PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MISKIN KAMPUNG ZAKAT MELALUI BUDI DAYA LELE DI KELURAHAN SUMURBATU KOTA BEKASI

Subandi Subandi, Asep Usman Ismail

Abstract


Kampung Zakat adalah proses memberdayakan dan membina masyarakat berpenghasilan rendah yang basisnya pada dana zakat, infak, dan sedekah yang diperoleh melalui muzaki. Kemudian, dikelola Badan Amil Zakat (BAZ) dan disalurkan kepada mustahik dengan produk zakat produktif berupa budi daya lele. Kemiskinan salah satu masalah sosial penting yang dihadapi oleh pemerintah dan harus segera diatasi. Zakat adalah satu di antara rukun Islam yang berpeluang jadi solusi guna menciptakan masyarakat yang mandiri apabila dikelola dengan baik dan tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini peneliti menggambarkan suatu keadaan dengan apa adanya berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Sasaran penelitian adalah mustahik zakat, yaitu masyarakat penerima manfaat program budi daya lele meliputi Pak Rustam, Pak Aliyuddin, dan Pak Nadam yang berlokasi di Kelurahan Sumurbatu Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi. Hasil yang ditemukan pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin Kampung Zakat melalui budi daya lele di Kelurahan Sumurbatu Kota Bekasi dilakukan melalui 5 proses, yaitu asesmen, inisiasi program, sosialisasi, pelatihan, dan pelaksanaan program. Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui budi daya lele berhasil meningkatkan pendapatan masyarakat penerima manfaat. Namun, masih belum menciptakan dampak yang signifikan.


Keywords


Pemberdayaan Ekonomi; Masyarakat Miskin; Kampung Zakat; Budi Daya Lele.

References


Anggraini, F. F., & Djumiarti, T. (2019). Proses Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Terpadu di Kelurahan Pedurungan Kidul Kota Semarang. Undip E-Journal.

Ansori, T. (2018). Pengelolaan Dana Zakat Produktif untuk Pemberdayaan Mustahik pada LAZISMU Ponorogo. Jurnal IAIN Ponorogo, 165-183.

Atabik, A. (2015). Peranan Zakat dalam Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Zakat dan Wakaf, 340-361.

Badan Pusat Statistik. (2022). Profil Kemiskinan di Indonesia September 2021.

Badan Pusat Statistik Kota Bekasi. (2023, April 7). Kemiskinan 2018-2020. Diambil kembali dari https://bekasikota.bps.go.id/indicator/23/30/1/kemiskinan.html

Barkah, Q., Azwari, P. C., Saprida, & Umari, Z. F. (2020). Fikih Zakat, Sedekah, dan Wakaf. Jakarta: Kencana.

Barlinti, Y. S. (2007). Kebijakan-Kebijakan Pemerintah dalam Penanggulangan Kemiskinan. Lex Jurnalica, 158-167.

Fasiha. (2017). Zakat Produktif Alternatif Sistem Pengendalian Kemiskinan. Palopo: Laskar Perubahan .

Gerdeona, H. T. (2008). Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik, 1-17.

Girsang, W. (2011). Kemiskinan Multidimensional di Pulau-Pulau Kecil. Ambon: Badan Penerbit Fakultas Pertanian Universitas Pattimura.

Hasbi, A. -F. (2008). 125 Masalah Zakat. Surakarta: Tiga Serangkai.

Indrawati. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Junedi, B., Prayoga, A., Rizal, K. J., & Amelia, W. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa Muaradua Melalui Kuliah Kerja Mahasiswa Tematik . Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 89-98.

Kementerian Agama Republik Indonesia; Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam; Direktorat Pemberdayaan Zakat. (2013). Panduan Zakat Praktis. Jakarta.

Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik BAZNAS. (n.d.). Retrieved from https://lpem.baznas.go.id/program/

Mahmud, A. A.-H. (2006). Ekonomi Zakat Sebuah Kajian Moneter dan Keuangan Syariah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2001 Tentang Kampung Perikanan Budidaya (2021).

PT Insan Media Pustaka. (2012). Kitab Al-Qur'an Al-Fatih Dengan Alat Peraga Tajwid Kode Arab. Jakarta: PT Insan Media Pustaka.

Siswanta, L. (2008). Kontribusi Home Industry dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Ekonomi Keluarga (Studi Kasus di Desa Wukirsari, Imogiri . AKMENIKA UPY.

Suharto, E. (2013). Kemiskinan & Perlindungan Sosial di Indonesia Menggagas Modal Jaminan Sosial Universal Bidang Kesehatan. Bandung: Alfabeta CV.

Suspitasari, Mas'ad, & Ali, I. (2018). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Kegiatan Tambak Udang di Desa Tambak Sari Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan, 14-18.

Wibowo, A. (2015). Distribusi Zakat dalam Bentuk Penyertaan Model Bergulir sebagai Accelerator Kesejahteraan. Jurnal Ilmu Manajemen, 28-43.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jko.v4i2.35211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.