara mendalam, kaijan studi dan dokumentasi.  Penelitian ini dikaji menggunakan teori informasi organisasi dari Karl Weick untuk menjelaskan proses masuknya informasi, serta cara organisasi Baladeka untuk mengurangi ketidakpastian informasi. Proses informasi juga dijelaskan dari dua pihak yaitu internal dan eksternal, dianalisis pada tahap penentuan, seleksi dan penyimpanan. Dalam penelitian ini juga dijelaskan strategi yang dilakukan radio Baladeka dalam menghadapi perubahan prilaku dan preferensi masyarakat di era digital.

Berdasarkan hasil temuan dan analisis, anggota organisasi Baladeka menggunakan informasi yang telah diproses untuk mengembangkan Radio Baladeka dan untuk memenuhi tujuan organisasi. Dalam menghadapi tantangan di era digital, Radio Baladeka mengadopsi siaran radio digital dan memasukkan radionya ke platform noise. Baladeka juga memanfaatkan situasi ini untuk lebih menjangkau banyak orang. Sebagai radio daerah, Baladeka tetap mempertahankan kearifan lokal program hiburan ngedoblang yang diminati oleh masyarakat Bekasi.


Keywords


Komunikasi Organisasi; Radio; Masyarakat di era digital.

References


Ahmadi, Rulam. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz media, 2016.

Goldhaber, Gerald M. 1993. Organizational Communication. 6th ed. New York: The McGraw Hill Co.

Hakki, Nurhakki, and Ahmad Sultra Rustan. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Hardjana, Andre. 2016. Komunikasi Organisasi Strategi Dan Kompetisi. Jakarta: Kompas.

Harumike, Yefi Dyan Nofa, Endah Siswati, and Fera Tara Batari. “Manajemen Program Siaran Suara Persada, Radio Persada FM Dalam Mempertahankan Eksistensi Di Era Digitalisasi Management.” Jurnal Translitera 10, no. 1 (2021). https://journals.ekb.eg/article_243701_6d52e3f13ad637c3028353d08aac9c57.pdf.

Hayati, Kumala, and Camelia Ariestanty. 2023. “Konstruksi Pendengar Radio Pada Masyarakat Indonesia ( Studi Kasus Pada Aplikasi Noice )” 6 (1): 9–18.

LittleJohn, Stephen W., and Karen A. Foss. 2009. Encyclopedia Of Communication Theory. California: SAGE.

Morissan. 2009. Teori Komunikasi Organisasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

———. 2020. Komunikasi Organisasi. Jakarta Timur: Prenadamedia Group.

Nurdin, Ali. 2014. “Akar Komunikasi Dalam Al-Qur’an.” Jurnal Kajian Komunikasi 2 (1): 12–26. https://doi.org/10.24198/jkk.vol2n1.2.

Rahmadini, Mutia, Ahmad Muhaimin, and Hanbali. “Pola Komunikasi Organisasi Dalam Pengembangan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.” Jurnal Studi Sosial dan Politik 2, no. 2 (2018): 96–108.

Romli, Asep Syamsul M. 2017. Manajemen Program & Teknik Produksi Siaran Radio. Bandung: Nuansa Cendekia.

Siti Roskiana dan Ikfan Haris. 2020. -Komunikasi Dalam Organisasi Teori Dan Aplikasi. Vol. i–viii.

Subandi, Ahmad, Edwin Syarip, Erry Nugroho Himawan, Evin Sofianti, and Widyatmanto Setyawan. “Mempelajari Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Efektivitas Kepemimpinan Di Perusahaan XYZ.” Jurnal Ilmiah Pascasarjana 2 (2022). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/diversity%0AMempelajari.

Suranto. 2018. Komunikasi Organisasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulfa, Eka Maria. 2016. “Strategi Radio Untuk Membangun Masyarakat Berjaringan Studi Kasus Penggunaan Sosial Media Di Suara Surabaya Media.” Jurnal Pekommas 1 (2): 207–20.

Ulfah, Maria, and Ahmad Kausari. 2022. “Konsep Metode Amtsal Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran.” El-Buhuth 4 (2): 215–24.

Valiant, Velantin. 2018. “Strategi Manajemen Radio Sebagai Penyedia Konten Lokal Media Penyiaran ( Studi Kasus Pada Radio Gen 98,7 FM).”

West, Richard, and Lynn H. Turner. 2010. Introducing Communication Theory: Analisis And Aplication. 4th ed. New York: McGraw-Hill.

Wibowo, Nyuherno Aris, M Zainul Abidin, Richie Dwi Firmansyah, Rossitya Dwi Setyawardani, Adelia Rahma, Dosen Sekolah Tinggi, Ilmu Ekonomi, et al. “Manajemen Sarana Prasarana Kantor Guna Menunjang Kinerja

Wuryanta, AG. Eka Wenats. 2004. “Digitalisasi Masyarakat : Menilik Kekuatan Dan Kelemahan Dinamika Era Informasi Digital Dan Masyarakat Informasi.” Jurnal Ilmu Komunikasi 1: 131–42.

Website:

https://www.kompasiana.com/alvinnoorreza6954/5d893b640d8230350e13f4c2/masih-sanggupkah-radio-siaran-bertahan-di-indonesia

https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Daftar_stasiun_radio_di_Jawa_Barat

https://radioindonesia.co.id/news-detail/jumlah-pendengar-radio-mengalami-peningkatan

https://baladekanews.com/profil/


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jko.v4i2.35214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.