TIPE PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
Abstract
Abstract: This study aimed to describe the type of Indonesian language learning implemented in SMA Negeri 1 Ciawi, Social Class X. Qualitative method is employed in this research in order to describe the research object. The technique used to collect data was questionnaire, observation or direct observation in the classroom, and conduct interviews. The results showed that the type of Indonesian language learning that took place at SMA Negeri 1 Ciawi, Social Class X is integrative type. Integrative type is a type of language learning in which students do not just learn the language, but everything they learned in school are applied in everyday life. Through the questionnaire knows as much 67% students show a positive attitude towards Indonesian language. In addition, strengthened by the result of observations show seven teachers' activities also led to a positive attitude towards Indonesian.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tipe pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X IPS SMA Negeri 1 Ciawi. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk memaparkan objek penelitian tanpa memanipulasi data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket, pengamatan atau observasi di kelas, dan melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X IPS SMA Negeri 1 Ciawi yaitu tipe integratif. Tipe integratif mengarah pada pembelajaran bahasa yang membentuk sikap positif bahasa. Melalui angket diketahui bahwa 67% siswa menunjukkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Demikian juga dengan angket guru, yakni sebanyak tujuh guru melakukan proses pembelajaran bahasa yang mengaraj pada tipe integratif.
Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/dialektika.v4i1.7000
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adul, M. Asfandi. Bahasa Indonesia Baku dan Fungsi Guru dalam Pembinaan bahasa Indonesia. Surabaya: PT Bina Ilmu, 1983.
Brown, H. Douglas. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Edisi Kelima. Jakarta: Pearson Education, 2008.
Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Gardner, Robert C. and Wallace E. Lambert. Attitudes and Motivation in Second-Language Learning. Rowley: Newbury House Publishers, 1972.
Jendra, Made Iwan Indrawan. Sosiolinguistics: The Study of Societies’ Language. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
Kridalaksana, Harimurti. Fungsi Bahasa dan Sikap Bahasa. Flores: Nusa Indah, 1985.
Kridalaksana, Harimurti. Kamus Linguistik Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.
Littlewood, William T.. Foreign Second Language Leraning. New York: Cambridge University Press, 2005.
Muliastuti, Liliana. Pamor Bahasa Indonesia. Dalam Koran Jakarta yang diterbitkan pada 7 April 2016, diunduh pada tanggal 22 September 2016 pukul 13.12 WIB
Nuryani, “Sikap Bahasa Masyarakat Urban terhadap Bahasa Indonesia (Menemukan Tipe Pembelajaran Bahasa Indonesia di Wilayah Rural dan Urban)” http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/ 31821/3/NURYANI-FITK.pdf diunduh pada 13 Mei 2017.
Pascaundhiksa. Modul Sosiolinguistik. Dalam http://pascaundhiksa.ac.id. Diunduh pada tanggal 28 Oktober 2015 pukul 14.00
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta, 2009
DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v4i1.7000 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201
Indexing by: