Pengembangan UMKM dengan sertifikasi halal di Desa Bojong Jengkol melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata

Elsa Agustin, Ilham Rezki Damai

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi pengembangan UMKM di Desa Bojong Jengkol dengan pemberian Sertifikasi Halal sebagai salah satu program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Penelitian ini menggunakan desain penelitian campuran yang mengombinasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara semi-struktur, observasi lapangan, dan analisis dokumen. Data kuantitatif diperoleh melalui survei kepada UMKM yang dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM di Desa Bojong Jengkol berpotensi besar untuk mendapatkan sertifikasi halal, tetapi masih mengalami beberapa hambatan seperti kurangnya pengetahuan, biaya, dan akses informasi. Penelitian ini juga menemukan bahwa kegiatan KKN memberikan dampak positif bagi UMKM dan masyarakat, serta meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang peran penting sertifikasi halal dalam menggerakan perekonomian lokal. Penelitian ini merekomendasikan beberapa langkah strategis untuk meningkatkan pengembangan UMKM dengan sertifikasi halal di Desa Bojong Jengkol, seperti penyuluhan, bantuan teknis, fasilitasi, dan kerjasama. 


Keywords


UMKM; Sertifikasi Halal; KKN; Desa Bojong Jengkol

Full Text:

PDF

References


Aditya Tamara. (2021). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim Institut Teknologi Sumatera). In Skripsi.

Al-Bara, A.-B., & Nasution, R. (2018). Analisis Pengaruh Label Halal Pada Produk Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Masyarakat Kota Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 227–248. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i2.1987

Ali, M. (2016). Konsep Makanan Halal dalam Tinjauan Syariah dan Tanggung Jawab Produk Atas Produsen Industri Halal. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah, 16(2), 291–306. https://doi.org/10.15408/ajis.v16i2.4459

Chairunnisyah, S. (2018). Peran Majelis Ulama Indonesia Dalam Menerbitkan Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Kosmetika. Angewandte Chemie International Edition, 3(2), 10–27.

Diana, L., Akbhari, I., Fadhilah, A., & Hidayaturracman, H. (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (Nib) Untuk Kesadaran Legalitas Usaha Bagi Umkm Kelurahan Dukuh Sutorejo. Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 81–88. https://doi.org/10.59066/jppm.v1i2.72

Fadhillah, P., & Yuniarti, A. (2023). 27.+Pemberdayaan+UMKM+Ujunge+-+edited. 2(1), 291–298.

Guntarti, A., Kumalasari, I. D., & Susanti, H. (2014). Pengenalan kehalalan produk dan bahan tambahan makanan yang berbahaya bagi kesehatan. 27–31.

Ika Wulandari, & Martinus Budiantara. (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Online Single Submission. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 386–394. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.8205

Muzakki, fauzan ra’if. (2020). Konsep Makanan Halal Dan Thayyib Terhadap Kesehatan Dalam Al-Qur’an (Analisis Kajian Tafsir Tematik ). Skripsi, 1, 1–89. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/370/

Rifa’i, B. (2013). Efektivitas pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) krupuk ikan dalam program pengembangan labsite pemberdayaan masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupatem Sidoarjo. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 130–136. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-16 Baktiar_KMP V1 N1 Jan-April 2013.pdf

Setyanto, A. R., Samodra, B. R., & Pratama, Y. P. (2015). Kajian Strategi Pemberdayaan UMKM Dalam Menghadapi Perdagangan Bebas Kawasan ASEAN (Studi Kasus Kampung Batik Laweyan). Etikonomi, 14(2), 205–220. https://doi.org/10.15408/etk.v14i2.2271

Sulistyo Prabowo, A. A. R. (2016). Sertifikasi Halal Sektor Industri Pengolahan Hasil Pertanian Halal Certificate in the Agricultural Products Processing Industry. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 34(1), 62. http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/fae/article/view/7311

Vristiyana, V. M. (2019). PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN PRODUK HALAL TERHADAP PENILAIAN PRODUK HALAL DAN MINAT PEMBELIAN PRODUK HALAL (Studi Kasus Pada Industri Makanan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 85. https://doi.org/10.30659/ekobis.20.1.85-100

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803

Widya, E., Prananingtyas, P., & Ispriyarso, B. (2019). Pengelolaan Kawasan Budidaya Kerapu Sistem Kja Dengan Pendekatan Daya Dukung Ekologi (Studi Kasus: Perairan Ringgung Kabupaten Pesawaran Lampung). Notarius, 12(1), 231–252.




DOI: https://doi.org/10.15408/jf.v24i1.35449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License 
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International

bandar togel

toto togel

toto slot

topslot88

data macau

slot gacor

toto togel

slot88

Toto Slot

situs toto slot

slot88

situs toto

toto slot