Penerapan Service Learning oleh Mahasiswa KKN dalam Program Pendidikan di Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor

Dedek Kustiawati, Ahmad Ayadillah, Kayla Najmi Ihsani, Lela Juliana Riskiani, Muhammad Ramzi Thirafi, Nurul Mala Labiqoh

Abstract


Artikel ini membahas penerapan pendekatan service learning oleh mahasiswa KKN dalam program pendidikan di Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi, Bogor. Program ini bertujuan untuk menangani tantangan dalam pendidikan yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya dalam literasi dan akses ke pendidikan berkualitas. Menggunakan metode penelitian kualitatif partisipatif, mahasiswa bekerja sama dengan pemangku kepentingan lokal, seperti guru dan tokoh masyarakat, dalam pelaksanaan program literasi dan pendidikan agama. Inisiatif utama termasuk: Pendirian Taman Baca Aiyana, Program pendidikan Al-Qur'an di lembaga setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan service learning efektif meningkatkan minat baca anak-anak dan mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreativitas mereka. Kesimpulan ini menekankan pentingnya partisipasi masyarakat yang berkelanjutan dalam menjamin keberlanjutan program-program tersebut.


Keywords


Service learning; Literasi anak; Pengabdian masyarakat; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Purba, Said Agil Ad Drain, Fadilah Wulandari, Hendra Setiawan, dan Zainun Zainun. 2023. “Peran mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam bidang pendidikan di SDN 091422 Bahbutong II Sidamanik.” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (4): 8361–64.

Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4. ed. Los Angeles, Calif.: SAGE.

Fitrian, Rima Dwi, Ajeng Rahayu Mutmainnah, Zulfikar Achmad Nur Wachid, Fajar Cahya Putra, Chevaldi Gelstyn Amalo, dan Dhian Satria Yudha Kartika. 2023. “Pendampingan Pendidikan oleh Mahasiswa KKN: Memupuk Semangat Belajar Siswa-Siswi TK & KB Dahlia.” KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (2): 313–17.

Furco, A. 1996. “Service-Learning: A Balanced Approach to Experiential Education.” Expanding boundaries: Serving and learning/Corporation for National Service.

Hidayah, Hani’atul, Moh. Muchtarom, dan Triana Rejekiningsih. 2018. “Pembelajaran Layanan (Service Learning) pada Tingkat Sekolah Menengah : Program Kerja Lapangan.” SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD 2 (1): 161–68.

Ihsan Batubara, Aini Fadilah Daulay, Resti Agustina, Melda Junita Nst, Nur Padilah, Cahyani Aulia Fitri, Khodijah Nasution, dan Siti Khairani. 2024. “Peran Mahasiswa KKN Dalam Pengembangan Pendidikan Anak-Anak di Desa Pintu Padang.” Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat 2 (1): 104–14.

Kemal, Isthifa. 2022. “Meningkatkan Pendidikan Proses Belajar Mengajar Anak-Anak di Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Labuhan.” RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (2): 634–40.

Kristina Kasi, Sumarmi Sumarmi, dan I. Komang Astina. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Service Learning terhadap Sikap Peduli Lingkungan.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3 (4).

Nanggala, Agil, dan Karim Suryadi. 2021. “Analisis Konsep Service Learning dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan.” PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan 16 (1): 1–14.

Nugroho, Febriyanto Arif, Muhammad Iqbal, Fachri Ramadhan, Annisa Swastika, dan Obby Taufik Hidayat. 2023. “Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali.” Buletin KKN Pendidikan 5 (1): 65–73.

Nusanti, Irene. 2014. “Strategi Service Learning Sebuah Kajian untuk Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran.” Strategi Service Learning Sebuah Kajian Untuk Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran 20 (2): 251–60.

Paputungan, Frezy, dan F. Ilmu Pendidikan. 2023. “Implementasi KKN sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang ilmu.” Media Online) Journal of Education and Culture (JEaC) 3 (1): 2986–1012.

Pratama, Moh Aditya, Fajria Azmita, Nurul Umairah, dan Fatimah Azzahra. 2024. “Menggerakkan Perubahan: Mahasiswa Sebagai Agen Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Kkn Di Desa Rejeki Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi.” Sambulu Gana: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (2): 72–78.

Rahzianta, Rahzianta, dan Muhammad Luthfi Hidayat. 2016. “Pembelajaran sains model service learning sebagai upaya pembentukan habits of mind dan penguasaan keterampilan berpikir inventif.” Unnes Science Education Journal 5 (1).

Sulaiman, R. D. A., dan Shabrina Syntha Dewi. 2021. “Penerapan Service-Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Diri Mahasiswa.” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 5 (3): 615–21.




DOI: https://doi.org/10.15408/jf.v24i1.43158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License 
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International

bandar togel

toto togel

toto slot

topslot88

data macau

slot gacor

toto togel

slot88

Toto Slot

situs toto slot

slot88

situs toto

toto slot