Upaya KKN AIESEC Mengurangi Dampak Covid-19 dalam Kegiatan Pembelajaran SDN Rengas, Bintaro
Abstract
Aktivitas dan proses pembelajaran di sekolah merupakan kegiatan transfer pengetahuan dan pertukaran pengetahuan teoritis dan praktik yang memberikan kontribusi positif untuk pelatihan kualitas sumber daya manusia (SDM). Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan dalam pembelajaran menjadi pembelajaran jarak jauh, namun dalam pembelajaran jarak jauh memiliki dampak positif dan negatif bagi murid. Tujuan dari penelitian ini untuk Kelompok 201 Alpha Team yang bekerja sama dengan organisasi AIESEC dapat memberikan gambaran bagi masyarakat serta pemerintah mengenai dampak dari pembelajaran jarak jauh (daring) yang berlangsung dari tahun 2020 yang dirasakan ketika pembelajaran tatap muka (luring) telah berlaku di SDN Rengas, Bintaro. Dari hasil kegiatan ditemukan bahwa banyak dampak yang dirasakan oleh murid selama pembelajaran daring yang berimbas pada saat murid harus melakukan pembelajaraan menjadi tatap muka. Pada saat pembelajaran tatap muka diberlakukan kembali, murid sulit memahami materi pembelajaran dengan maksimal sehingga masih banyak murid yang belum dapat membaca dengan lancar dan kurangnya pemahaman untuk menerima materi baru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Halimah, Nur, Ahmad Ruslandi Azhar, Ai Suluhiah, Galuh Estika Berseri, Intan Riasahni, dan M. Asep Rahmatullah. “Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi COVID-19 Studi Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Al-Gina Pakuhaji Kabupaten Tangerang.” Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (30 Mei 2022): 72–81.
Safitri, Apriani, dan Juli Astuti. “Keefektifan Pembelajaran Jarak Jauh.” Jurnal Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari, 2020, 1–19. http://www.fkipumkendari.ac.id/assets/upload/plp_magang/d05ccf7ef14ded 3a83692a115b40106e.pdf.
Sari, Ria Puspita, Nabila Bunnanditya Tusyantari, dan Meidawati Suswandari. “DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA COVID-19.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2, no. 1 (29 Maret 2021): 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732.
UNICEF. “COVID-19: Laporan baru UNICEF mengungkap setidaknya sepertiga anak sekolah di seluruh dunia tidak dapat mengakses pembelajaran jarak jauh selama sekolah ditutup.” Jumpa Pers, 2020. https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/covid-19-laporan-baruunicef-mengungkap-setidaknya-sepertiga-anak-sekolah-di-seluruh.
DOI: https://doi.org/10.15408/jf.v23i1.29049
Refbacks
- There are currently no refbacks.