Metode Pembinaan “Mios” Untuk Meningkatkan Pendidik Profesional Dalam Profesional Learning Generasi Usia Emas Di Smp Prakarya Santi Asromo Majalengka Provinsi Jawa Barat

Zaenul Slam

Abstract


This article examines the "MIOS" coaching method at Prakarya Santi Asromo Majalengka Middle School, West Java Province. The results of this community service show that: First, monitoring as an activity in the early stages of service treatment shows that the implementation of professional learning for the golden age generation has not run optimally. Second, the results of in-service by service providers in the form of workshops have an impact on increasing the professionalism of educators. Third, the implementation of on-service by servants in the form of classroom observations has an impact on increasing professional educators in the implementation of professional learning for the golden age generation. The increase in professional educators in the implementation of professional learning is seen in the improvement of the pedagogical competence of educators, especially in the implementation of learning. In addition, it also has an impact on improving the quality of the process and learning outcomes of students. Therefore, it is necessary to develop professional educators in the implementation of professional learning for the golden age generation with the MIOS coaching method.

 

Keywords:  Professional Teacher, Professional Learning,  MIOS

 


Abstrak:

Artikel ini mengkaji mengenai metode pembinaan  “MIOS” di  SMP Prakarya Santi Asromo Majalengka Provinsi Jawa Barat. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa: Pertama, monitoring  sebagai kegiatan tahap awal  treatment  pengabdi menunjukkan  bahwa implementasi professional learning untuk generasi usia emas belum berjalan dengan optimal. Kedua,  hasil in service oleh pengabdi  dalam bentuk workshop  memberikan dampak  terhadap peningkatan profesionalisme  pendidik.  Ketiga, Pelaksanaan on service  oleh pengabdi dalam bentuk observasi kelas berdampak pada peningkatan  pendidik profesional dalam implementasi  professional learning untuk generasi usia emas. Peningkatan pendidik profesional dalam implementasi professional learning tampak dalam  peningkatan kompetensi pedagogik pendidik terutama dalam pelaksanaan pembelajaran. Selain itu berdampak pula pada peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran peserta didik.  Oleh karena itu, maka diperlukan pembinaan pendidik professional dalam implementasi professional learning untuk generasi usia emas dengan metode  pembinaan  MIOS.

 

Kata Kunci: Pendidik Profesional, Professional Learning, MIOS


Keywords


Professional Teacher, Professional Learning, MIOS

Full Text:

PDF

References


Aminah, Khairuddin, Husen, M. 2012. Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Oleh Kepala Sekolah Pada SMP Negeri 2 Kota Sigli. Jurnal Administrasi Pendidikan ISSN 2302-0156 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 1 (13) Hlm. 1-13.

Anto 2019. Pembinaan Kompetensi Guru [Online] Tersedia di: https://sman1pasirpenyu.sch.id/read/9/pembinaan-kompetensi-guru. Diaakses tanggal 3 April 2021.

Darmadi, H. 2015. Tugas, Peran, Kompetensi dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13 (2), Hlm. 161-174.

Ediana, A. 2015. Implementasi Professional Learning Untuk Anak Usia Emas.Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017. Panduan Kerja Pengawas Sekolah Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2019. Supervisi Akademik. Jakarta: Kemdikbud.

Nasution, S. 2005. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Rahmawati, T. 2016. Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Coopetition, 7 (1), Hlm. 43 -52

Ratnasari, Y.T. 2019. Proseding Seminar Nasional “Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan”. Pada Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Era Revolusi Industri 4.0. Hlm. 235-239.

Rusman 2010. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Mulia Mandiri Press

Slam, Z. 2015.Peningkatan Kompetensi Pustakawan Dalam Menyusun Program Perpustakaan Sekolah Melalui Mini Lokakarya Di SMPN 1 Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Majalengka: Disdik.

____ 2015. Pembelajaran Gotong Royong Inovatif Berbasis Soft Skll dan Hard Skill Untuk Mewujudkan Indonesia Emas. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sudiana, N. 2019. Implementasi Tindak Lanjut Hasil Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis TIK Melalui Pembimbingan dengan Shoping. Journal of Education Action Research, 3 (4) pp. 410-417

Suprayekti dan Septyara Dwi Anggraen, S.D., 2017. Pelaksanaan Program Workshop “Belajar Efektif” Untuk Orang Tua. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS, 12 ( 2), Hlm. 129-136

Suryani, C. 2015. Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, 116 (1), Hlm. 23-43

Triwiyanto, T. 2015. Pelaksanaan Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan Untuk Penilaian Kinerja Manajerial Kepala Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34 (1), Hlm. 67-77.

Wijaya, C.A. 2018. Sistem Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Program Studi di Institusi Pendidikan Tinggi. Indonesian. Journal of Information Systems (IJIS), 1(1). Hlm. 13-24




DOI: https://doi.org/10.15408/jf.v20i1.20297 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License 
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International