PENGARUH FIKSI PENGGEMAR : ALTERNATIVE UNIVERSE (AU) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA REMAJA INDONESIA (Studi kasus pembaca Alternative Universe pada fandom treasure makers)

Eneng Komariyah Maimun Komariyah, Tibia Nalurita Rachmani

Abstract


Abstrak : Membaca adalah kegiatan memperoleh pengetahuan baru bagi pembaca. Kualitas Pendidikan dan sumber daya manusia di suatu negara akan meningkat jika minat baca masyarakatnya tinggi. Maka dari itu, sudah seharusnya kesadaran akan pentingnya memiliki minat baca perlu ditanamkan sejak dini oleh para orang tua. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh Alternative Universe (AU) dalam meningkatkan minat baca individu.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Sumber data berasal dari angket yang disebarkan melalui media social dengan responden yang pernah atau suka membaca AU dan sampel diambil secara random. Tidak dapat dipungkiri lagi, dalam hasil survei minat baca nasional maupun internasional, diketahui bahwa Indonesia masih berada dalam tingkat yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternative Universe memiliki pengaruh dalam meningkatkan minat baca remaja.


Keywords


Reading Interest; Influence ; Alternative Universe

Full Text:

PDF

References


Anjani, R. (2021, Mei 5). Arti Au dan Istilah-Istilah Lain yang Dipakai Anak Zaman Now di Twitter. Retrieved Maret 19, 2022, from Wolipop: https://wolipop.detik.com/entertainment-news/d-5558805/arti-au-dan-istilah-istilah-lain-yang-dipakai-anak-zaman-now-di-twitter

Ariska Erawati, M. S. (2019). Pengaruh MInat Baca Buku Fiksi Novel terhadap Karakter Sosial Siswa Kelas Xi SMA KArtika 1-2 Medan. Prosiding Seminar NAsional PBSI II , 101-107.

Bahoric, K., & Swaggerty, E. (2015). Fanfiction: Exploring In- and Out-of-School Literacy Practices. COLORADO READING JOURNAL, 25-31.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raa Grafindo.

Devega, E. (2017, Oktober 10). Teknologi Masyarakat Indonesia : Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Retrieved Maret 19, 2022, from Kominfo: https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Djamaroh, S. B. (2011). Psikologi Belajar . Jakarta: Bumiaksara.

Harususilo, Y. E. (2021, Februari 2). Kepala Perpusnas: Indeks Kegemaran Baca Indonesia 2020 Masuk Kategori Sedang. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/edu/read/2021/02/02/203054871/kepala-perpusnas-indeks-kegemaran-baca-indonesia-2020-masuk-kategori-sedang?msclkid=5d0a303fa66011ec858016e65fd214df

Indriasti, X. J. (2021, November 23). Apa itu AU, Istilah Populer di Twitter yang Sering Menyeret Nama Idol. Retrieved Maret 19, 2022, from yoursay.id: https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/11/23/074457/apa-itu-au-istilah-populer-di-twitter-yang-sering-menyeret-nama-idol-k-pop

Kasiyun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia (JPI), 79-95.

Kominfo. (2018, Juli 23). Kecanduan Gawai Ancam Anak-anak. Retrieved from Kominfo: https://kominfo.go.id/content/detail/13547/kecanduan-gawai-ancam-anak-anak/0/sorotan_media

Merawati, F. (2016). Analisis Wacana Fiksi Penggemar dan Dampaknya terhadap Pengakuan Status dalam Sastra Indonesia. The 4th University Reseatch Colloqium, 125-134.

Mulasih, & Hudhana, W. D. (2020). Urgensi Budaya Literasi dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 19-23.

Nurgiyantoro, B. (2017). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhadi. (2008). Membaca Cepat dan efektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Pujiastuti, I., Damaianti, V. S., & Syihabuddin. (2022). Membangun Pemahaman Bacaan Mahasiswa melalui Aktivitas Pascabaca. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 119-134.

Rohmiyati, N. D. (n.d.). Pemanfaatan Jejaring Sosial Sebagai Sarana untuk Mengembangkan Minat Baca pada IBu RUmah Tangga.

Salmaa Ihsania, W. d. (2020). Pengaruh Cerita Fiksi terhadap Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 81-91.

Setyawatira, R. (2009). Kondisi Minat Baca di Indonesia. Media Pustakawan, 28-33.

Utami, L. D. (2021, Maret 23). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara. Retrieved from Perpustakaan Kemendagri: https://perpustakaan.kemendagri.go.id/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara/?msclkid=d78c55a4a66111ec9c61e2069988d3c3

Yoni, E. (2020). Pentingnya Minat Baca Dalam Mendorong Kemajuan Dunia Pendidikan. Inovasi Pendidikan, 13-20.

Yuliani, Irma. 2012. Hubungan Minat Baca Buku IPS dengan Prestasi Belajar IPS Siswa kelas V SD se-Gugus 3 Kec.Pleret Kab.Bantul,Yogyakarta. Skipsi. Yogyakarta: Jurusan PPSD UNY




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v8i1.25284 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

    

more...