Penerapan Service Learning oleh Mahasiswa KKN dalam Program Pendidikan di Desa Situsari
Abstract
Artikel ini membahas penerapan pendekatan service learning oleh mahasiswa KKN dalam program pendidikan di Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi, Bogor. Program ini bertujuan untuk menangani tantangan dalam pendidikan yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya dalam literasi dan akses ke pendidikan berkualitas. Menggunakan metode penelitian kualitatif partisipatif, mahasiswa bekerja sama dengan pemangku kepentingan lokal, seperti guru dan tokoh masyarakat, dalam pelaksanaan program literasi dan pendidikan agama. Inisiatif utama termasuk: Pendirian Taman Baca Aiyana, Program pendidikan Al-Qur'an di lembaga setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan service learning efektif meningkatkan minat baca anak-anak dan mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreativitas mereka. Kesimpulan ini menekankan pentingnya partisipasi masyarakat yang berkelanjutan dalam menjamin keberlanjutan program-program tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE.
Fitrian, R. D., Mutmainnah, A. R., Wachid, Z. A. N., Putra, F. C., Amalo, C. G., & Kartika, D. S. Y. (2023). Pendampingan pendidikan oleh mahasiswa KKN: Memupuk semangat belajar siswa-siswi TK & KB Dahlia. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).
Furco, A. (1996). Service-learning: A balanced approach to experiential education. In Expanding boundaries: Serving and learning (pp. 2–6). Corporation for National Service.
Hidayah, H., Muchtarom, M., & Rejekiningsih, T. (2018). Pembelajaran layanan (service learning) pada tingkat sekolah menengah: Program kerja lapangan. SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD, 2(1).
Batubara, I., Daulay, A. F., Agustina, R., Nst, M. J., Padilah, N., Fitri, C. A., Nasution, K., & Khairani, S. (2024). Peran mahasiswa KKN dalam pengembangan pendidikan anak-anak di Desa Pintu Padang. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 2(1).
Kemal, I. (2022). Meningkatkan pendidikan proses belajar mengajar anak-anak di Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Labuhan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).
Kasi, K., Sumarmi, S., & Astina, I. K. (2018). Pengaruh model pembelajaran service learning terhadap sikap peduli lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4).
Nanggala, A., & Suryadi, K. (2021). Analisis konsep service learning dalam perspektif pendidikan kewarganegaraan. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 16(1).
Nugroho, F. A., Iqbal, M., Ramadhan, F., Swastika, A., & Hidayat, O. T. (2023). Implementasi service learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 5(1).
Nusanti, I. (2014). Strategi service learning: Sebuah kajian untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 251–260.
Paputungan, F., & Ilmu Pendidikan, F. (2023). Implementasi KKN sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang ilmu. Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1).
Pratama, M. A., Azmita, F., Umairah, N., & Azzahra, F. (2024). Menggerakkan perubahan: Mahasiswa sebagai agen pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui kegiatan KKN di Desa Rejeki Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi. Sambulu Gana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2)
Purba, S. A. A. D., Wulandari, F., Setiawan, H., & Zainun, Z. (2023). Peran mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam bidang pendidikan di SDN Bahbutong II Sidamanik. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4).
Rahzianta, R., & Hidayat, M. L. (2016). Pembelajaran sains model service learning sebagai upaya pembentukan habits of mind dan penguasaan keterampilan berpikir inventif. Unnes Science Education Journal, 5(1).
Sulaiman, R. D. A., & Dewi, S. S. (2021). Penerapan service learning untuk meningkatkan kompetensi diri mahasiswa. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3).
DOI: https://doi.org/10.15408/jf.v24i1.43158
Refbacks
- There are currently no refbacks.