Keterampilan Berbicara Mahasiswa BIPA melalui Pemanfaatan Media Papan Cerita Rakyat

Harris Rizki Harris Rizki, Syamsul Sodiq, Fafi Inayatillah

Abstract


Pentingnya pemanfaatan media papan cerita rakyat dalam pengembangan keterampilan berbicara mahasiswa BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Penelitian ini menggabungkan konsep keterampilan berbicara dengan keberagaman budaya Indonesia yang tercermin dalam cerita rakyat. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan fokus pada pengalaman belajar mahasiswa dan dampak penggunaan media papan cerita rakyat terhadap kemampuan berbicara mereka. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media papan cerita rakyat dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar serta membantu mereka mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia. Hal ini terjadi karena media tersebut memberikan konteks budaya yang nyata dan mendalam bagi mahasiswa untuk memahami dan mengaplikasikan bahasa Indonesia dalam konteks yang relevan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi budaya lokal dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing serta potensi media papan cerita rakyat sebagai alat pembelajaran yang efektif dalam pengembangan keterampilan berbicara mahasiswa BIPA.

Full Text:

PDF

References


Andayani. (2012). Efektivitas Media Pembelajaran Dakon Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa BIPA. Jurnal UNESA, Vol. 1 No. 1.

Faizin dan Isnaini, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Pembelajaran BIPA Level Dasar Dengan Menggunakan Kartu Kosa Kata. Jurnal UNS, Vol. 7 No. 2.

Maharany, E. R. (2017). Cerita Rakyat Sebagai Media Keterampilan Berbahasa. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol.1 No, 2.

Rahmadhani, P. R.., dkk. (2016).Pengembangan Bahan ajar Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Bagi Penutur Tingkat Pemula. Jurnal Pendidikan, Vol.1No.3.

Rudi dan Mujianto, G. (2021). Tuturan Ekspresif Pengajar BIPA Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Metode Dengar Pandang. Jurnal Alenia, Vol. 10 No.1.

Rosita, F. Y. (2019). Pengembangan Tekinik Interactive Communicative Games Untuk Keterampilan Berbicara BIPA Kelas Pemula. Jurnal Basastra, Vol. 19 No. 1, 2019.

Violensia, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Dadu bergambar Untuk Keterampilan Berbicara Mahasiswa BIPA Tingkat Menengah. Jurnal Basindo, Vol.4 No. 1.

Wahyono, T., dan Farahsani, Y. (2017).Penerapan Pendekatan Proses Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Jurnal Aksis, Vol. 1 No.2.

Widianto, E.(2017). Media Wayang Mini Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bagi Pemelajar BIPA A1 Universitas Ezzitouna Tunisia. Jurnal Kredo, Vol. 1 No. 1..

Andajani, I. V. (2021). Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Tingkat Menengah untuk Pembelajaran BIPA Daring . Jurnal Pendidikan, Vol 6, No7, hal 1066—1075.

Asteria, P. V. (2019). Penerapan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Di Kelas Multi-Level BIPA. Jurnal KODE, Vol 8, No 2, hal 1-17.

Bewe, W. A. (2020). Listening Learning of Indonesian for Speakers of Other Languages (BIPA) for Academic Purposes. Journal of Education, Teaching, and Learning , Vol 5, No 2. hal 401-408 .

Erowati, F. S. (2021). Tingkat Kemampuan Berbicara Pemelajar BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Tingkat Pemula Menggunakan Tes Teks Deskripsi. Jurnal Tabasa, Vol 2, No 2, hal20-38.

Gustyawan, T. (2019). Bermain Peran (Role Play) Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula . Jurnal DESKOVI :, Vol 2, No2, hal 65-68.

Hapsari, A. M. (2021). Materi Ajar Berbicara Menggunakan Media Audio: BIPA Level 1. Jurnal Repetisi, Vol 4, No 2, Hal 63-73.

Khaerunnisa, P. U. (2021). Pemanfaatan Media Papan cerita Rakyat Dalam Keterampilan Berbicara Mahasiswa BIPA Level 6. Jurnal Matapena , Vol 4, No 2, hal 193-201.

Panich, A. R. (2021). Pengambangan Bahan Ajar BIPA Daring TIngkat Pemula Rendah . Jurnal RANAH , Vol 10, No 1, hal 154-168.

Rosita, F. Y. (2019). Pengembangan Teknik Interactive-Communicative Games Untuk Keterampilan Berbicara BIPA Kelas Pemula. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol 19, No 1, hal 51-60.

Anonim. (2020, November 10). Tingkatkan fokus dan konsentrasi dengan Musik. Generali

Aubry, A., Gonthier, C., & Bourdin, B. (2021). Explaining the high working memory capacity of gifted

children: Contributions of processing skills and executive control. Acta Psychologica, 218, 103358. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2021.103358

Drigas, A., & Mitsea, E. (2020). The 8 Pillars of Metacognition. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(21), 162. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i21.14907

Farmer, T. A., & Matlin, M. W. (2019). Cognition (10th ed.). John Wiley & Sons, Inc.

Kurniawati, Y., & Lestari, S. (2021). Beauty Bullying or Body Shaming? Upaya Pencegahan Body Shaming Pada Remaja. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 69. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5483

Metivier, A. (2023, November 2). Binaural Beats And Memory: Bisakah Musik Gila Ini Membuat Anda Lebih Cerdas? Magnetic Memory Method.

Nurhadi, J., & Syihabuddin, S. (2021). Meningkatkan Aktivitas Memori Kerja Berbantuan Binaural Beats. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2), 99–106. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i2.1086

Ohwovoriole, T. (2023, March 14). Different Types of Memories. Verywell Mind Shan, C. Z., & Bakar, M. A. B. A. (2021). Does Gender Difference Play a Significant Role in Verbal and Visuospatial Working Memory Performance? . Journal of Cognitive Sciences and Human Development, 7(2), 80–90.

Spencer, J. P. (2020). The Development of Working Memory. Current Directions in Psychological Science, 29(6), 545–553. https://doi.org/10.1177/0963721420959835




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v11i2.39432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

    

more...