INTEGRASI HADIS TENTANG KESEHATAN MENTAL DALAM PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI: ANALISIS TEMATIK TERHADAP KARYA-KARYANYA
Abstract
Abstract
This study aims to provide a scientific contribution to the discourse on mental health from an Islamic perspective by examining relevant hadiths through the thoughts of Imam al-Ghazali as reflected in his works. In this day and age, mental health problems are increasingly prevalent and no longer limited to physical conditions but also encompass psychological disorders. These issues often stem from the negative impacts of globalization, including rising social and psychological pressures, as well as a declining sense of faith and limited awareness of mental well-being. Such factors may lead individuals to experience deep despair, with some even choosing to end their lives through suicide. The research adopts a thematic and analytical approach, utilizing both primary and secondary data sources. Data were collected through a literature study. The findings reveal eight key themes of mental health reflected in the hadiths and interpreted by Imam al-Ghazali: gratitude, a sense of security, good morals, positive social interaction, strong faith, self-control, optimism, and trustworthiness.
Keywords: Islamic psychology, mental health, hadith, Imam al-Ghazali, thematic analysis
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi keilmuan terkait kesehatan mental dalam perspektif Islam dengan melihat hadis-hadis melalui pemikiran-pemikiran Imam Ghazali yang beliau tuangkan dalam karya-karyanya. Di era modern ini, banyak sekali fenomena permasalahan kesehatan yang tidak hanya bersifat fisik tetapi juga psikologis yang terjadi pada manusia, karena efek negatif dari globalisasi yang mempengaruhi tekanan sosial dan psikologis serta kurangnya keimanan dan pemahaman tentang kesehatan jiwa menyebabkan keputusasaan dalam hidupnya dan memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Metodologi yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah tematik dan analisis, sedangkan jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Dan metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan studi pustaka. Hasil penelitian yang didapatkan adalah bahwa indikator kesehatan mental yang disebutkan dalam Hadis Nabi Muhammad SAW yang diteliti melalui karya-karya imam Ghazali terdiri dari delapan tema, yaitu syukur, merasa aman, akhlak yang baik, interaksi sosial yang baik, kokohnya iman, pengendalian diri (self control), dan amanah.
Kata Kunci: Kesehatan mental, Imam Ghazali, Hadis.
References
Abdul Karim Nu’man. (t.th.). Sirah al-Ghazali wa Aqwal al-Mutaqadimin fiihi. Damaskus: Dar al-Fikr.
Abraham Maslow, (2012). toward a Psychology of Being. USA: Start Publishing LLC.
Abu Dawud As-Sijistani. (2009). Sunan Abi Dawud. Syua’id Al-Arna’ut (ed.). Juz VII. Cet I. t.t.: Dar ar-Risalah al-‘Alamiyah.
Abu Hamid Al-Ghazali. (1964). Mizanul Amal. Mesir: Dar al-Ma’arif. 1964), h.254-255.
Abu Hamid Al-Ghazali. (1993). Bidatul Hidayah. Muhammad Azib (ed.). Cet I. Kairo: Maktabah Madlubi.
Abu Hamid Al-Ghazali. (2022). Kimiya as-Sa’adah. Cet I. Demak: Maktabah Dar ar-Rahmah.
Abu Hamid Al-Ghazali. (t.th.). Ayyuhal Walad. Beirut: Dar Ibnu Hazm.
Abu Hamid Al-Ghazali. (t.th.). Ihya Ulumuddin. Juz III. Beirut: Dar al-Ma’rifah.
Ahmad bin Hambal, (2001). Musnad Imam Ahmad bin Hambal, Syuaib al-Arna’ut (ed.). Juz XXX. Cet.I. Beirut: Muassasah ar-Risalah..
Mahardika, Nur. Kesehatan Mental. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus, 2017.
Alwiso, (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Pres.
Arroisi, Jarman. Cep Gilang Fikri Ash-Shufi, dan Fajrin Dzul Fadhlil. (2022). “KONSEP AKTUALISASI DIRI PERSPEKTIF BARAT DAN ISLAM”. Zawiyah Jurnal Pemikiran Islam. Vol.8. No.1.
Averill, J. F. (1973). “Personal Control Over Averssive Stimuli and It’s Relationship to Stress”. Psychological Buletin, No. 80.
Khalil bin Ahmad al-Farahidi, “Kitab al-Ain,” disunting oleh Mahdi al-Makhzum dan Ibrahim al-Samarra’i, Juz V, (t.t.: Dar Maktabah al-Hilal, t.th.).
Al-Jauziyah. Madarijus-Salikin: Jalan Menuju Allah, terjemah Katsur Suhardi, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 1998).
Burhanuddin, Yusak. (1998). Kesehatan Mental. Bandung: CV Pustaka Setia.
Cahyani, Ratih Dwi Cahyani, Elmustian, Dudung Burhanuddin. (2018). “ANXIETY FIGURES ICIH PRIHATINI IN THE SCRIPT OF MONOLOGUE DRAMA WANCI WORKS FROM IMAS SOBARIAH: PSYCHOLOGICAL ANALYSIS OF LITERATURE”, Jurnal Online Mahasiswa, Vol.5. No.1.
Jani Sanjari T dan Pratiwi Nurlita, “Konsep Kesehatan Mental Perspektif Imam al-Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumuddin,” Hasbuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3, No. 1, September 2023.
Chaplin J.P. (2006), Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan Kartini, K). Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Drajat, Zakiah. (1988). Kesehatan Mental. Jakarta: CV Haji mas Agung.
Rahmat N., Dian. “Kenapa Kita Sulit Bersyukur?” Lembaga Ta’lif wan Nasyr NU Jawa Barat. Diakses 23 April 2025. https://kabtasik.ltnnujabar.or.id/kenapa-kita-sulit-bersyukur/.
Gufron, M. Nur dan Rini Risnawita S. (2016). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamid Abdussalam Zahran. (t.th.). at-Taujih wa al-Irsyad an-Nafsi. Cet III. Kairo: Alam al-Kutub.
Ibnu Madzur, (1414 H). Lisanul ‘Arab. Juz I. Beirut: Dar Shadir.
Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah. (2019). Tariq al-Hijrataini wa Bab as-Sa’adataini. Muhammad Ajmal Al-Islahi (ed.). Juz I. Riyad: Dar Ata’at al-Ilmi.
Nur Kholik Afandi, Subandi, dan H. Hamim Ilyas. Psikologi Kebersyukuran Perspektif Psikologi Positif dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Cet. 1 (Depok: Rajawali Pers, 2021),
Ibnu Ruslan. (2016). Syarh Sunan Abi Dawud. Juz XIX. Cet I. Mesir: Dar al-Falah.
Khalil bin Ahmad al-Farahidi. (t.th.). Kitab al-Ain. Mahdi al-Makhzum dan Ibrahim al-Samarra’I (ed.). Juz V. (t.t.: Dar Maktabah al-Hilal.
Kompas TV, (2023). “Dua Mahasiswa Universitas Semarang Bunuh Diri”. https://www.youtube.com/watch?v=QF6cLIDFSho.
Mahardika, Nur. (2017). Kesehatan Mental. Cet I. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Masrur, Muhammad Shodiq & Azka Salsabila. (2021). “PERAN AGAMA DALAM KESEHATAN MENTAL PERSPEKTIF AL QURAN PADA KISAH MARYAM BINTI IMRAN”. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Vol. 3. No. 1.
Moh. Amir Bin Japri. (2017). “KONSEP KHAUF DAN RAJA’ IMAM AL-GHAZALI DALAM TERAPI GANGGUAN KECEMASAN”. Skripsi S1 Fakultas Ushuluddin UIN Medan.
Muhammad bin Ali as-Syaukani, (1999). Irsyadu al-Fuhul ilaa Tahqiq al-Haq min Ilmi al-Ushul, Juz II. Cet I. t.t.: Dar al-Kutub al-Arabi.
Muhammad bin Isa At-Tirmidzi. (1996). Sunan Tirmidzi. Basyar Awad Ma’ruf (ed.). Juz IV. Beirut: Dar al-Garbi al-Islami.
Muhammad bin Ismail al-Bukhari. (1993). Shahih Bukhari. Musthafa Dib al-Bagha (ed.). Juz V. Cet.V. Damaskus: Dar Ibnu Katsir.
Moh. Amir Bin Japri, “Konsep Khauf dan Raja’ Imam al-Ghazali dalam Terapi Gangguan Kecemasan,” Skripsi, (Medan: Fakultas Ushuluddin UIN Medan, 2017.
Mulyadi. (2017). Islam dan Kesehatan Mental. Jakarta: Kalam Mulia.
Muslim bin Hajjaj. (1995). Shahih Muslim. Muhammad Fuad Abdul Baqi (ed.). Juz IV. Kairo: Matba’ah Isa al-Babi al-Halabi.
Nugroho, Adara Bintang, Hanafiah Beno Al-Asri, dan Ardhia Ajeng Pramesti. (2022). “Survei Kesadaran Mental Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta di Era Digital dan Covid-19”, Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 10, No. 1.
Salam, Burhanuddin. (2000). Etika individual Pola Dasar Filsafat Moral. Jakarta: Rineka Cipta.
Izzuddin. “Hadits Arbain Ke-7 Tentang Agama Adalah Nasehat.” Izzuddin.sch.id. Diakses dari https://izzuddin.sch.id/hadits-arbain-ke-7-tentang-agama-adalah-nasehat/.
Shalah Abdul Fatah al-Khalidi. (2007). Al-Qur’an wa Naqd Matha’in ar-Ruhban. Cet I. Damaskus: Dar al-Qalam.
Syamsuddin Adz-Dzahabi, (1994). Siyar A’lami an-Nubala, Juz XIX. Beirut: Muassasah ar-Risalah.
Tsaniya, Uyun Silmi. (2023) “The Relationship Between Stress And Self Image In Early Adults With Acne Vulgaris”, Jurnal Penelitian Psikologi. Vol. 10. No.3.
Refbacks
- There are currently no refbacks.