Metode Dakwah Para Da’i pada Program “Cahaya Hati Indonesia” di iNews TV

Mutia Putri Nasution, Umi Musyarrofah

Abstract


Media dan metode dakwah berperan penting dalam pencapaian tujuan dakwah. Media menjadi wadah dalam berdakwah sedangkan metode merupakan cara dalam berdakwah. Pada program “Cahaya Hati Indonesia” di iNews para da’i menerapkan metode dakwah yang berbeda-beda. Dari latar belakang tersebut menimbulkan beberapa pertanyaan yaitu : Bagaimana metode dakwah yang digunakan para da’i pada program “Cahaya Hati Indonesia” di iNews TV? Pesan dakwah apa saja yang disampaikan pada program “Cahaya Hati Indonesia” di iNews TV? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang didapat dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan mencari data dari buku, internet dan lainnya yang dapat dijadikan informasi tambahan untuk peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada progam “Cahaya Hati Indonesia” di iNews TV para da’i menggunakan metode dakwah al-mau’idzah al-hasanah dan metode dakwah bil-Hikmah. Dalam menerapkan metode dakwah al-mauidzah al-hasanah para da’i menggunakan metode kisah, metode tabsyir wa tanzir dan metode nasehat. Pesan dakwah dalam program ini terdapat 3 hal yaitu syariah, akidah dan akhlak

Keywords


Metode, dakwah, dan Pesan Dakwah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Budi. Konsep Manusia Dalam Islam Studi Terhadap Eksistensi Manusia. Jurnal Wahana

Inovasi. Vol 7 No. 2.

Acep Aripudin (2011). Pengembangan Metode Dakwah (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada).

Alfian, Muhammad Ivan Alfian (2015). Dakwah Fardiyah, At- Tabsyir. Jurnal Komunikasi

Penyiaran Islam 3, no.1.

https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/1656.

Effendy, Onong Uchjana (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung:

Citra Aditya Bakti.

Faizal (2013). Dakwah Bil-Hal Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmu dakwah dan

Pengembangan Komunitas VIII, no. 2.

Hasanah, Siti (2014). Inovasi Materi Dakwah Dari Ibadah Ke Muamalah Bagi Ormas Islam untuk

Merealisasikan Masyarakat Inklusif Di Kota Semarang. Jurnal Dakwa XV, no. 2.

Husna, Z. Z., & Aziz, M. A. (t.t.). DAKWAH MEDIA SOSIAL : POLA DAKWAH PADA MASA

PANDEMI COVID 19

Ilham Maulana, Chatib Saefullah, Tata Sukyat (2018). Tabligh: Jurnal Komunikasi dan

Penyiaran Islam. Volume 3, Nomor 3.

Karim, A. (2016). DAKWAH MELALUI MEDIA: Sebuah Tantangan Dan Peluang. 4(1).

Muhtadi, Asep Saeful (2012). Komunikasi Dakwah: Teori, Pendekatan, dan

Aplikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nurudin (2011). Pengantar Komunikasi Massa (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Samsul Munir, Amin (2009). Ilmu Dakwah. Cet. 1; Jakarta: Amzah.

Saputra, Wahidin (2011). Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada.

Shihab, Quraish. Membumikan al-Quran (1995). Bandung: Mizan.

Said, Sayuthi Atman & Pratama, Finsa Adhi (2020). Metode Dakwah Pada Komunitas Marjinal.

Al-mishbah, Vol.16 No. 2.

Unde, Andi Alimuddin (2015). Televisi dan Masyarakat Pluralistik. Jakarta:

Prenada Media Group.

Varian-Varian Paradigma Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal

Wahana Vol. No.1.

Zaini, A. (2015). DAKWAH MELALUI TELEVISI.




DOI: https://doi.org/10.15408/interaksi.v1i2.23889 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.