Interaksi Simbolik Komunitas Bintang Ungu dalam Kegiatan Amal

Nur Arisyah Syafani, Pia Khoirotun Nisa

Abstract


Gelombang Korea (Korean Waves) menciptakan berbagai produk salah satunya K-Pop, yang saat ini banyak digandrungi oleh masyarakat dibuktikan dengan eksistensi salah satu boygroup asal Negeri Ginseng yaitu BTS. Dengan jumlah massa yang kian menjamur, penggemar BTS atau yang disebut ARMY khususnya di Indonesia dalam pandangan umum dilekatkan dengan stigma negatif, tapi ternyata menciptakan beberapa kegiatan-kegiatan kemanusiaan memberi kepada yang membutuhkan, melalui interaksi dengan pemaknaan simbol-simbol yang disepakati. Berdasarkan konteks di atas, riset ini fokus pada pertanyaan mayor ‘Bagaimana interaksi simbolik dalam menjalin komunikasi di Komunitas Bintang Ungu?’ Sedangkan pertanyaan minor ‘Apa saja simbol-simbol dan pemaknaan dari terjalinnya interaksi simbolik oleh Komunitas Bintang Ungu pada kegiatan amal? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori Interaksi Simbolik Herbert Blumer di mana memiliki 3 premis yaitu, meaning (pemaknaan), language (bahasa), dan thought (pemikiran). Peneliti menemukan bahwa terdapat 8 simbol yang dipertukarkan pada saat tahap interaksi, melalui tindakan atas pemaknaan program- program Bintang Ungu sebagai amal kepada Allah, healing, bahagia, bantuan, rasa syukur, menyebarkan pesan positif, terinspirasi oleh BTS, dan bantahan ujaran kebencian yang dilakukan bukan hanya pihak internal saja, tetapi pihak eksternal yang juga bersinggungan langsung dengan Bintang Ungu.


Keywords


Symbolic Interactionism, Community, BTS ARMY, Amal

Full Text:

PDF

References


Aditia, A. (2019, October 16). Kompas.com.Retrieved from Kompas.com Web site: https://entertainment.kompas.com/read/2019/10/16/170614010/bts-sebut- army-indonesia- terbesar-di-asia

Albani, I. M. (1997). Shahih Sunan Ibnu Majah. Riyadh: Maktab Al Ma'arif Min NashrWa Tauzi'.Al-Quran, A.-Q. T. (2015). Al-QuranTerjemahan. Solo: Penerbit Tiga Serangkai.

Blumer, H. (1969). SymbolicInteractionism: Pespective andMethod. California: University of California Press.

Community, I. A. (2021, October 1). Kitabisa.com. Retrieved from Kitabisa.comWeb site:http://kitabisa.com/bintangungu

Ganiem, L. M., & Kurnia, E. (2019). KOMUNIKASI KORPORAT: Konteks Teoritis dan Praktis. Jakarta: Prenamedia Group.

Juditha, C. (2018). INTERAKSI SIMBOLIK DALAM KOMUNITAS VIRTUALANTI HOA KSUNTUK MENGURANGI PENYEBARA HOAKS. JURNALPIKOM, 19.

KOMUNITA.ID. (2022). KOMUNITA.ID. Retrieved from Tentang KomunitasIndonesia: https://komunita.id/tentang

Kusnario, R. (2020, October 2). Moco Academy.Retrieved from Moco Academy Website: https://www.mocoacademy.id/menge nal-sejarah-k-pop-dan-generasinya/

Mardhiyah, F. (2019). INTERAKSI SIMBOLIK SEBAGAI WUJUD IDENTITAS DIRI PADA KOMUNITASARMY DI KOTA MEDAN (Studi Pada Boyband Korea BTS).

Skripsi Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi PenyiaranUniversitasMuhammadiyah SumateraUtaraMedan, 33.

Rahadian., B. (2020, August 27). Hai.grid.id.Retrieved from Hai.grid.id.: https://hai.grid.id/read/072309289/7- komunitas-unik-di-indonesia-ada- perkumpulan-orang-yang- sukanongkrong-d

Roudhonah. (2019). ILMU KOMUNIKASI. Depok: PT RAJAGRFINDOPERSANA. Santoso, S. (2009). DINAMIKA KELOMPOK.Jakarta: Bumi Aksara.

Siregar, N. S. (2011). KAJIAN TENTANG INTERAKSIONISME SIMBOLIK. JURNAL ILMU SOSIAL-FAKULTAS ISIPOLUMA, 101.

Sulistiyani, A. T. (2004). Kemitraan dan Model- Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Syahla, A. (2021, July 8). KampartraPost.Retrieved from KampartraPost Website: https://kampartrapost.com/beragam- project-army-bts-indonesia-yang- super- menginspirasi/

Tasbih. (2018). KONSEP AMAL SALEH MENURUT AL-QURAN. Jurnal Al-Abas, 28.

Ungu, B. (2022, January 26). KitaBisa. Retrieved from KitaBisa Web Site:https://kitabisa.com/campaign/sugaha ppyhomes




DOI: https://doi.org/10.15408/interaksi.v2i2.28990 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.