EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN MENJAHIT DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN WARGA BINAAN DI PANTI SOSIAL BINA KARYA HARAPAN JAYA

Study Rizal LK, Siti Padilatul Aliah

Abstract


Panti Sosial Bina Karya (PSBK) Harapan Jaya  merupakan salah satu lembaga yang memberdayakan warga binaan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Panti ini memeliki dua program yaitu program pelayanan dan program rehabilitasi. Program pelayanan memiliki tahapan-tahapan seperti tahapan awal, penerimaan, pengungkapan dan pemahaman masalah (assessment), dan program rehabilitas terkait pelayanan keterampilan hidup untuk melatih kemandirian warga binaan. Salah satu program pelatihan adalah pelatihan keterampilan menjahit. Pelatihan ini banyak diminati dari warga binaan, dari 124 jumlah keseluruhan warga binaan, 40 orang memilih dan mengikuti pelatihan keterampilan menjahit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi program pelatihan keterampilan menjahit dalam meningkatkan kemandirian warga binaan. Pendekatan dan jenis penelitian digunakan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan verifikasi dan penegasan kesimpulan (conclution drawing and verification). Dalam keabsahan data digunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik Kemudian dalam pembahasan digunakan teori evaluasi program yang terdiri atas evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi hasil. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa warga binaan mampu melakukan keterampilan menjahit dan memiliki kemandirian, yang awalnya tidak bisa hingga terampil dan dapat dipekerjakan. Dari hasil ini juga diketahui bahwa evaluasi program sudah memenuhi indikator-indikator ketersediaan, relevansi, dan keterjangkauan dalam menunjang keberhasilan pelatihan keterampilan menjahit bagi warga binaan.


Keywords


Evaluasi Program; Kemandirian; Warga Binaan.

References


Adi, Isbandi Rukminto. 2013. Intervensi Komunitas dan Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pengembangan Masyarakat Edisi Revisi 2012. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Cet 2.

Alfansyur, Andarusni, dan Mariyani. 2020. “Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial.” Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah 5 (2)

Arikunto, Suharsimi. 1998. Penilaian Program Pendidikan. Yogyakarta: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktis Pendidikan. Edisi kedua. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Dapertemen Pendidikan Nasional. 2007. Konsep Pengembangan Model Integrasi Kurikulum Pendidikan Kecapakan Hidup. Badan penelitian dan pengembangan pusat kurikulum.

Desmita. 2014. Psikologi Pengembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya

Emie. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. PT. Raja Grafindo Persada.

Elisa. 2016. Metode Bimbingan Rohani Terhadap Warga Binaan Sosial di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 4 Jakarta Selatan” (Skripsi Sarjana UIN “Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Eti Nurhayati, 2011. Bimbingan Konseling dan Psikterapi Inovatif.Pustaka Belajar. Pustaka Pelajar.

Farida Yusuf. 2008. Evalusi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Renika Cipta.

Gomes Fountino. 1995. Menejemen Sumber Daya Manusia. Andi Offest.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar: Grafindo.

Hadari, Nawawi. 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hamalik, Oemar. 2005. Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan, Pendekatan Terpadu: Pengembangan SDM. Jakarta: Bumi Aksara.

Irwan, Elly. Dkk. 1995. Pengembangan Masyarakat. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kaswan. 2011. Pelatihan dan pengembangan Untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Sosial RI. 2013. Panduan Pendataan Penyandang Masalah Kesejahteraan Masalah Sosial, (PMKS).

Maulidy, Siti Seirly. 2013. Metode Bimbingan Sholat Pada Warga Binaan Sosial (WBS) Panti Sosial Bina Insani Bangun Daya Jakarta Barat”, (Skripsi Sarjana UIN “Syarif Hidayatullah”, Jakarta.

Makmur, Syarif. 2008. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan Efektifitas Organisasi: Kajian Penyelenggara Pemerintah Desa. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Mochtar, Syamsuar. 1987. Dimensi Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2007. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Cet.23.

Moleong, Lexy J. 2001. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana,dkk. 2018. Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan Anak dalam Pembinaan Anak Jalanan di Rumah Singgah Dukuh Semar Kota Cirebon. Jurnal Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi.7(2).

Nasution. 2006. Metodologi Research: Penelitian Ilmiah. Bumi Aksara.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jko.v4i2.35208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.