PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID SMART APPS CREATOR PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

Elvi Susanti, Didah Nurhamidah, Lutfi Syauki Faznur

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran interaktif Teroka Bahasa Indonesia berbasis android dengan menggunakan Smart Apps Creator yang valid dan efektif agar dapat diterapkan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan desain model ADDIE yang yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester satu yang mendapatkan mata kuliah Bahasa Indonesia di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Mahasiswa yang berjumlah 134 orang  berasal dari 4 kelas berbeda dari berbagai jurusan dan fakultas.  Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner validasi ahli materi dan ahli media, uji lapangan yang merupakan respon dari mahasiswa setelah menggunakan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kevalidan media pembelajaran interaktif Teroka Bahasa Indonesia berbasis android dengan menggunakan Smart Apps Creator berdasarkan ahli materi dan ahli media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 96,8% dengan kriteria “sangat baik atau sangat valid”. (2) Keefektifan media pembelajaran interaktif Teroka Bahasa Indonesia berbasis android dengan menggunakan Smart Apps Creator berdasarkan respon mahasiswa setelah menggunakan media mendapatkan rata-rata persentase 94,8% yang termasuk kriteria “sangat praktis”. 

 

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif; smart apps creator; teroka bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2019). Korelasi Penguasaan Materi Pembelajaran oleh Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran di SMK Pelita Bogor.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Buchari, M. Z., Sentinuwo, S. R., & Lantang, O. A. (2015). "Rancang Bangun Video Animasi 3 Dimensi untuk Mekanisme Pengujian Kendaraan Bermotor di Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Komunikasi dan Informasi." Jurnal Teknik Informatika, 6(1).

Borg dan Gall, B. (1983). Educational Research: An introduction. New York Longman.

Deni, D. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Emzir, A. D. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). "Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19". Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2).

Gay, L.R. (1991). Educational Evaluation and Measurement: Com-petencies for Analysis and Application. Second Edition. New York: Macmillan Publishing Company.

Hamalik, O. (1989). Media Pembelajaran. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Hendriawan, M. A., & Septian, A. (2019). "Pengembangan JIMATH sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Menengah Atas". IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1).

Husamah, H., & Pantiwati, Y. (2014). "Cooperative Learning STAD-PJBL: Motivation, Thinking Skills, and Learning Outcomes of Biology Department Students". International Journal of Eductaion Learning and Development, 2(1).

Khoirudin, R., Ashadi, A., & Masykuri, M. (2021). "Smart Apps Creator 3 to Improve Student Learning Outcomes During The Pandemic of COVID-19". JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(1).

Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2014

Mega Tri Adela, Jaka Nugraha. Pengembangan Buku Digital Interaktif Berbantu Adobe Flash di Kelas X SMK Negeri Mojo Agung. Universitas Negeri Surabaya: Unesa Jurnal, 2017 .

Muhlas, M., & Marwani, L. (2020). "Development of e-learning Smart Apps Creator (SAC) Learning Media for Selling Employees on Paid TV". Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(02).

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFe.

Prakoso, R. H., Suhandi, A., & Noviyanti, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis AplikasiI Menggunakan Smart App Creator pada Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Jambi.

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Kencana.

Pribadi, B. A. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Prenada Media.

Purwanto, A., Widaningrum, I., & Fitri, K. N. (2019). "Aplikasi Musicroid sebagai Media Pembelajaran Seni Musik Berbasis Android". Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 5(1).

Rahmawati, R., & Putri, E. M. I. (2020). "Learning From Home dalam Perspektif Persepsi Mahasiswa Era Pandemi Covid-19". Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik". Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3).

Rohman, A. A., Ismail, M., & Siswanah, E. (2019). "Media Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Android Berorientasi UoS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1).

Rustandi, A., Asyril, A., & Hikma, N. (2020). "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi Airlangga Tahun Ajaran 2020/2021". Media Bina Ilmiah, 15(2).

Suhartati, O. (2021). "Flipped Classroom Learning Based on Android Smart Apps Creator (SAC) in Elementary Schools". Journal of Physics: Conference Series, 1823(1), 12070.

Suryaningtyas, V. W., Nugroho, R. A., Cahyono, S. P., Nababan, M. R., & Santosa, R. (2019). "Translation Learning Enrichment Using Smart Application Creator 3.0: An Attempt to Design a Mobile Application in Translation for Tourism Purpose Course". 2019 International Seminar on Application for Technology of Information and Communication (ISemantic).

Ulfah, A. (2020). "Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi". Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 4(1).

Ummul Uslima. Contextual Learning Module Based on Multiple Representations: The Influence on Students’ Concept Understanding. Universitas Lampung: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2018

Wihdati Suryami, Sukarmin. Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Pokok Elektronika Kelas XII SMA. Unesa: Journal of Chemical Education, 2013 Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset, 2016

Verawati, V., & Comalasari, E. (2019). "Pemanfaatan Android dalam Dunia Pendidikan". Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v8i2.24717 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

    

more...