Manajemen Privasi Komunikasi di Era Transparansi Informasi (Studi Pada Pelanggaran Privasi Dalam Hubungan Pertemanan)

Musfiah Saidah

Abstract


ABSTRAK

Teknologi telah mengalami perubahan yang luar biasa dalam hal keamanan, teknik akses, protokol dan standar. Manusia sebagai makhluk pencerita identik untuk berbagi informasi ke orang yang dipercaya. Dengan perkembangan media digital, wadah bercerita berpindah ke media sosial. Hal tersebut akhirnya menimbulkan tantangan dari sisi pengelolaan privasi baik dari sisi pemilik informasi maupun penerima informasi. Penelitian  ini akan menelisik lebih jauh terkait pengelolaan informasi berupa cerita pribadi dalam hubungan pertemanan.. Hal ini menjadi menarik karena pelanggaran privasi biasa terjadi karena tidak ada aturan dan kesepakatan dalam pertemanan maupun level kedekatan yang berbeda. Teori manajemen privasi komunikasi menjelaskan bahwa setiap orang memiliki hak atas informasi pribadinya. Sehingga, informasi pribadi menurut teori ini merupakan berbagai jenis informasi yang akan membuat seseorang berada pada kerentanan, oleh karenanya orang tersebut ingin mengontrol informasi yang dimiliki. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif dengan teknik studi kasus. Dalam analisanya, penulis juga mengaitkan kajian dari sisi keislaman, sehingga diharapkan ditemukan pembahasan dan solusi secara kajian teoritis maupun sudut pandang Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan jika  Manajemen privasi di era digital sangat penting. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini tantangan privasi dalam hubungan pertemanan adalah belum adanya kesepahaman dalam makna privasi.

Keywords


Manajemen Privasi, Komunikasi, Media Sosial, Pelanggaran Privasi.

Full Text:

PDF

References


Asqalani, al-, I. H. (2009). Fathul Baari. Jakarta: Pustaka Azzam.

Balleys, C., & Coll, S. (2017). Being publicly intimate: teenagers managing online privacy. Media, Culture and Society, 39(6), 885–901. https://doi.org/10.1177/0163443716679033

Bhasin, M. L. (2006). Guarding Privacy on the Internet. Global Business Review, 7(1), 137–156. https://doi.org/10.1177/097215090500700109

Cahyaning, A., & Cahyono, R. (2015). Perbedaan Comunication Privacy Management di Media Sosial Twitter pada Remaja dengan Tipe Kepribadian Extravert dan Introvert. Kesehatan Lingkungan, 4(1), 65–70.

Chan, C. K., & Virkki, J. (2014). Perspectives for Sharing Personal Information on Online Social Networks. Social Networking, 03(01), 41–49. https://doi.org/10.4236/sn.2014.31005

Church, K., & De Oliveira, R. (2013). What’s up with WhatsApp? Comparing mobile instant messaging behaviors with traditional SMS. MobileHCI 2013 - Proceedings of the 15th International Conference on Human-Computer Interaction with Mobile Devices and Services, 352–361. https://doi.org/10.1145/2493190.2493225

Kennedy-Lightsey, C. D., Martin, M. M., Thompson, M., Himes, K. L., & Clingerman, B. Z. (2012). Communication Privacy Management Theory: Exploring Coordination and Ownership Between Friends. Communication Quarterly, 60(5), 665–680.

https://doi.org/10.1080/01463373.2012.725004

Maina, T. M. (2013). Instant messaging an effective way of communication in workplace. (October 2013). Retrieved from http://arxiv.org/abs/1310.8489

Maleh, Y. (2018). Security and privacy management, techniques, and protocols. In Security and Privacy Management, Techniques, and Protocols. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-5583-4

Mohsin, K., & Khan, Z. Z. (2020). Right to Privacy in Digital Era. SSRN Electronic Journal, (December). https://doi.org/10.2139/ssrn.3678224

Nagle, F., & Singh, L. (2009). Can friends be trusted? Exploring privacy in online social networks. Proceedings of the 2009 International Conference on Advances in Social Network Analysis and Mining, ASONAM 2009, (August), 312–315. https://doi.org/10.1109/ASONAM.2009.61

Olaniran, S. (2014). Social Media and Changing Communication Patterns Among Students : an Analysis of Twitter Use By University of Jos Students. 2(1).

Paramarta, V., Jihad, M., Dharma, A., Hapsari, I. C., Sandhyaduhita, P. I., & Hidayanto, A. N. (2019). Impact of user awareness, trust, and privacy concerns on sharing personal information on social media: Facebook, twitter, and instagram. 2018 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2018, (October), 271–276. https://doi.org/10.1109/ICACSIS.2018.8618220

Patton, M. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods (3rd editio). Sage Publications, Inc.

Petersons, A., & Khalimzoda, I. (2016). Communication privacy management of students in Latvia. Problems and Perspectives in Management, 14(2). https://doi.org/10.21511/ppm.14(2-1).2016.11

Petronio, S. (2022). Boundaries of privacy: dialectics of disclosure. In Choice Reviews Online. Boundaries of Privacy: Dialectics of Disclosure. In Choice Reviews Online, (United States of America: State University of New York.).

Prinsloo, P., & Slade, S. (2015). Student privacy self-management: Implications for learning analytics. ACM International Conference Proceeding Series, 16-20-March-2015(March), 83–92. https://doi.org/10.1145/2723576.2723585

Quthb, S. (2013). Tafsir Fi Zhilalil Quran Terjemahan. Jakarta: Gema Insani.

Raharjo, M. D. (2012). Menuju Persatuan Umat. Jakarta: Mizan.

Roessler, B., & Mokrosinska, D. (2013). Privacy and social interaction. Philosophy and Social Criticism, 39(8), 771–791. https://doi.org/10.1177/0191453713494968

Sen, J., & Labs, I. (2010). Security and Privacy Issues in Cloud C loud Computing. Innovation Labs, Tata Consultancy Services Ltd., Kolkata, INDIA ABSTRACT, (iv).

Shihab, M. Q. (2009). Tafsir Al-Misbah Vol 8. Jakarta: Lentera Hati.

Widyaningsih, Y. (2018). Perilaku perlindungan privasi pada pengguna instagram di kalangan siswa sekolah menengah atas kota surabaya 1 yohana widiyaningsih 2. Palimpsest. Retrieved from http://repository.unair.ac.id/74816/3/JURNAL_Fis.IIP.59 18 Wid p.pdf

Yin, R. K. (2017). Case Study Research and Applications. Retrieved from http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933




DOI: https://doi.org/10.15408/interaksi.v1i2.24905 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.