PENERAPAN E-LEARNING PADA SEKOLAH LUAR BIASA (SLB)

Devi Kurnia Khikmawati, Tina Indri Astuti, Any Novitasari

Abstract


Abstract: Research on the application of e-learning in Extraordinary Schools (SLB) aims to increase the motivation and interest in learning for blind children. This research was conducted using qualitative research methods. A qualitative approach is an approach that is used to obtain data in more depth so that it can be used to develop theories and describe the reality and complexity of the phenomenon under study. The results of this study are the effectiveness of the application of e-learning in the form of a speech dictionary that is tailored to the needs of blind children. Novelty or novelty in this study is the application of e-learning for blind children. E-Learning has been applied to special schools and public schools, but its application is less adapted to the needs of Children with Special Needs (ABK). This research resulted in a novelty in the form of the application of e-learning tailored to the needs of special needs children, especially for blind children

 

Abstrak: Penelitian mengenai penerapan e-learning pada Sekolah Luar Biasa (SLB) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar anak tunanetra. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif yaitu suatu pendekatan yang digunakan untuk memperoleh data secara lebih mendalam sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan teori dan mendeskripsikan realitas serta kompleksitas fenomena yang diteliti. Hasil dari penelitian adalah keefektifan penerapan e-learning berupa kamus bicara yang disesuaikan dengan kebutuhan anak tuna netra. Novelty atau kebaruan dalam penelitian ini adalah penerapan e-learning bagi anak tuna netra. E-Learning sudah diterapkan pada sekolah luar biasa maupun sekolah umum, namun penerapannya kurang disesuaikan dengan kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Penelitian ini menghasilkan kebaruan berupa penerapan e-learning yang disesuaikan dengan kebutuhan ABK, khususnya bagi anak tunanetra.

 


Keywords


SLB; E-Learning; Pembelajaran; Pendidikan; SLB; E-Learning; Learning; Education

Full Text:

PDF

References


Atika, Surya. 2014. Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Religius, Cinta Tanah Air Dan Disiplin) Di SLB Al Ishlaah Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 3(3): 747-755.

Hartley, Darin E. 2001. Selling e-Learning, (American Society for Training and Development

Huda, M. 2018. Strategi Berpikir Integratif dalam Pembelajaran Membaca Lintas Kurikulum di Sekolah Dasar . Jurnal kredo. 26-27. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.1995

Huda, M. 2018. Bleded Learning Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya. 26-27.

DOI: https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130

Husnul Koyimah, L. H. 2018. Pembentukan Perilaku dan Pola Pendidikan Karakter dalam Cerpen Rumpelstiltskin Karya Saviour Pirotta dan Enam Serdadu Karya Brothers Grimm. Jurnal PIBSI. 293-306.

Khoirunnisyak, Dkk. 2017. The Development Of Sexual Education Learning Model For Autistic Smp Level Based On Socio-Sexual Behavior Method In SLB Autis Surakarta, Indonesia. European Journal Of Special Education Research. 2:55-67.

Marsudi, Saring, dkk. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surakarta: University Muhammadiyah Press. 2018.

Marzal, Jefri. 2014. Desain Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Tunarungu Berbantuan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Tekno Pedagogi. 4(2):32-44.

Prasetya, Y. T. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Struktur Kata Melalui Penggunaan Media Teka-teki Silang bagi Siswa Tunarungu Kelas Dasar di SLB B.C Bhakti Putera Bahagia Klaten. Jurnal Pendidikan Luar Biasa. 1-10.

Septanto, Henri. 2015. Elearning Menggunakan Edmodo Sebuah Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web Pada Kelas Shift Di Stmik Bina Insani. Bina Insani Ict Journal. 2(2):121 – 141.

Suwastarini, Ni Nyoman. 2015. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SDLB B (Tunarungu) Pada SLB B Negeri PTN Jimbaran. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. 5(1):1-10.

Utari, Ni Ketut Sri Eka. 2016. Peningkatan Pemahaman Siswa Tunarungu Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Bermedia Gambar. Journal Of Special Education. 1(2):77-87.

Yudi Irawan, N. S. 2015. Analisa dan Perancangan Sistem Pembelajaran Online (E-learning) pada SMK Mambaul Falah Kudus. Jurnal SIMETRIS. 345-351.

Zulhas, Nelfa. 2016. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Anak Tunagrahita Ringan Melalui Joyfull Learning Strategy. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 5(3):95-109.




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v7i1.13584 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

    

more...