IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DRAMA DENGAN STRATEGI TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS DONGKREK

Dwi Rohman Sholeh, Herman J. Waluyo, Setya Yuwana Sudikan, Nugraheni Eko Wardani

Abstract


Abstract: This research is meant to: (1) describe the planning of Drama learning using Dongkrek-based Teams Games Tournament (TGT) strategy, (2) describe the implementation of Drama learning using Dongkrek-Based TGT strategy, and (3) describe the obstacles faced by the lecturers and students in drama learning using Dongkrek-Based TGT  strategy. This descriptive qualitative research took place in IKIP PGRI Madiun, East Java. The result shows that (1) The lecturer who responsible for the planning of Drama learning using Dongkrek-Based TGT strategy has implemented the designed syllabus while the objectives has been in accordance with the Standard Competency and Basic Competence.  Furthermore, the syllabus has includes the complete implementation procedures starting from initial activity of apperception, elaboration, confirmation and motivation. Main activities includes exploration, elaboration and confirmation followed by closing. (2) The implementation of Drama learning using Dongkrek-based TGT strategy included ‘Practice/performance test” in the syllabus but performed written test in the implementation while giving assignment to the student. In addition, there are some points of indicators which have not been achieved by students and didn’t received any special attention from the lecturer. The learning objectives have been in accordance with the Standard Competency and Basic Competency of the syllabus. (3) Obstacles faced by lecturer and students in the implementation of drama learning using Dongkrek-Based TGT strategy proved to be joyful learning as it comes from local culture called Dongkrek as students gained immediate competency on literacy instead of the theory.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan  perencanaan pembelajaran drama dengan strategi Teams Games Tournament (TGT) berbasis dongkrek, (2) mendeskripsikan  penerapan pembelajaran drama dengan strategi TGT berbasis dongkrek, dan (3) mendeskripsikan kendala-kendala apa sajakah yang dihadapi dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran drama dengan strategi TGT berbasis dongkrek. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mengambil lokasi di IKIP PGRI Madiun Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dosen pengampu dalam perencanaan pembelajaran drama dengan strategi TGT berbasis dongkrek, sudah mengikuti silabus yang dibuat, tujuan sudah sesuai dengan SK dan KD yang digunakan. Kemudian silabus langkah-langkah pembelajaran sudah lengkap dimulai dari kegiatan awal yang melingkupi apersepsi, elaborasi, konfirmasi dan motivasi. Kegiatan inti melingkupi eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, kemudian penutup. (2) Penerapan pembelajaran drama dengan TGT berbasis dongkrek pada teknik penilaian pada silabus dicantumkan “tes praktik/ kinerja” namun dosen lebih kepada tes tulis ketika memberikan tugas mahasiswa, ada pula beberapa poin indikator yang belum mampu dicapai oleh mahasiswa dan tidak mendapat perhatian khusus dari dosen. Tujuan pembelajaran juga sudah sesuai dengan SK dan KD pada silabus. (3) Kendala-kendala dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran drama dengan strategi TGT berbasis dongkrek, karena sebuah pembelajaran yang berangkat dari sebuah kesenian lokal yaitu kesenian dongkrek maka pembelajaran drama untuk mahasiswa  menyenangkan (joyful learning) karena mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung tentang kompetensi kesastraan dan bersastra dan tidak hanya berteori.

Permalink/DOI: http://doi.org/10.15408/dialektika.v6i1.9679

 


Keywords


Drama learning; Pembelajaran drama; Teams Games Tournament (TGT); berbasis dongkrek;Teams Games Tournament; Dongkrek-Based

Full Text:

PDF

References


Abrams, M.H.1971. A Glossary of Literary Terms. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.

Dick, W. Carey, L. and O’Carey, J. 2009.The Sistematic Design of Instruction 7th Edition. London: Pearson Education Ltd.

Fathurrohman, P., Sutikno, M S. 2007. Strategi Belajar Mengajar.Refika Aditama

Harymawan. 1988. Drama Turgi. Bandung: CV. Rosda

Joyce, B. and Weil, M. 1980. Model of Teaching. New Jersey:Prentice-Hall

Satoto, S. 2012. Analisis Drama & Teater (Bagian 1).Yogyakartya: Penerbit Ombak.

Shipley, J. T. 1962. Dictionary of Word Literature. Peterson, New Jersey: Littlefied, Adam & Co.

Tim Penyusun Asosiasi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. 2016. Capaian Pembelajaran dan Standar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pressindo

Uno, H. B. 2007. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Efektif dan Efisien. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Waluyo, H. J. 2006. Drama: Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v6i1.9679 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

    

more...