PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PROGRAM PANGAN BERSUBSIDI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KELURAHAN PONDOK LABU JAKARTA SELATAN
Abstract
Abstract. The service of Subsidized Food Program is a program that has been set by the Government in 2017. The program aims to aid reducing the poverty and can also support increasing the nutritional intake for DKI Jakarta residents who are under the Poverty Line. Communities certainly want a service that is in line with their expectations in order to achieve their own satisfaction within the program and vice versa. This research is located in the Pondok Labu Subdistrict area of South Jakarta, in RPTRA Pinang Pola and RPTRA Pola Idaman because the region, specifically in South Jakarta, has total sales of Subsidized Food as many as 4238 food. The purpose of this study is to find out how much the quality of service affects community satisfaction. This study uses a quantitative approach with a sample of 100 respondents. For the technique of processing the data and statistical analysis uses IBM SPSS Statistics 22 software. The results of this study can be obtained based on the significance value of 0,000 where the number is smaller than the value of 0.05, which means that the service quality variable has a significant influence on the community satisfaction variable. As for based on the value of R Square (R2) of 59.6%, which means that the service quality variable affects the community satisfaction variable while the remaining value of 40.4% is influenced or explained by other variables outside the research variable. This research is expected to be used as input for all parties to prioritize the quality of good service to produce good community satisfaction.
Abstraks. Layanan Program Makanan Bersubsidi adalah program yang ditetapkan oleh Pemerintah pada tahun 2017. Program ini bertujuan untuk membantu mengurangi kemiskinan dan juga dapat mendukung peningkatan asupan gizi bagi penduduk DKI Jakarta yang berada di bawah Garis Kemiskinan. Masyarakat tentu menginginkan layanan yang sesuai dengan harapan mereka untuk mencapai kepuasan mereka sendiri dalam program dan sebaliknya. Penelitian ini berlokasi di wilayah Kecamatan Pondok Labu Jakarta Selatan, di RPTRA Pinang Pola dan RPTRA Pola Idaman karena wilayah tersebut, khususnya di Jakarta Selatan, memiliki total penjualan Makanan Bersubsidi sebanyak 4238 makanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kualitas layanan mempengaruhi kepuasan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 100 responden. Untuk teknik pengolahan data dan analisis statistik menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian ini dapat diperoleh berdasarkan nilai signifikansi 0,000 dimana angkanya lebih kecil dari nilai 0,05, yang berarti bahwa variabel kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan masyarakat. Adapun berdasarkan nilai R Square (R2) sebesar 59,6%, yang berarti bahwa variabel kualitas layanan mempengaruhi variabel kepuasan masyarakat sedangkan nilai sisanya sebesar 40,4% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel penelitian. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan bagi semua pihak untuk memprioritaskan kualitas pelayanan yang baik untuk menghasilkan kepuasan masyarakat yang baik.
Keywords
References
Badan Pusat Statistik DKI. (2018). DKI Dalam Angka 2018. BPS DKI. DIakses dari https://jakarta.bps.go.id/publication/2018/08/16/67d90391b7996f51d1c625c4/provinsi-dki-jakarta-dalam-angka-2018.html
Zuraya, N. (2019, 20 September). Bank Dunia: Tingkat Kemiskinan Global Turun. MSN.com. Diakses dari https://www.msn.com/id-id/ekonomi/ekonomi/bank-dunia-tingkat-kemiskinan-global-turun/ar-BBNA44E
Supriyatna, T. (1997). Birokrasi, Pemberdayaan, dan Pengentasan Kemiskinan. Bandung: Humaniora Utama Press.
Singarimbun, M., dan Effendi, S. (2008). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Fedryansyah, M. (2016). Kebijakan Sosial Dalam Pembangunan. Social Work Journal.
Purwaningsih, Y. (2008). Ketahanan Pangan: Situasi, Permasalahan, Kebijakan, dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan.
Rezha, F., Rochmah, S., & Siswidiyanto. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)). Jurusan Administrasi Publik, Universitas Brawijaya Malang.
Statistika, B. P. (1997). Statistika Kesejahteraan Rumah Tangga. Jakarta: BPS.
Sugiyono. (2009). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: 10.15408/empati.v8i1.14690
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Puteri Nur Farieda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.