Analysis of Differences in Language Development Learning Tools in Indonesian and Malaysian PAUD Institutions
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, A., & Mahamod, Z. (2015). Analisis Keperluan Terhadap Pengguna Sasaran Modul Pendekatan Berasaskan Bermain Bagi Pengajaran Dan Pembelajaran Kemahiran Bahasa Kanak-Kanak Prasekolah. 1–8.
Ananda, A. P., & Hudaidah. (2021). Perkembangan kurikulum pendidikan indonesia dari masa ke masa. Sindang : Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(2).
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Case Study Method in Qualitative Research. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.
Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5- 6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2).
Djasmani, Palenewen, E., & Sjamsir, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Anak Usia 5 – 6 Tahun Melalui Bermain Di Tk Anggrek Permai Balikpapan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 1(2).
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, & Studi Kasus (Ruslan & M. M. Effeni (eds.)). CV Jejak.
Husein, S. (2020). The Curriculum Of Early Childhood Education : Indonesia And United Kingdom. Progresiva: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(1), 62–76. https://doi.org/10.22219/progresiva
Khoiriyah, Hasanah, M., & Amalia, N. R. (2022). KEMAMPUAN MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 63–71. https://doi.org/doi: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2072 Diterima:22-08-2022
Kurnianda, I., & Rahimah. (2024). Penerapan Metode Joyful Learning untuk Meningkatkan Literasi Anak di Tadika Mysarah Padang Serai Kedah, Malaysia. Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 7(1).
Lestari, S. (2022). Kajian Konsep Merdeka Belajar dari Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1349–1358. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Masitah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD Terhadap Masalah Banjir. Proceeding BiologyEducation Conference, 15(1), 40–44. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/download/27670/19092
Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318–330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274
Pujianti, Y., Sariff, A. F., Wasliman, I., Nuryati, E., Fatah, A., & Aminah, S. (2024). Merdeka Curriculum vs National Preschool Curriculum Standard : Early Childhood Education Curriculum in Indonesia and Malaysia. 5(2), 33–44. https://doi.org/10.55311/aioes.v5i2.295
Putra, A. (2017). Mengkaji & Membandingkan Kurikulum 7 Negara ( Malaysia, Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika dan Finlandia).
Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). KURIKULUM MERDEKA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 8(2), 143–158. https://doi.org/10.69503/ijert.v4i1.579
Rizka, N., Mansoer, Z., & Sumantri, S. (2023). Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Penyusunan Modul Ajar Pada Guru Paud Di Kecamatan Kampar. Hawa : Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 18–25.
Sa’adah, M., Rahmayati, G. T., & Prasetiyo, Y. C. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Al ‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1, 54–64.
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.
Setyaningsih, U., & Indrawati. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3701–3713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2340
Simatupang, T. M. (2023). Perangkat pembelajaran dalam kurikulum merdeka bagi para pendidik dan pelajar. PROCEEDING UMSURABAYA, 772–777.
Sugiyanto, B., & Erviana, Y. (2022). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Model Merdeka-Belajar Berorientasi Kearifan Lokal Untuk Mahasiswa Calon Guru PAUD. 10, 302–311.
Wahyu, F., Fajari, U., & Zulkarnaen, Z. (2023). Implementasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bercerita. 7(6), 7933–7939. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5620
Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. Referen, 1(2), 189–203. https://doi.org/10.22236/referen.v1i2.10504
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yulmiati, Melvina, Autila, R., & Yelfiza. (2024). Pendampingan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Untuk Paud. Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 38–47
DOI: https://doi.org/10.15408/jece.v6i2.42195
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
© Copyright CC-BY-SA JECE, p-ISSN: 2686-2492 e-ISSN: 2715-8918 |