SIKAP SYAIKH MUHAMMAD AL-TAHIR IBN ASYUR TERHADAP FENOMENA SEKULERISME DI TUNISIA PADA MASA KEPEMIMPINAN HABIB BURGUIBA
Abstract
Abstract
This research aims to examine Sheikh Ibn Ashur's attitude towards the phenomenon of secularism in Tunisia during Habib Bourguiba's leadership. Tunisia is a country where 99.5% of its 10.8 million population is Muslim. As stated in the country's official law, Tunisia is part of the Islamic community that pays special attention to Islamic objectives. Given that the majority of Tunisia's population is Muslim, the phenomenon of secularism, which separates religion from the state in Tunisia and was propagated by Habib Bourguiba through his political policies, has caused much opposition from various parties, both from the public and religious scholars. One of the figures who raised objections and criticism against the phenomenon of secularism in Tunisia was Sheikh Ibn Ashur. The method used by the researcher in this study is the descriptive-analytical method. In writing this research, the researcher examined and reviewed sources and books of classical and contemporary heritage, newspapers, magazines, and journals related to secularism in Tunisia during Habib Bourguiba's leadership and Sheikh Ibn Ashur's attitude towards it. The results of the study show that Sheikh Ibn Ashur opposed secularism itself and several manifestations of secularism in Tunisia, such as the abolition of waqf (religious endowments), Bourguiba's call for Tunisian people to break their fast during Ramadan, Bourguiba's attacks on the Quran and the Prophet and the ban on polygamy.
Keywords: Secularism, Tunisia, Sheikh Ibn Ashur
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap Syekh Ibnu Asyur terhadap fenomena sekularisme di Tunisia pada masa kepemimpinan Habib Bourguiba. Tunisia adalah negara dengan 99,5% penduduknya beragama Islam dari total populasi 10,8 juta jiwa. Seperti yang dinyatakan dalam undang-undang resmi negara Tunisia, Tunisia merupakan bagian dari umat Islam yang memberikan perhatian khusus pada tujuan-tujuan Islam. Mengingat mayoritas penduduk Tunisia adalah Muslim, fenomena sekularisme yang memisahkan agama dari negara di Tunisia, yang disebarkan oleh Habib Bourguiba melalui kebijakan-kebijakan politiknya, telah menimbulkan banyak pertentangan dari berbagai pihak, baik dari masyarakat maupun para ulama. Salah satu tokoh yang mengajukan keberatan dan kritik terhadap fenomena sekularisme di Tunisia adalah Syekh Ibnu Asyur. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analitis. Dalam penulisan penelitian ini, peneliti menelaah dan mengkaji sumber-sumber dan buku-buku turats klasik dan kontemporer, surat kabar, majalah, dan jurnal yang berkaitan dengan sekularisme di Tunisia pada masa kepemimpinan Habib Bourguiba serta sikap Syekh Ibnu Asyur terhadapnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap Syekh Ibnu Asyur menentang sekularisme itu sendiri dan beberapa manifestasi sekularisme di Tunisia seperti penghapusan wakaf, ajakan Bourguiba kepada rakyat Tunisia untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan, serangan Bourguiba terhadap Al-Qur'an dan Rasul, serta larangan poligami.
Kata Kunci: Sekulerisme, Tunisia, Syaikh Ibn Asyur
References
Abu Al-Aza’im, Manal Muhammad. Namadhij Min Taqniyat Al-Ma’lumat Wa Anzimatiha Al-Hadithah Min Manzur Maqasid Al-Qur’an Al-Karim ’ind Ibn Ashur. Kitab Elek., 2022.
Abu Shahbah, Muhammad ibn Suwaylim. Al-Sirah Al-Nabawiyyah “ala Daw” Al-Qur’an Wa Al-Sunnah. Dimashq: Dar al-Qalam, 1992.
Aini, Zahratul, and Nur Fitriyana. “Perceraian Akibat Poligami (Studi Fikih-Analitis Terhadap Putusan Pengadilan Syariah Di Palembang Tahun 2016–2017) Berdasarkan Hukum Islam.” Jurnal Al-Zahra 16, no. 2 (2019): 181–96.
Al-Bantani, Muhammad Nawawi ibn Umar. Kashifat Al-Saja Sharh Safinat Al-Naja. Beirut: Dar Ibnu Hazm, 2011.
Al-Bar, Ali. Al-’Ilmaniyyah: Judzuruha Wa Usuluha. Dimashq: Dar al-Qalam, 2008.
Al-Ghali, Belkacem. Sheikh Al-Jami’ Al-A’zam Muhammad Al-Tahir Ibn Ashur: Hayatuhu Wa Atharuhu. Beirut: Dar Ibnu Hazm, 1996.
Al-Hawali, Safar. Al-’Ilmaniyyah: Nash’atuha Wa Tatawwuruha Wa Atsaruha Fi Al-Hayah Al-Islamiyyah Al-Mu’asirah. Dar al-Hijrah, 2010.
Al-Mutairi, Abd al-Muhsin. Da’wa Al-Ta’in Fi Al-Qur’an Al-Karim. Beirut: Dar al-Bashair al-Islamiyyah, 2006.
Al-Nawawi, Yahya ibn Sharaf. Al-Tibyan Fi Adab Hamalat Al-Qur’an. Beirut: Dar Ibnu Hazm, 1996.
Al-Qahtani, Said Ibn Ali. Al-Siyam Fi Al-Islam Fi Daw’ Al-Kitab Wa Al-Sunnah. al-Qasab: Markaz al-Da’wah wa al-Irshad, 2010.
Al-Rahmuni, Muhammad. Al-’Ilmaniyyun Fi Tunis: Sira’ Al-Fikr Wa Al-Siyasah. Beirut: Markaz Nama’ li al-Buhuth wa al-Dirasat, 2013.
Al-Sa’di, Abd al-Rahman. Taysir Al-Karim Al-Rahman Fi Tafsir Kalam Al-Mannan. Beirut: Muassasat al-Risalah, 2000.
Al-Utsaimin, Muhammad bin Salih. Fushul Fi Al-Siyam Wa Al-Tarawih Wa Al-Zakah. Riyadh: Madar al-Wathon lil al-Nasyr, 2001.
Ali, Yasin. “Tanaqudh Al-Ilmaniyyah Ma’a Al-Islam,” 2024. https://www.attahrir.tn/تناقض-العلمانية-مع-الإسلام/.
As-Shabuni, Muhammad Ali. At-Tibyan Fi Ulum Al-Qur’an. Pakistan: Maktabah al-Bushra, 2011.
As-Suyuti, Jalal ad-Din. Al-Ittiqan Fi ’Ulum Al-Qur’an. Cairo, 1974.
At-Tartil, Al-Lajnah al-’Ilmiyyah bi Jam’iyyat. Al-’Ilmaniyyah - Al-Liberaliyyah - Ad-Dimuqratiyyah - Ad-Dawlah Al-Madaniyyah Fi Mizan Al-Islam. Kairo: Al-Lajnah al-’Ilmiyyah bi Jam’iyyat at-Tartil, 2013.
Auda, Jaser. Maqasid Al-Shariah As Philosophy Of Islamic Law. Washington: The International Institute of Islamic Thought, 2008.
Azizah, Tariq. Silsilat At-Tarbawiyah Al-Madaniyah 1: Al-Ilmaniyyah. Dimashq: Bayt al-Muwatin lin-Nashr wat-Tawzi’, 2014.
Bahhu, Mustafa. Al-’Ilmaniyyah: Al-Mafhum Wal-Mazahir Wal-Asbab. Maghrib: Jaridat as-Sabil, 2012.
Belhaj, Faraj. Sijal Al-’Almana Wa Al-Islam Al-Siyasi Fi Tunis. Tunis: Majma’ al-Atrash, 2018. https://www.jarir.com/dp/arabic-books-602764.html.
Binbulagheeth, Al-Shaybani. Bourguiba Wa Al-Awqaf. Tunis: Maktabah Alauddin, 2009. https://kshaf.awqaf.gov.qa/handle/1234/14414.
Fata, Ahmad Khorul, and Siti Mahmudah Noorhayati. “Sekulerisme Dan Tantangan Pemikiran Islam Kontemporer.” Jurnal Madania 20, no. 2 (2016): 222.
Hajji, Lotfi. Bourguiba Wa Al-Islam. Tunis: Dar al-Janub, 2013. https://books.google.co.id/books/about/بورقيبة_والإسلام.html?id=zTkW0QEACAAJ&redir_esc=y.
Haryati, Nani. “Analisis Pendektan Teks Dan Konteks Penafsiran Poligami Ibnu Asyur Dalam Kitab Al-Tahrir Wa Al-Tanwir.” Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 3, no. 1 (2013): 74–92.
Husaini, Adian. Wajah Peradaban Barat. Edited by Wisnu Pramudya. Jakarta: Gema Insani, 2005.
Ibn Ashur, Muhammad al-Tahir. Al-Tahrir Wa Al-Tanwir. Al Dar Al Tunisiyah. Tunis: Al-Dar al-Tunisiyah, 1984.
———. Al-Waqf Wa Atsaruhu Fi Al-Islam. Tunis: Dar Sahnoun li al-Nashr wa al-Tawzii’, 2023.
———. Maqasid Al-Shari’ah Al-Islamiyyah. Qatar: Ministry of Awqaf and Islamic Affairs, 2004.
———. “Usul Al-Nizam Al-Ijtima’ Fi Al-Islam.” Tunis: Nashr al-Sharika al-Tunisiyya lil al-Tawzi, 1985.
Ibn Ashur, Muhammad at-Tahir. At-Tahrir Wa at-Tanwir. Tunis: Ad-Dar at-Tunisiyyah li an-Nashr, 1984.
Ibn Baz, Abdullah. Hukm Al-Islam Fi Man Za’ama Anna Al-Qur’an Mutanaqidh. Medina: Al-Jami’ah al-Islamiyyah, 1974.
Jalil, Muhammad bin Abdul. Al-Din Wa Al-Dawlah Fi Fikr Al-Sheikh Muhammad Al-Tahir Ibn Ashur: Dirasah Tahliliyya Muqaranah. Tunis: Majma’ al-Atrash li al-Kitab al-Mukhtasas, 2018.
Jamaluddin. “Sekularisme: Ajaran Dan Pengaruhnya Dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal Madarissuna 3, no. 2 (2013): 316.
Juliandi, Budi. “Wakaf Dan Politik Di Tunisia.” Ahkam XV, no. 2 (2015): 137–44.
Mursal, S.HI. “Sekulerisme Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Al-Fikrah 3, no. 2 (2014): 201.
Rasyidi, Abdul Haris. “Kajian Islamologi Tentang Tradisi.” Jurnal Islam Nusantara 01, no. 02 (2017): 205–16.
Ruhaili Faraj, Hamud bin Ahmad bin al-. Al-’Ilmaniyyah Wa Mawqif Al-Islam Minha. Al-Madinah: Nashir al-Jami’ah al-, 2020.
Sa’di, Ahmad, and Sadiq Kazim. “Al-’Ilmaniyyah: Mafhumuha Wa Nash’atuha.” Afaq Al-Hadarah Al-Islamiyah 2 (2017): 49.
Saqr, Nabil Ahmed. Manhaj Al-Imam Al-Tahir Ibn Ashur Fi Al-Tafsir. Cairo: Al-Dar al-Mishriyyah, 2001.
Yasin, Yuli. “Wakaf Uang Dan Pentingnya Dalam Mengaktifkan Peran Wakaf Di Indonesia.” Jurnal Al-Zahra 12, no. 1 (2015): 15–40.
Refbacks
- There are currently no refbacks.