PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK AKROSTIK

dwi triswanto, Gigit Mujiyanto, Laili Ivana

Abstract


Abstract: This classroom action research aims to describe the results and learning process of writing poetry by looking at the building elements using an acrostic technique. This research consists of two cycles. The technique used to analyze data is quantitative and qualitative descriptive. The subject of this research is Class X Students of SMA Negeri 7 Malang. The results of the study found that (1) learning completeness showed an increase of 12.75% and (2) the results of students' writing learning showed an increase from the average value of 67,7% in the first cycle to 80.05 in the second cycle. Based on these results the use of the acrostic technique is recommended for learning to write poetry in high school.

Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dan proses pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunya menggunakan teknik akrostik. Penelitia ini terdiri dari dua siklus. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini ialah Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) ketuntasan pembelajaran menunjukkan peningkatan sebesar 12,75% dan (2) hasil pembelajaran menulis siswa menunjukkan peningkatans dari nilai rata-rata 67,7% pada siklus pertama meningkat menjadi 80,05 pada siklus kedua. Berdasarkan hasil tersebut penggunaan teknik akrostik direkomendasikan untuk pembelajaran menulis puisi di SMA.

 


Keywords


teknik akrostik, puisi, menulis.

Full Text:

PDF

References


Al-Hajj, I. 2005. Strategi Menulis Puisi Akrostik se-bagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMPN 2 Kendari. Tesis. Makassar: UNM.

Atmazaki. 2013. Mengungkap Masa Depan: Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konteks Pengembangan Karakter Cerdas. Makalah. Padang: UNP.

Asri, A. 2017. Korelasi Penguasaan Teori Puisi dengan Keterampilan Menulis Puisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar Angkatan 2015. Retorika, 10 (1): 1–7.

Bahtiar. 2019. Ahmad dkk. Khazanah Bahasa: Memaknai Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar. Bogor: In Media

Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Fitri, S. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share (Berpikir, Berpasangan, Dan Berbagi) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bulukumba. Retorika, 10 (1): 49–55.

Frye, E. M., W. Trathen, & B. Schlagal. 2010. Extending Acrostic Poetry Into Content Learning: A Scaffolding Framework. The Reading Teacher, 63 (7): 591–595.

Herawati. 2010. Penerapan Penggunaan Strategi Akrostik dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Selayar. Skripsi. Makassar: FBS UNM.

Hudaa, Syihaabul. “Optimalisasi Bahasa: Penggunaan Bahasa yang Baik, Logis, dan Santun di Media Massa, “Jurnal Dialektika, Vol. 5, No. 1.

Nurgiyantoro, B. & A. Efendi. 2013. Prioritas Penen-tuan Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sastra Remaj. Cakrawala Pendidikan, 32 (3): 382–393.

Testy Ariance Loren, Fabio. “Pemakaian Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing,” Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, Vol. 11, No.1.




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v6i2.11039 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

    

more...