PERAN SEKOLAH RELAWAN TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM NAIK PANGKAT

Dini Masrika*, Muhtadi Masrika, Muhtadi Muhtadi

Abstract


Abstract

To improve the welfare of life or improve the economy and decrease the impact of poverty, Volunteer School has a Promotion Program by facilitating business needs and finances, such as trading and selling. The Promotion Program can help the people who are caught in debt by giving support and capital for businesses by increasing skill to be able to do the business by themselves that will encourage them to be independent. The research aims to know the role of the Volunteer School in the Promotion Program in the institution of the Volunteer School, BejiDepok and to find out the result of the Promotion Program in empowering the poor. The approach used in this research is a qualitative with descriptive type. The data collection techniques used are: observation, interview, and documentation study. The result of the empowerment carried out by the Volunteer School through the Promotion Program is the program of empowering community to improve the level and standard of life for the poor family by providing capital support for trading and small business (entrepreneurship) as well as mentoring the family to be independent. The Promotion Program can be given to those who have traded with the equipment and materials they have, therefore, they can sell with much better equipment and materials.

Keywords: role; volunteer school; promotion program

Abstrak

Untuk  meningkatkan kesejahteraan hidup atau meningkatkan ekonomi dan mengurangi dampak kemiskinan, Sekolah Relawan mempunyai Program Naik Pangkat dengan memfasilitasi kebutuhan dan keuangan dengan cara usaha, seperti berdagang dan berjualan. Program Naik Pangkat dapat membantu masyarakat yang terjerat hutang dengan memberikan support dan modal untuk usaha dengan peningkatan skill untuk bisa berusaha dengan sendirinya yang akan mendorong diri untuk menjadi mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Sekolah Relawan dalam Program Naik Pangkat di Lembaga Sekolah Relawan Beji Depok dan mengetahui hasil dari Program Naik Pangkat dalam pemberdayaan masyarakat fakir miskin. Dalampenelitianini, pendekatanyang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil pemberdayan yang dilakukan oleh Sekolah Relawan melalui Program Naik Pangkat, ialah program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan derajat dan taraf hidup keluarga dhuafa dengan memberikan bantuan modal dagang/usaha kecil (wirausaha) serta pendampingan sampai keluarga penerima manfaat mandiri. Naik Pangkat dapat diberikan pada mereka yang sudah berdagang dengan perlengkapan dan bahan seadanya sehingga mereka mampu berjualan dengan perlengkapan dan bahan yang jauh lebih baik.

Kata kunci: peran; sekolah relawan; progam naik pangkat


References


Fredian, N. T. (2014). Pengembangan Masyarakat, Cet. 1, Jakarta: Yayasan Pustaka, Obor Indonesia.

Ngafiyah, N. (2011), Akses Masyarakat Miskin terhadap Pelayanan Kesehatan, Skripsi,UNNES Univiersitas Negeri Semarang.

Payne, D. F. (1979). Jonah from the Perspective of its Audience. Journal for the Study of the Old Testament, 4(13), 3–12. https://doi.org/10.1177/030908927900401302

Suryana. (2010). Metodologi Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: UPI-Press.

Frank, T., Ife, Jim. (2008). Community Development, Cet.1, Yogyakarta: Pustaka Belajar,2008.

Wiranto, Yusrodika.(2011). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi terhadap Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Aceh. Skripsi. Universitas Tengku Umar Meoulabeh Aceh Barat.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jko.v1i2.20198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.