STUDI KESERASIAN ALAT GALI MUAT DENGAN ALAT ANGKUT UNTUK MENURUNKAN FUEL RATIO PADA PENGUPASAN OVERBURDEN PIT B PT XYZ
Abstract
Penggunaaan bahan bakar yang tinggi menyebabkan pengeluaran perusahaan akan semakin besar, optimalisasi bahan bakar harus dilakukan dengan meningkatkan produktivitas. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalah tingkat produktivitas alat dan faktor keserasian alat antara alat gali muat dan alat angkut. Penelitian dilakukan pada satu fleet pengupasan overburden Pit B PT XYZ. Pada fleet ini tidak tercapai target produktivitas alat muat yaitu 850 BCM/Jam dengan produktivitas aktual 672,38 BCM/Jam. Pada proses pengupasan tanah penutup sering terjadi delay pada alat muat dan angkut yang menyebabkan rendahnya produktivitas dan nilai fuel ratio tinggi. Tujuan penelitian adalah mengoptimasi keserasian alat dengan mengurangi waktu delay dan memperkecil nilai cycle time untuk meningkatkan produktivitas. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pengamatan secara langsung di lapangan, melalui hambatan-hambatan yang terjadi pada operasi produksi. Dari hasil perbaikan, target produktivitas PC-2000 mengalami peningkatan menjadi 854,91 BCM/Jam dengan nilai keserasian alat 1,21 dan fuel ratio mengalami penurunan sehingga dapat menghemat cost penggunaan bahan bakar dari Rp 24.063,43/BCM menjadi Rp 18.555,89/BCM.
Full Text:
PDFReferences
Allen, G.P., Chambers, J.L.C.(1998). Sedimentation In The Modern and Miocene Mahakan Delta.
Indonesian Petroleum Association Publication.
Amiruddin, M. Dkk. (2020). Analisis Kegiatan Produktivitas Terhadap Fuel Ratio Alat Angkut Dan Alat Gali Muat Pada Pit 2 Di PT Pro Sarana Cipta. Jurusan Teknik Pertambangan Unversitas
Lambung Mangkurat.
Andri, I. (2021). Data Mining & Decision Support System. Optimasi Pekerjaan Tanah Konstruksi Jalan
Tol. Amerta Mediatama.
Awang Suwandi. (2004). Perencanaan Jalan Tambang, Universitas Islam Bandung.
Burt, C.N., Caccetta, L. (2007). Match factor for heterogeneous truck and loader fleets. International
Journal of Mining, Reclamation and Environment.
Caterpillar. (2022). Caterpillar Performance Handbook.
Deniswara, W., Razak, S., & Hartono, A. (2023). Produktivitas Alat Gali Muat Berdasarkan Swing Angle Top Loading Dan Bottom Loading PT Cicatih Putra. Jurnal Inovasi Pertambangan dan Lingkungan, 3(1), 22-33.
Enos, Dkk. (2019). Penerapan Metode V-Shape Loading Untuk Meningkatkan Produktivitas PC-2000
& PC-1250 Di Pit 10 & 11 Madhani Talatah Nusantara PT Arutmin Indonesia Tambang Asamasam. Prosiding TPT XXVIII Perhapi 2019.
Hadjeri Syapariadi, Nurhakim Nurhakim, & Romla Noor Hakim. (2021). Analisis Besarnya Fuel Ratio
Pada Kegiatan Pengupasan Overburden Di PT Sims Jaya Kaltim. Jurnal Himasapta, 5(3), 57–
Haritsi, N. (2023). Analisis Penggunaan Bahan Bakar Alat Gali Muat Dan Alat Angkut Dalam Proses
Pengupasann Tanah Penutup Di PT Mifa Bersaudara. Jurusan Teknik Pertambangan Universitas
Trisakti.
Haritsi,N,Dkk. (2023). Kajian Penggunaaan Bahan Bakar Alat Gali Muat Dan Alat Angkut Di PT MIFA
Bersaudara. Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Trisakti.
H Alkatiri, Abbas, S., & Haya, A. (2020). Synchronization Conveyance and Loading Equipment for
Production Target In Mining Activities On Obi Island. Journal of Physics. Conference
Series, 1569(4), 042076–042076.
Hartman, H. L., & Mutmansky, J. M. (2002). INTRODUCTORY MINING ENGINEERING SECOND
EDITION.
Hustrulid, W., Kuchta, M., & Martin, R. (n.d.). OPEN PIT MINE PLANNING & DESIGN 1.
FUNDAMENTALS 3 RD EDITION
DOI: https://doi.org/10.15408/jipl.v4i1.42230 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aulia Putri Khairani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.