PILIHAN BAHASA DAN SIKAP BAHASA DALAM SITUASI INFORMAL PADA SISWA SMA DAN SMK DI KABUPATEN KARANGASEM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pilihan dan sikap bahasa yang digunakan oleh siswa SMA dan SMK di Kabupaten Karangasem ketika berkomunikasi dalam situasi informal, baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga di rumah. Analisis meliputi pilihan bahasa ketika berbicara dengan orang tua, saudara, dan teman sebaya. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji sikap bahasa mereka terhadap penggunaan bahasa Bali dalam situasi informal tersebut. Dengan menggunakan teknik cluster sampling, 262 siswa kelas XI SMA dan SMK di Kecamatan Karangasem, Bebandem, dan Manggis dilibatkan. Penelitian ini dirancang dalam bentuk deskriptif kualitatif dan kualitatif. Data yang telah dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner terbuka, wawancara, dan observasi lapangan kemudian dianalisis dengan menggunakan proses kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) pilihan bahasa siswa ketika berkomunikasi dengan orang tua hanya sebagian kecil yang menggunakan bahasa Bali yaitu rata-rata 30% yang disebabkan oleh adanya tingkatan bahasa atau tatwaning anggah-ungguh bahasa Bali yang membuat siswa merasa takut salah, pilihan bahasa siswa berbeda ketika berkomunikasi dengan saudara kandung yaitu rata-rata 90% menggunakan bahasa Bali yang disebabkan oleh adanya hubungan horisontal yang ditandai dengan kedudukan yang setara, pilihan bahasa siswa ketika berkomunikasi dengan teman sebaya yaitu bahasa Bali. Bahasa Bali menjadi pilihan utama sebagai bahasa sehari-hari karena memudahkan untuk mencapai tujuan komunikasi. (2) Sikap siswa terhadap keberadaan bahasa Bali adalah positif. Hal ini ditandai dengan rasa bangga siswa terhadap keterlibatan menggunakan bahasa Bali dalam kategori selalu dan sering, semangat yang mencapai 70% untuk melestarikan bahasa Bali, dan meningkatkan keterlibatan menggunakan bahasa Bali di rumah untuk memperkuat identitas sebagai orang Bali.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyani, N., & Pastika , I. (2016). Phonological Development In The Early Speech Of An Indonesian-German Bilingual Child. Research in Language, 14,(3). 329-350.
Adnyani, N., Beratha, N., & Suparwa, I. (2017). Child Comprehension Of Adults' Verbal Input' a Case Of Bilingual Acquisition In Infancy. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 7,(1). 11.18.
Adnyani, N., Beratha, N., Pastika, I., & Suparwa, I. (2018). he development of verbal morphology and word order in . an Indonesian-German bilingual child: A case study, 19,(1). 33-53.
Adnyani, N., Udayana, D., & Ramendra , D. (2020). Early Syntactic Acquisition Of a Balinese Speaking Child. Linguistik Indonesia, 38, (1). 71-92.
Adnyani, N., Wisudariani, N., & Swandana, I. (2022). Lexical development in an Indonesian-Balinese bilingual. Indonesian Journal Of Applied Linguistics, 12,(2). 476-488.
Ahamdi, A. (2018). Psikologi Sosial. In Z. Syahputera, Sikap dan Pengguna Bahasa Indonesia dan Implikasinya terhadap Bahasa Daerah (p. 9). Banda Aceh: Balai Bahasa Aceh.
Ahmadi, A. (1999). Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Andayani, N., & Dwiyani, N. (2022). Kajian Sosiolinguistik: Pelestarian Bahasa Bali melalui Lagu-lagu Berbahasa Bali oleh Band Alternatif Bali XXX. Semnalisa, 261-268.
Aprianingsih, N. K. D., Suwiryawati, N. K. D., Putri, N. L. G. D. E., & Putri, Y. K. W. (2023). Peran generasi z dalam penggunaan bahasa, sastra dan aksara Bali sebagai pengembangan budaya menuju Indonesia emas. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 3, 61-77.
Arda, S., & Doyran, F. (2017). Analysis of Young Learners’ and Teenagers’ Attitudes to English Language Learning. International Journal of Curriculum and Instruction, 9,(2). 179- 197.
Ariana, I. (2024). Kedudukandan Fungsi Bahasa Bali bagiGenerasi Mudadi Kota Denpasar. Sphota, 16,(2) 160-170.
Ariesta, R. (2016). Kecenderungan Pemilihan Bahasa (Language Choice) Kalangan Terpelajar. Wacana , 14,(1) 27-35.
Arka, I. (2013). Language management and minority language maintenance in (eastern) Indonesia: strategic issues. Languange Documentation & Conservation.
Bitu, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemerolehan Bahasa Kedua. Jurnal Edukasi Sumba, 4,(2). 153-160.
Botifar, M. (2015). Pemertahanan Bahasa dan Pengembangan Kurikulum Bahasa Berbasis Analisis Kebutuhan. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB. Bengkulu.
Chaer, & Agustina. (2018). In Z. Syahputera, Sikap Pengguna Bahasa Indonesia dan Implikasinya terhadap Bahasa Daerah (p. 7). Aceh: Balai Bahasa Aceh.
Chaer, A., & Leonie, A. (1995). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta. Creswell, J. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, Mixed, Methods Approaches. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore: SAGE.
De Houwer, A. (2007). Parental language input patterns and children bilingual use. Applied Psycholinguistics, (28), 411–424.
Dewantara, I., Suandi, I., Putrayasa, I., & Rasna, I. (2018). Membangun Sikap Bahasa Positif terhadap Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 2,(2). 73-78.
Dhanawaty, N., Malini, N., Wiasti, N., & Yadnya, I. (2020). Language and Social Identity: Language Choice and Language Attitude of Diaspora Communities in Bali. Pertanika Journals, 28,(2) 980-992.
Dewi , N. (2023). Sikap Bahasa Mahasiswa Multikultural di Fakultas Brahma Widya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar terhadap Mata Kuliah Bahasa Bali. Jayapangus Press, 6,(1) 44-57.
Elly , K., Rasna, I., & Suandi, I. (2019). Interaksi Sosiolinguistik Masyarakat di Kecamatan Busungbiu Kabupaten Banyumas . Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 3,(1). 41-50.
Ernanda. (2018). Pemilihan Bahasa dan Sikap Bahasa pada asyarakat Pondok Tinggi Kerinci. Jurnal Ilmu Humaniora, 2,(2). 193-211.
Fasold , R. (1984). The sociolinguistics of society. Oxford, England.: Basil Blackwell.
Fasold. (2014). In Nuryani, S. Isnainah, & I. Eliya, Sosiolinguistik dalam Pengajaran Bahasa berbasis Multikultural : Teori dan Praktik Penelitian (p. 138). Bogor: In Media.
Fishman, J. (1985). Language. In A. Kuper, & J. Kuper, The social science encyclopedia. London, England: Routledge.
Fitrawahyudi, & Kasmawati. (2019). Kemampuan Bahasa Daerah Usia 17-22 Tahun : Proyeksi Kepunahan Bahasa Daerah di Kabupaten Maros. Idiomatik, 2,(2). 75-81.
Fitriani, A., & Wardani, M. (2020). Language Attitudes and Language Choice Among Students In Yogyakarta : A Case Study At Universitas Sanata Dharma. International Journal of Humanity Studies, 3,(2). 239-250.
Giles, H., & Coupland, N. (1991). Language. Keynes, England.: Open University Press. Hidayat, N. (2014). Hubungan Berbahasa, Berpikir, dan Berbudaya. Sosial Budaya : Media Komunikasi Ilmu-ilmu Sosial dan Budaya , 11,(2) 190-205.
Hidayati, N. (2019). Bilingualisme dan Multilingualisme : Pro dan Kontra pada Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak. Al Hikmah, 10, (1). 92-1104.
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Hymes, D. (1962). The ethnography of speaking. In G. In T, & S. W, Anthropology and human behavior (pp. 13-53). Washington,: USA: Anthropological Society of.
Ibrahim, G. (2011). Bahasa Terancam Punah : Fakta, Sebab-Musabab, Gejala, dan Strategi Perawatannya. Linguistik Indonesia, 29(1), 36-51.
Indriamawati, S., Anggraeni, A., & Mijianti , Y. (2023). Pilihan Bahasa Siswa SD di SD N 3 Kedungwangu beserta Implikasi dalam Pembentukan Karakter. Aufklarung: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya., 1,(9) 45-53.
Jatiyasa, I. (2019). Komunikasi Bahasa Bali dalam Paruman Adat di Desa Bunutan Karangasem (Perspektif Sosiolinguistik). (pp. 117-134). Amlapura: STKIP Agama Hindu Amlapura.
Jayawangsa, I. G. A. R. (2023). Lomba bulan bahasa Bali sebagai prasarana pendidikan bahasa Bali yang berkesinambungan: Sebuah analsis perencanaan. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1).
Juliantari , N. (2019). trategi Penyelamatan Muka melalui Kesantunan Berbahasa dalam Komunikasi Umat Hindu di Karangasem. Ganaya, 2,(1) 1-17.
Jumaida , N., & Rokhman , F. (2020). Pilihan Bahasa Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Semarang. Jurnal Sastra Indonesia, 9,(3) 193-197.
Kemendikbud. (2022). Revitalisasi Bahasa Daerah: Upaya Pelindungan Bahasa dari Kepunahan. Diakses di https://itjen.kemdikbud.go.id/web/revitalisasi-bahasa-daerah-upaya-pelindungan-bahasa-dari-kepunahan/ pada 5 Januari 2025.
Lafamane, F. (2020). Fenomena Penggunaan Bahasa Daerah di Kalangan Remaja.
Lai, M. (2011). Cultural identity and language attitudes – into the second decade ofpostcolonial Hong Kong. Journal Of Multilingual and Multicultural Development, (32). 249-264.
Lestari, J., & Islamiah, F. (2023). Variasi Pragmatik dalam Tindak Tutur pada Situasi Formal dan Informal.
Lewis, G. (2007). Teenagers. Oxford: oxford University Press.
Liana, N., & Utomo, A. (2021). Analisis Situasi Tutur dalam Perbedaan Berkomunikasi Presiden Jokowi melalui Cuplikan Video pada Chanel Youtube Metronews. Undas, 17,(2) 174-184.
Ma'arif, M., & Lailia, N. (2022). Analisis Sosiolinguistik Bilingualisme dalam Film Layla Majnun Karya Monty Tiwa. PENEROKA, 2, (2). 216-233.
Ma'arif, M. (2020). Sikap Berbahasa Remaja Kota dan Kabupaten Serang pada Bahasa Jawa Serang (Jaseng) terhadap Kebudayaan Indonesia. Jurnal Membaca, 5,(2) 127-132.
Mansyur, U. (2019). Sikap Bahasa Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Geram : Gerakan AKtif Menulis, 7,(2) 71-77.
Mardika, I. (2020). Lagu Pop Bali dalam Pelestarian Budaya Bali . Kulturistik, 4,(1) 74-81.
Mislikhah, S. (2014). Kesantunan Berbahasa . Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies, 1,(2).285-296.
Muhamad, S. (2023). Kecenderungan Pemilihan Bahasa (Ikhtiar Al-Lughah) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Naskhi, 5,(1) 10-20.
Mujib, A. (2009). Hubungan Bahasa dan Kebudayaan. Addabiyat, 8,(1). 142-154.
Mukhamdanah, & Handayani , R. (2020). Pilihan dan Sikap Bahasa Masyarakat di Perbatasan Indonesia dan Timor Leste. Ranah : Jurnal Kajian Bahasa , 9,(2) 326-340.
Muliana , I., Subur , M., & Suarjaya, A. (2021). Sikap Positif Para Remaja di Desa Buduk Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung terhadap Bahasa Bali. Wicaksana, 5,(1) 43-51.
Muliani, N., & Muniksu, I. (2020). Peraturan Gubernur Bali No 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali. Kalangwan, 10,(1) 36-41.
Mustika, I. (2018). Pergeseran Bahasa Bali sebagai Bahasa Ibu di Era Global (Kajian Pemertahanan Bahasa). Purwadita, 2(1), 94-101.
Nadhiro, S., Rachmasari, S., Jayanti , R., Amelia, S., & Sholihatin, E. (2023). Penggunaan Ragam Bahasa Dalam Digital Marketing Pada Aplikasi Tiktok @eatsambel. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9,(14). 642-653.
Natalia , A., Linarto, L., Poerwadi, P., Purwaka, A., & Misnawati. (2023). Pilihan Bahasa dalam Komunikasi Mahasiswa Multietnik PBSI serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Berbicara pada Siswa SMA. . Atmosfer, 1,(1) 123-141.
Nuryani, Isnaniah, S., & Eliya, I. (2021). Sosiolinguistik dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Multikultural : Teori dan Praktik Penelitian. Bogor: In Media.
Purnami, I. A. P., & Sutama, I. M. (2024). Penerapan media wordwall dalam pembelajaran kosa basa Bali tingkat sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 332-346.
Pranowo, & Sari, A. (2021). Bentuk Bahasa dan Sikap Bahasa di Media Sosial untuk Menanggulangi Covid 19: Penelitian Pragmatik. Dialektika, 8,(2). 160-177.
Suandi, I. (2020). Upaya Pelestarian Bahasa dan Budaya Bali melalui Pengembangan Kamus Seni Tari Bali. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH) , 6,(1). 335-353.
Widana, I., Jayawangsa, I., & Putrayasa, I. (2024). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Bali Jenjang Sekolah Menengah Perspektif Tata Bahasa Transformassional-Generatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11,(3). 637-647.
Wimayanti, N., Adnyani, N., & Suwastini, N. (2022). Language Mixing in an Indonesian-Balinese Simultaneous Bilingual Child. Linguistika, 29,(2). 109-120.
DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v12i1.45442
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201
Indexing by: